MY MENU

Blog

Judul
8 Strategi Mendistribusikan Barang dengan Cepat dan Efisien
Tanggal Diciptakan
03/10/2020
Lampiran0
Views
1199
Konten
Kecepatan dan ketepatan adalah kunci keberhasilan dari suatu proses distribusi barang/produk. Hal ini bukan saja memberikan keuntungan bagi konsumen, tetapi juga produsen tanpa terkecuali.



Bisnis lancar dan harga pun akan terjaga stabilitasnya. Karena itu, sangat penting diketahui bagaimana strategi mendistribusikan barang dengan cepat dan efisien, seperti ulasan berikut ini!

1. Pilih Distributor yang Tepat

Ada banyak jenis distributor yang bisa membantu Anda mendistribusikan barang dengan cepat. Pilih distributor yang paling tepat, sesuai dengan target pasar Anda sehingga Anda hanya perlu menyerahkan produk ke distributor untuk dilanjutkan kepada retailer.

Selain menggunakan bantuan distributor, distribusi produk juga bisa dilakukan melalui sales representative. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya komisi untuk setiap produk yang berhasil dijual.

2. Distribusi Melalui Website

Penggunaan website tidak hanya membantu proses distribusi produk namun juga bisa menjangkau target pasar yang lebih luas. Anda hanya perlu membuat website dan memasukkan produk-produk Anda ke dalam website. Selanjutnya lakukan promosi agar banyak pengunjung yang membeli produk Anda melalui website.

Agar website Anda banyak pengunjung dan mudah ditemukan di mesin pencari Google, Anda perlu nih berinvestasi dengan membayar jasa SEO selama beberapa bulan. Lebih bagus lagi jika ada produk baru, Anda bisa melakukan optimasi SEO secara intensif karena tingkat kompetisi di mesin pencari lumayan ketat bersaing dengan situs-situs marketplace.

3. Menjaga Komunikasi dengan Distributor

Barang bisa terdistribusi dengan baik karena adanya kerja sama yang baik dengan banyak pihak. Karena itu Anda harus membangun komunikasi yang kondusif diantara semua pihak yang terlibat.

Caranya yang sederhana, upayakan Anda melaporkan setiap perubahan dan perkembangan dengan berbagai media komunikasi. Dengan kecanggihan teknologi informasi, tentu banyak pilihannya. Bahkan Anda bisa video call jika dirasa perlu.

4. Fokus pada Area Lokal

Sebelum melakukan distribusi produk, Anda disarankan menentukan area atau wilayah distribusi. Agar proses distribusi berjalan lancar maka Anda bisa memulainya dari wilayah terdekat. Setelah area lokal terpenuhi, barulah luas area distribusi bisa diperluas.

5. Memanfaatkan Software ERP

Proses distribusi harus selalu direkam dengan baik agar mempermudah Anda melakukan monitoring. Anda mungkin akan kesulitan mengatur proses distribusi produk apalagi jika distribusi dilakukan dalam skala besar.



Software bisnis bisa membantu mengatur distribusi produk dengan baik dan efisien. Software Enterprise Resource Planning (ERP) salah satunya yang harus Anda mulai terapkan jika bisnis Anda ingin berkembang pesat.

Software sistem ERP mampu menyinergikan antar bagian atau divisi dan mengintegarasikan sistem pelaporan sehingga bukan saja lebih capat, tetapi juga aman dan akurat.

Karena sistem berbasis Cloud ERP ini menjamin setiap perubahan dapat dilakukan secara real time dan terotomatisasi dengan cepat. Jika Anda ingin menggunakan software ERP, SystemEver Indonesia bisa menjadi solusi sistem ERP yang tepat.

Anda tak perlu khawatir dan bingung menerapkannya, SystemEver memiliki Consultant-K yang siap membantu apapun kebutuhan bisnis Anda.

6. Siapkan Transportasi yang Tepat

Distribusi produk bisa berjalan dengan lancar jika alat transportasi yang digunakan juga tepat. Pastikan alat transportasi yang dipakai bisa menjangkau semua wilayah distribusi yang sudah ditentukan dan pertimbangkan juga biayanya.

Jangan sampai bisnis Anda tidak untung disebabkan faktor ongkos transportasi yang tinggi.

7. Menerapkan Sistem COD

Salah satu cara distribusi produk yang efisien adalah langsung menyerahkan produk kepada konsumen. COD atau cash on delivery menjadi layanan yang tepat untuk memaksimalkan proses distribusi produk Anda.

Banyak pebisnis yang sudah menyediakan layanan COD agar produk bisa sampai di tangan konsumen.

Layanan COD (cash on delivery) juga memungkinkan produk sampai di tangan konsumen lebih cepat. Semakin puas konsumen maka semakin besar peluang untuk kembali memesan produk dari produsen yang sama, karena konsumen telah mempercayai layanan Anda.

Sistem COD memberikan penilaian lebih di mata konsumen. Artinya Anda tidak main-main di bisnis ini, siap garansi barang dibayar setelah diterima.

8. Lakukan Review

Anda perlu melakukan review strategi distribusi secara berkala. Hal ini penting dilakukan agar Anda tahu strategi mana yang paling efektif.

Review juga dilakukan untuk memperbaiki strategi yang dirasa masih kurang maksimal. Jika ditemukan langkah distribusi yang tidak efektif maka bisa segera mengganti dengan strategi lain.

Nah, itulah tips, cara, teknik dan strategi distribusi produk yang bisa Anda lakukan. Semua perusahaan tentu berharap produk mereka bisa terdistribusi dengan baik dalam waktu yang cepat. Penerapan strategi yang tepat akan sangat membantu produk terdistribusi secara merata dan lebih efisien.

Salin URL

Pilih semua URL dibawah untuk disalin

Edit komentar

Masukkan kata sandi untuk mengedit postingan

Hapus komentarHapus postingan

Masukkan kata sandi untuk menghapus postiingan