Pelajari lebih lanjut bagaimana SystemEver sangat tepat untuk bekerja remote Lihat Video Tutorial. 

Artikel

8 Hal yang Membuktikan Efisiensi Accounting Compliance

8 Hal yang Membuktikan Efisiensi Accounting Compliance

Terkait accounting compliance, anggota dari Kantor Akuntan Publik (KAP) yang memberikan jasa profesionalnya, misalnya, jasa auditing, wajib mematuhi standar. Pihak yang mengeluarkan standar tersebut adalah badan pengatur standar yang ditetapkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI).

Apa Itu Standar Akuntansi Keuangan?

Jika standar akuntansi keuangan belum dibahas, rasanya belum lengkap pembahasan accounting compliance. Standar Akuntansi Keuangan (SAK) merupakan suatu standar maupun landasan baku akan praktik akuntansi yang digunakan di Indonesia.

Pembuatan standar baku akuntansi, disusun serta diterbitkan oleh suatu dewan standar akuntansi dari Ikatan Akuntan Indonesia. Standar baku tersebut mengatur tentang proses pembuatan, penyusunan, serta penyajian laporan keuangan di Indonesia.

Awalnya, SAK dari standar akuntansi yang digagas Ikatan Akuntan Indonesia, pada 1973. Pada tahun itu, IAI menciptakan suatu prosedur maupun standar yang dinamakan Prinsip Akuntansi Indonesia.

Pembuatan Prinsip Akuntansi Indonesia, digagas sesudah melihat perkembangan pasar modal di Indonesia yang mulai tumbuh. Dalam praktiknya, Prinsip Akuntansi Indonesia terus berkembang, seiring perkembangan zaman.

Prinsip Akuntansi Indonesia beberapa kali mengalami perubahan nama, sampai akhirnya bernama Standar Akuntansi Keuangan (SAK) pada 1 Oktober 1994. Sampai berlanjut tahun 2002, SAK terus mengalami pembaharuan serta penyesuaian.

SAK yang ada di Indonesia, disesuaikan dengan mengikuti standar akuntansi internasional yang telah baku, seperti, GAAP, IAS atau FRS. Hal ini bertujuan, agar seluruh dokumen maupun laporan keuangan di Indonesia juga telah diakui secara internasional. Hal ini tentunya akan membantu pelaku usaha untuk mengarungi pasar global internasional.

Apa Fungsi Standar Akuntansi Keuangan?

Istilah accounting compliance yang berarti kepatuhan akuntansi, yaitu kepatuhan dalam hal-hal yang berkenaan dengan akuntansi. Sementara itu, pembuatan standar di dunia akuntansi bukan dilakukan tanpa makna, sebab, keberadaan standar di akuntansi mempunyai beberapa fungsi.

Pertama, standar akuntansi berguna untuk penyeragaman laporan keuangan, kedua, memudahkan akuntan ketika menyusun laporan keuangan. Fungsi lainnya yaitu memudahkan pembaca serta auditor dalam memahami serta membandingkan masing-masing entitas laporan keuangan yang berbeda-beda.

Keberadaan standar pada akuntansi keuangan, maka seluruh laporan keuangan yang ada di seluruh dunia, mempunyai cara penyusunan yang serupa. Tidak ada akuntan yang membuat laporan keuangan sesuai seleranya masing-masing.

Apa Itu Audit Ketaatan?

Audit terbagi menjadi beberapa jenis, menurut sudut kajiannya masing-masing, salah satunya jenis audit menurut pemeriksaan. Jenis audit berdasarkan cakupan bidang pemeriksaan, salah satunya adalah audit ketaatan (compliance audit).

Terkait pembahasan accounting compliance, audit ketaatan bertujuan memastikan apakah perusahaan terkait sudah menaati peraturan serta kebijakan yang berlaku. Baik kebijakan yang ditetapkan pihak intern maupun pihak eksternal dari entitas atau perusahaan.

Peran audit ketaatan yaitu menentukan sejauh mana ketaatan perusahaan pada peraturan, kebijakan, serta peraturan pemerintah yang berlaku. Selain itu, hal yang harus dipatuhi oleh entitas yang diaudit.

Standar Audit

Mengenai accounting compliance, terdapat standar audit yang menjadi pedoman dalam pelaksanaan audit. Setidaknya terdapat 10 standar yaitu, suatu hal yang mengharuskan keahlian maupun competence, independence atau tidak terpengaruh.

Selain itu, tingkat keprofesionalan atau due professional care, adequate planning dan proper supervision, pemahaman memadai mengenai struktur pengendalian intern. Ada juga bukti audit yang kompeten, menyesuaikan dengan prinsip akuntansi atau financial statements presented in accordance, harus konsisten.

Selanjutnya, isi laporan harus meliputi seluruh hal dan memadai, serta expression of opinion atau pendapat yang sesuai.

8 Bukti Efisiensi Accounting Compliance  Berdasarkan Manfaat Audit Internal

Audit internal merupakan audit yang dilakukan oleh unit perusahaaan yang berada dalam perusahaan dan ditugaskan melakukan audit. Pihak yang melaksanakan audit internal disebut auditor internal, yang biasanya terdapat pada perusahaan besar.

Biasanya, perusahaan tersebut mempunyai struktur organisasi yang kompleks dengan berbagai tugas serta fungsinya masing-masing. Terkait pembahasan accounting compliance, terdapat beberapa manfaat audit internal dalam perusahaan, berikut ulasannya.

  1. Membantu Anggota Organisasi untuk Menjalankan Tugasnya Secara Efektif

Aktivitas audit internal berusaha melakukan analisis serta memberikan berbagai saran dan penilaian. Proses pemeriksaan audit mencakup pengawasan yang efektif dengan cost yang normal.

Dengan hal tersebut, setiap anggota akan bisa fokus ke tugas serta tanggung jawabnya masing-masing. Jika suatu saat terjadi kesalahan atau ditemukan kekeliruan pada proses audit, maka ada pihak yang bisa dimintai tanggung jawab. Tanpa menyalahkan pihak lainnya.

  1. Membantu Memanajemen Perusahaan

Menurut Sukrisno Agoes, tujuan internal audit yaitu membantu manajemen perusahaan, menjalankan tugas lewat analisa, penilaian. Selain itu, pemberian saran serta masukan tentang kegiatan maupun program yang masuk dalam pemeriksaan.

  1. Sarana Kelengkapan

Data merupakan hal utama yang akan diperiksa dalam proses internal audit, karena itu, kelengkapan data menjadi hal yang diutamakan. Jangan lupa untuk mencatat setiap hal atau transaksi secara detail.

Dalam audit internal, Anda memastikan bahwa semua transaksi sudah dicatat atau ada dalam jurnal secara aktual.

  1. Memastikan Akurasi

Pastikan transaksi serta saldo perkiraan yang ada sudah dicatat, sesuai jumlah yang benar, perhitungan yang benar. Selain itu, diklasifikasikan serta dicatat secara tepat.

  1. Memastikan Eksistensi

Untuk memastikan seluruh harta serta kewajiban yang tercatat mempunyai eksistensi maupun benar telah terjadi pada tanggal tertentu. Jadi, transaksi tercatat itu, harus benar-benar sudah terjadi dan tidak fiktif.

  1. Menjadi Dasar Penilaian

Memastikan bahwa prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku umum sudah dilaksanakan dengan benar. Audit adalah sebuah proses evaluasi yang di dalamnya ditujukan untuk memeriksa kebenaran dan kesesuaian dengan standar yang berlaku.

Pada akhirnya akan memunculkan penilaian tentang layak atau tidaknya hal yang bersangkutan dilakukan.

  1. Mengklasifikasikan Transaksi

Memastikan transaksi yang tercantum pada jurnal, diklasifikasikan dengan tepat. Jika terkait dengan saldo, maka angka-angka yang dimasukkan pada daftar klien sudah diklasifikasikan dengan tepat.

  1. Mencari Temuan

Internal audit mempunyai tujuan pemeriksaan untuk membantu manajemen menjalankan tugasnya lewat cara memberikan saran dari analisa. Selain itu, membantu manajemen lewat penilaian terkait aktivitas yang diaudit.

Laporan internal audit akan menunjukkan tentang temuan pemeriksaan atau audit findings yang terkait dengan adanya penyimpangan serta penyalahgunaan. Selain itu, temuan terkait kekurangan pengendalian internal yang disertai saran perbaikan.

Gunakan SystemEver AccounTax Service untuk Memudahkan Pekerjaan Anda

AccounTax merupakan aplikasi akuntansi dan pajak berbasis Cloud yang dibuat oleh konsultan untuk konsultan. Dengan kehadiran aplikasi ini, maka memudahkan Anda untuk menerapkan hal-hal yang terkait dengan accounting compliance.

Keunggulan yang ditawarkan AccounTax seperti konfigurasi yang mudah, mempercepat proses dan tetap akurat, manajemen aset. Selain itu, Anda bisa memperoleh update terkini setiap saat dan integrasi mitra perpajakan.

Selain lebih mudah menjalankan hal-hal yang bersangkutan dengan accounting compliance. Anda bisa mengakses data kapan dan dimanapun melalui AccounTax.

Mengenai pembahasan accounting compliance, dalam akuntansi terdapat SAK, dan terdapat standar audit. Kini, pekerjaan akuntan profesional bisa lebih efektif dan efisien dengan kehadiran SystemEver AccounTax Service.

Artikel Terkait