Article
SystemEver,
Software Manajemen Inventory Terbaik di Indonesia – Anda pasti
sudah tidak asing lagi dengan kata manajemen dan inventory. Secara sederhana,
manajemen berarti sistem pengelolaan yang bertujuan untuk membuat sesuatu
menjadi baik, rapi dan efektif. Sementara, inventory merupakan persediaan bahan
atau barang yang disimpan untuk tujuan tertentu, misal untuk memenuhi kebutuhan
produksi atau langsung dijual.
Jika
digabungkan, manajemen inventory mempunyai arti sistem pengelolaan yang
berkaitan dengan aktivitas persediaan bahan atau barang dalam suatu usaha
(perusahaan). Dalam sebuah perusahaan manajemen inventory merupakan salah satu
hal penting dan membutuhkan pengelolaan yang tepat. Dengan adanya manajemen
inventory, perusahaan mampu merencanakan dan mengendalikan persediaan bahan
atau barang agar tidak berlebihan atau kekurangan, sehingga keuntungan dan kelancaran
bisnis dapat tercapai. Intinya, perusahaan tidak mau rugi karena kelebihan atau
kekurangan persediaan.
Sistem
Manajemen Inventory dan Manfaatnya
Sistem
manajemen inventory awalnya hanya berfungsi sebagai spread sheet
sederhana yang berguna untuk melacak persediaan. Namun, di zaman sekarang ini
sistem manajemen inventory telah dilakukan dengan menerapkan teknologi berupa
software, baik itu berbasis cloud maupun tidak.
Software
ini berguna untuk membantu proses serta prosedur yang mengawasi pemantauan dan
pemeliharaan persediaan yang disimpan perusahaan, sehingga secara otomatis
dapat diperbaharui. Software ini juga membantu memonitor persediaan secara real
time dan mampu merencanakan pembelian dari supplier dan produsen.
Nah,
kalau sudah ada gambaran tentang apa itu manajemen sistem inventory, sekarang
Anda harus tahu tentang manfaat sistem manajemen inventory.
1. Menghindari Terjadinya Kekurangan Persediaan
Sistem manajemen inventory
yang buruk bisa menyebabkan perusahaan mengalami kekurangan persediaan,
baik itu berupa bahan baku atau barang siap jual. Dengan adanya sistem
manajemen inventory, perusahaan dapat mengantisipasi kekurangan maupun keterlambatan
persediaan, sehingga tidak menghambat proses produksi. Atau ketika pembeli yang
datang, persediaan barang selalu ada.
2. Peningkatan Pelayanan
Pengintegrasian persediaan
dengan penjualan melalui sistem manajemen inventory akan memungkinkan
otomatisasi untuk memenuhi permintaan dengan mudah. Setiap ada permintaan dari
pelanggan, maka akan segera direspon karena otomatis terhubung dengan
ketersediaan barang di gudang atau di toko.
3. Pengontrolan Persediaan
Ketika sistem manajemen
inventory dikolaborasikan dengan software akuntansi, maka memungkinkan akses
terhadap data-data persediaan sehingga mampu digunakan sebagai pengontrol.
Ketersediaan data ini memudahkan pengambilan keputusan terkait persediaan dan biaya
yang dibutuhkan.
4. Menghemat Biaya
Sistem manajemen inventory
menghindari perusahaan dari kemungkinan kerugian karena penyimpanan persediaan
yang berlebih, pembelian barang yang berlebih dan tidak perlu, serta
keterlambatan pengiriman.
5. Efektif
Dengan adanya sistem
manajemen inventory, berbagai macam laporan, mulai dari laporan harian,
bulanan, trisemester, hingga tahunan dapat dibuat dengan cepat dan mudah. Hal
ini sesuai dengan perkembangan zaman yang menuntut apa-apa serba cepat.
ERP untuk
Manajemen Inventory
ERP atau
Enterprise Resource Planning merupakan sebuah software yang dibuat untuk
membantu pengelolaan perusahaan atau kegiatan bisnis manufaktur dengan
cara mengintegrasikan seluruh aktivitas di perusahaan atau bisnis. Nah,
software ERP akan membantu mengintegrasikan semua aktivitas dan data transaksi
yang ada dalam perusahaan, seperti gudang, pabrik, akuntansi, keuangan,
distribusi, dan lainnya.
Software
sistem ERP digunakan oleh user, yaitu Sumber Daya Manusia (SDM) atau
karyawan yang langsung menjalankan proses operasional di
bagian/divisi/departemen masing-masing. Karyawan ini bertugas memasukan data
atau informasi sesuai job desk.
ERP
merupakan salah satu solusi yang dapat membantu masalah dalam manajemen
inventory. Sebagai contoh, sebelum mengenal sistem ERP semua masih dijalankan
secara manual. Ketika owner bertanya tentang sisa bahan baku, maka yang
harus dilakukan adalah melakukan peninjauan ke lokasi penyimpanan bahan baku atau
menanyakan ke pegawai bagian gudang. Tidak bisa langsung mengetahui berapa
banyak persediaan yang tersisa, kapan harus restock, dan kapan estimasi
persediaan akan habis. Dengan adanya sistem ERP, owner bisa langsung
mendapatkan data yang diinginkan.
Mengapa
Perusahaan Perlu Menggunakan Sistem Cloud ERP?
Seperti
ilustrasi yang disampaikan di atas, salah satu alasan mengapa perusahaan perlu
menggunakan sistem cloud ERP adalah agar mengetahui dan mendapatkan data dengan
cepat sehingga menghindari kejadian buruk, seperti kehabisan bahan baku.
Contoh
lain, untuk menghindari barang expired di gudang yang tidak terjual
karena faktor human error, yaitu risiko penghitungan secara manual.
Selain itu, sistem cloud ERP juga membuat perusahaan menghemat tenaga dan
pengeluaran karena tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk staff IT.
Sistem
ERP bisa mengintegrasikan aliran data atau informasi dari beberapa departemen
terkait yang berimplikasi langsung pada transaksi bisnis dengan keuangan secara
real time sehingga memungkinan pengelola atau pemilik bisnis di kalangan
top level manajemen untuk membuat keputusan yang lebih baik.
Cloud ERP
SystemEver untuk Sistem Manajemen Inventory
Pengelolaan
persediaan dengan implementasi sistem manajemen inventory menjadi satu
keharusan bagi setiap perusahaan yang memiliki persediaan. Keberadaan cloud ERP
dalam sistem manajemen inventory akan memberikan kemudahan pengintegrasian
aliran data dan informasi antar departemen sehingga memungkinkan terjadinya
banyak kegiatan bisnis dalam satu waktu.
Penggunaan
cloud ERP juga akan menutup peluang terjadinya manipulasi data dapat menggenjot
produktivitas karena pemilik perusahaan dapat mengawasi secara langsung proses
kerja yang terjadi.
Memilih
Cloud ERP SystemEver Menjadi Solusi Terbaik
Ada
banyak sistem ERP yang berkembang di era digital sekarang ini. Secara khusus,
kali ini akan merekomendasikan salah satu cloud ERP terbaik yang bisa dijadikan
pilihan, yaitu SystemEver. Software ini dikembangkan oleh perusahaan asal Korea
Selatan, negara yang terkenal dengan teknologinya, yaitu Younglimwon (永 林 院) Softlab Co., Ltd.
Younglimwon
(永 林 院) Softlab Co., Ltd, selama
28 tahun mengembangkan teknologi ERP dan sudah melayani lebih dari 1.800
pelanggan dari berbagai negara, seperti Vietnam, Jepang, Cina, dan Indonesia.
SystemEver
masuk ke Indonesia pada tahun 2017. Systemever diciptakan untuk mendukung
bisnis atau perusahaan skala menengah dam berkembang. SystemEver memiliki
keunggulan, yaitu adanya fitur Visual-K sehingga pengguna lebih mudah menggunakan
sistem ERP. Pengguna dapat mengetahui setiap proses dan menyelesaikannya dengan
cepat. Semua daily task atau pekerjaan harian yang dibutuhkan berada
dalam satu layar. SystemEver juga menjadi satu-satunya sistem cloud ERP yang
menerapkan visual menu di Asia.
Keunggulan
lain adanya Consultant-K yang membantu perusahaan melakukan konfigurasi
Systemever dengan mudah dan tidak memerlukan staff IT khusus.
SystemEver
juga dikemas dengan inovatif, serta tidak terbatas waktu dan lokasi sehingga
pengguna bisa bekerja dengan fleksibel. Fleksibilitas dan keandalan jaringan
cloud yang ditawarkan sistem cloud ERP SystemEver juga sesuai dengan
perkembangan dunia digital. Hal ini menjadikan SystemEver bisa menjadi solusi
cloud ERP yang cocok untuk perusahan.
Kesimpulannya,
kehadiran SystemEver sebagai sofware unggulan sistem cloud ERP dalam manajemen
inventory akan memberikan kemudahan untuk pengguna. Mendorong pelaku usaha
untuk meningkatkan kapasitas dan usaha sehingga bisa berkembang ke level yang
lebih baik.
Semoga
artikel ini bermanfaat dan membantu ya!