MY MENU

Blog

Judul
Ini Dia 8 Kegunaan Sistem ERP untuk Industri Manufaktur
Tanggal Diciptakan
03/09/2020
Lampiran0
Views
336
Konten
Bisnis Anda saat ini tengah berada pada perputaran digitalisasi 4.0 yang menuntut bergerak cepat dan dinamis. Terlambat merespon sedikit saja, jangan heran jika space Anda segera terisi oleh kompetitor.

Kecanggihan robotika, artificial intelligence, internet of things (IoT), cloud, dan teknologi berbasis digital lainnya kini menjadi nafas yang membuat bisnis Anda berdenyut.



Terlebih bagi industri manufaktur yang selalu dinanti perkembangannya agar lebih produktif, dan bisa memberikan efek berantai secara luas sehingga berdampak pada peningkatan nilai tambah bahan baku, kesempatan kerja, sumber devisa yang diandalkan, dan pada akhirnya menyumbang pajak dan bea cukai.

Sebagai negara dengan jumlah SDM sebanyak 250 juta dan Sumber Daya Alam melimpah, wajar saja jika Indonesia menjadi basis industri manufaktur terbesar se-ASEAN dengan kontribusi menurut data dari Kementerian Perindustrian telah mencapai 20,27%. Apalagi Indonesia juga memiliki kekuatan pasar yang besar.

Tak mengheran negeri ini menjadi incaran investor asing. Apalagi saat ini perkembangan industri manufaktur di Indonesia juga telah mampu menggeser peran commodity based menjadi manufacture based.

Lantas, pertanyaannya bagaimana kita bisa terus meningkatkan kinerja industri manufaktur? Salah satunya adalah dengan menggunakan software sistem ERP dalam proses pengelolaan manejemen industri manufatur.

Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) berbasis Cloud ini akan mempermudah dan membuat operasional kerja menjadi lebih efisien. Bagaimana implementasinya? simak ulasan kegunaan sistem ERP untuk industri manufaktur berikut ini:

1. Menyimpan Data

Dalam sebuah perusahaan pasti ada banyak data mulai dari data produksi, pemasaran, distribusi, dan lain sebagainya. Semua data ini akan sulit diakses jika disimpan dalam bentuk fisik atau kertas. Sistem ERP akan membantu perusahaan untuk menyimpan semua data yang dibutuhkan dengan cepat dan aman.

2. Mengelola Inventaris

Pengelolaan inventaris merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan oleh suatu perusahaan. Sistem ERP akan membantu perusahaan untuk mengelola inventaris dengan baik, memantau sirkulasi stok barang yang beredar di pasaran sekaligus mendeteksi produk-produk yang laku dan tidak laku atau kurang di terima pasar.

Sehingga dengan demikian proses produksi bisa berjalan dengan lancar. Dengan demikian Anda bisa merencanakan strategi pengembangan pasar ke depannya.

3. Menyatukan Divisi dalam Perusahaan

Sebuah perusahaan memiliki divisi-divisi yang bekerja sesuai bidangnya masing-masing. Semua divisi dalam sebuah perusahaan perlu terkoneksi satu sama lain.

Sistem ERP akan membantu menyatukan semua divisi sehingga bisa terintegrasi dengan baik dan mengurangi kesalahpahaman karena kekeliruan data dan analisis.

4. Mempermudah Manajemen Perintah Kerja

Tanpa sistem ERP, mungkin akan ada beberapa tugas atau pekerjaan yang terlewatkan. Kesalahan seperti ini tentu akan berakibat fatal bagi proses produksi.

Agar terhindar dari kesalahan semacam ini maka dibutuhkan sistem ERP yang efektif mengatur pembagian perintah kerja memastikan semua pekerjaan berjalan dengan baik.

5. Membantu Mengatur Jadwal Produksi

Proses produksi pada suatu perusahaan perlu diatur dengan baik agar bisa terus menghasilkan produk. Sistem ERP bisa mengatur jadwal produksi sesuai dengan stok yang beredar di pasaran sehingga jumlah stok bisa selalu seimbang.

6. Memastikan Pemenuhan Stok

Sistem ERP bisa membantu mengatur jadwal produksi di suatu perusahaan untuk memenuhi permintaan konsumen. Jika jadwal produksi berjalan dengan baik dan lancar maka stok juga akan terjaga.

Selain itu software sistem ERP membantu memastikan stok bisa selalu tersedia karena sudah terkordinasi antar bagian secara real time.

7. Membantu Menekan Biaya

Penggunaan sistem ERP bisa membantu menekan biaya yang harus dikeluarkan oleh sebuah perusahaan karena tiap bagian bisa menjalani pekerjaan secara efisien. Dengan proses atau alur kerja yang lebih disederhanakan meskipun bisnisnya kompleks, pastinya berpengaruh pada biaya.

8. Membuat Laporan dengan Akurat

Sebuah perusahaan pasti harus membuat laporan yang menyeluruh mulai dari proses produksi hingga penjualan. Pembuatan laporan seringkali menyulitkan karena ada banyak hal yang harus dilibatkan.

Sistem ERP membantu proses pembuatan laporan menjadi lebih sederhana dan akurat. Membuat laporan yang akurat tentu bukan hal yang mudah. Jika dilakukan secara manual, mungkin akan ada banyak kesalahan.



Nah, dengan menggunakan software sistem ERP, laporan bisnis Anda akan tersaji akurat, karena setiap perubahan dalam sebuah proses manajemen akan segera ter-update secara real time.

Sistem ERP terbukti memiliki banyak manfaat bagi sebuah perusahaan. Proses produksi bisa lebih efisien dan laporan perusahaan yang akurat bisa didapatkan dengan mudah.

Jika Anda sudah memahami software sistem ERP, saatnya Anda mencari vendor ERP yang tepat dan mengetahui kebutuhan bisnis Anda. SystemEver Indonesia siap menjadi solusi ERP untuk industri manufaktur yang sukses.

Pengalaman panjang selama 27 tahun, telah berhasil menjadi bagian dalam kemajuan dan kesuksesan ribuan perusahaan yang tersebar di Korea Selatan, Cina, Jepang, Vietnam dan Indonesia.

Salin URL

Pilih semua URL dibawah untuk disalin

Edit komentar

Masukkan kata sandi untuk mengedit postingan

Hapus komentarHapus postingan

Masukkan kata sandi untuk menghapus postiingan