MY MENU

Blog

Judul
5 Cara Menjangkau Wilayah Distributor yang Tepat
Tanggal Diciptakan
05/15/2020
Lampiran0
Views
257
Konten
Agen distributor memiliki peran penting sebagai perantara antara produsen dengan pengecer. Bahkan boleh jadi posisinya begitu krusial. Mengingat tugas distributor adalah menyalurkan produk dari produsen baik berupa barang maupun jasa kepada pihak retailer atau konsumen akhir.

Seorang distributor haruslah mampu melakukan semua proses distribusi, mulai dari pengambilan barang, pemasaran hingga penjangkauan wilayah. Namun, cara menjangkau wilayah distributor yang luas juga tidaklah mudah.

Oleh karena itu, distributor harus merancang sistem yang membuat produk cepat keluar dan diserap pasar. Semakin cepat barang menjangkau konsumen dan berputar, semakin bagus bisnis distributor.


Cara Menjangkau Wilayah Distributor




Berikut ini beberapa cara tepat yang perlu dilakukan distributor, dalam menjangkau wilayah yang lebih luas:

1. Perluas armada pengiriman

Armada pengiriman merupakan komponen penting dalam kegiatan operasional distribusi. Salah satu kekuatan bisnis distribusi adalah pada kesiapan armadanya.

Pelaku bisnis distribusi  yang besar setidaknya harus sudah memiliki beraneka jenis kendaraan untuk menjangkau konsumen dengan karakter wilayah yang berbeda.

Tak hanya jenis kendaraan, tetapi juga harus memperhatikan aspek keterjangkauan. Pelaku bisnis distribusi bisa bekerja sama dengan perusahaan angkutan atau logistik yang sudah terbukti berpengalaman dalam mengangkut barang hingga wilayah pelosok.

Dengan kemudahan pengecer untuk mendapatkan barang, permintaan juga akan lebih tinggi.

Untuk menjaga kesinambungan (continue) ketersediaan barang di pasaran, diperlukan pengelolaan logistik yang andal untuk memastikan produk dikirim secara tepat waktu, tepat kuantitas, tepat kualitas dan tepat lokasi dengan biaya yang paling efisien.

Mengingat setiap produk ada masa kadaluarsa. Produsen akan menilai kualitas distributor dari kepiawaian mengatur manajemen distribusi yang komprehensif.


2. Perluas jaringan bisnis




Cara menjangkau wilayah distributor selanjutnya adalah dengan menambah jaringan bisnis atau usaha. Di sinilah pelaku bisnis distribusi harus melakukan fungsi pemasaran.

Terutama pemasaran dengan target konsumen yang melakukan pembelian dalam jumlah besar. Seperti retailer, pedagang grosir, agen, reseller, toko, dropshipper sebagainya.

Anda bisa merancang konsep bisnis yang menguntungkan dengan mitra bisnis. Misalnya, dengan pemberian diskon bagi reseller, harga paket minimal, dan sejumlah insentif lainnya yang membuat mitra bisnis anda termotivasi untuk melakukan konversi penjualan.

Jalinlah komunikasi yang baik dengan semua mitra. Membangun bisnis adalah bagaimana membangun jaringan yang bisa sinergi dalam waktu yang lama dan terus berkesinambungan.

Jika Anda menjadi distributor yang bisa dipercaya dan komit, produsen pun tidak akan menyangsikan jika ingin meningkatkan volume bisnis dengan kontrak yang lebih lama dengan Anda.

3. Perluas pemasaran dengan digital marketing

Bisnis Anda telah memasuki era 4.0, artinya Anda harus beradaptasi dengan teknologi pemasaran bisnis di dunia digital untuk membangun reputasi bisnis (branding), meningkatkan hubungan dengan pelanggan,  sekaligus mempermudah pemasaran karena jangkauannya yang luas.

Anda bisa menjalakannya mulai dari membuat website bisnis, memanfaatkan media sosial, bekerja sama dengan para blogger dan influencer yang bisa menjadi target market bisnis Anda di kemudian hari.

Dari digital marketing ini, Anda juga bisa mengetahui perilaku konsumen dan trend market yang berkembang. Saat ini, konsumen cenderung melakukan riset online sebelum memutuskan untuk membeli produk.

Nah, jika produk Anda mudah ditemukan di pencarian Google, kesempatan untuk menemukan konsumen potensial pun semakin terbuka lebar.

4. Gunakan aneka media promosi

Selain melakukan digital marketing, Anda pun harus menyiapkan materi promosi yang disesuaikan dengan target market secara offline, seperti brosur, pamflet hingga banner. Pasalnya, meski era digital, tetap membutuhkan interaksi langsung antara penjual dan konsumen.

Dalam hal ini membutuhkan media promosi yang dapat merepresentasikan produk yang Anda distribusikan dan skema bisnisnya.

5. Berani ekspansi bisnis ke daerah

Target distribusi tak hanya bagi mereka yang tinggal di kawasan perkotaan, tetapi juga targetkan konsumen dari daerah. Semakin tingginya jumlah konsumen, berbanding lurus dengan keuntungan yang didapat.

Namun, sebelum menargetkan konsumen di daerah, sebaiknya lakukan riset terkait minat dan kebutuhan masyarakatnya. Perhatikan apakah produk akan dibutuhkan dan berpeluang besar dikembangkan di suatu daerah.

Jangan abaikan juga faktor akses transportasi. Kemajuan pembangunan infrastruktur di daerah, bisa menjadi pertimbangan Anda memutuskan ekspansi bisnis di daerah tersebut.

Demikianlah beberapa cara menjangkau wilayah distribusi yang tepat.

Bisnis distribusi tidaklah semata bagaimana menyalurkan produk atau jasa kepada konsumen, tetapi merupakan rangkaian proses yang begitu kompleks sehingga barang atau jasa dapat sampai ditangan konsumen yang tepat dan waktu yang tepat pula.

Dibutuhkan sebuah sistem manajemen distribusi yang mempermudah Anda melakukan kordinasi dengan berbagai bagian terkait  mulai dari pembelian, penjualan, pemasaran, logistik, transportasi dan pergudangan.

Untuk itu saatnya Anda membutuhkan software sistem ERP distribusi yang mampu mengintegrasikan setiap lini bisnis Anda secara real time dengan efektif dan efisien. SystemEver Indonesia siap membantu Anda merancang sistem manajemen distribusi yang andal.

Salin URL

Pilih semua URL dibawah untuk disalin

Edit komentar

Masukkan kata sandi untuk mengedit postingan

Hapus komentarHapus postingan

Masukkan kata sandi untuk menghapus postiingan