MY MENU

Blog

Judul
Menjadi Distributor Barang Impor? Inilah Cara dan Keuntungannya!
Tanggal Diciptakan
05/15/2020
Lampiran0
Views
1535
Konten
Peluang bisnis di zaman modern ini semakin mudah, dengan adanya pengiriman yang cepat ke berbagai negara maka barang-barang impor pun mudah untuk diakses.

Tingginya permintaan barang impor di masyarakat membuka peluang untuk berbisnis yang sayang jika dilewatkan.

Salah satu peluang bisnis dengan untung besar adalah dengan menjadi distributor impor. Dibandingkan sebagai agen atau reseller, distributor barang impor bisa menjual dalam jumlah yang lebih banyak dengan cara memasok produk ke reseller atau toko retail lainnya.

Keuntungan Menjadi Distributor Barang Impor

  1. Bebas dalam menentukan jumlah keuntungan yang ingin didapatkan. Karena barang yang didapatkan adalah impor maka persaingan harga pun tidak terlalu tinggi.
  2. Tidak perlu memikirkan soal produksi barang, Anda hanya perlu meningkatkan marketing dalam penyaluran produk ke toko retail dan juga reseller.
  3. Mutu dari produk dijamin oleh produsen dimana Anda membeli produk tersebut.
  4. Jangkauan sangat penjualan bisa sangat luas dan Anda bisa memiliki reseller atau toko retail di berbagai kota dimana permintaan barang tinggi.

Cara Memulai Bisnis Distributor Barang Impor




1.  Persiapkan modal yang cukup besar

Distributor membeli barang biasanya membeli barang dalam jumlah tidak sedikit. Jadi, baiknya persiapkan modal dulu sebelum menerjuni bisnis ini.

2. Riset pasar dan ketahui jenis pasar yang ingin dituju

Kekeliruan terbesar yang biasanya dialami para importir pemula adalah memilih barang yang mereka pikir bisa terjual dengan sangat baik.

Padahal kenyataan justru sebaliknya. Jangan karena melihat kompetitor untung besar, lantas Anda ikutan bermain di kolam yang sama.

Ini tidak sepenuhnya bisa berhasil jika Anda ikuti. Anda harus memahami jenis pasar yang ingin diambil.

Sehingga Anda dapat menentukan strategi pemasaran bisnis, menentukan harga jual yang kompetitif, dan mengukur kualitas barang. 

Jika Anda memiliki hobi atau passion tertentu, mulailah dari ini, berbisnis dengan barang yang Anda sukai dan minati, sehingga ruh marketingnya dapat dan Anda bisa lebih kreatif mengembangkannya karena banyak insight yang diperoleh.

3. Pilih barang yang memiliki risiko rendah

Banyak beredar produk impor yang berisiko tinggi terhadap kesehatan. Jika Anda belum yakin akan kualitas dan efek samping yang langsung mengarah pada kesehatan, sebaiknya tidak Anda pilih produk tersebut.

Produk-produk yang berisiko rendah misalnya furniture, aksesoris lucu, gajet, fashion, home decor, dan sebagainya.

4. Pilih produk yang bukan barang KW

Ini menyangkut reputasi. Banyak produk branded dari Cina umumnya sangat  dimafhumi diragukan keasliannya.

Sebaiknya Anda pilih produk yang tidak branded (jika Anda tidak bisa membuktikan keasliannya), tapi berkualitas baik.

5. Pilih pabrik yang berpengalaman

Tidak sedikit ditemui, importir pemula memutuskan kerja sama dengan pabrik yang bisa memproduksi barang dalam jumlah besar.

Sehingga tidak khawatir dengan kehabisan stok jika ada permintaan banyak. Bisa produksi dalam jumlah banyak tidak akan ada artinya jika kualitasnya kurang.

Konsumen akan kapok membeli jika barangnya bermutu kurang baik. Cari tahu pabrik produsen yang memiliki reputasi pengalaman yang baik soal kualitas.

Karena bisnis itu jangka panjang. Kualitas produk dan pelayanan menjadi faktor penting bisnis Anda bisa berkembang.

Jika anda sudah memahami hal tersebut di atas, Anda bisa lebih mudah mencari produk yang tepat.

Tak Perlu ke Luar Negeri untuk Mencari Produk




Kini Anda tak perlu pergi ke luar negeri seperti China, Amerika atau Eropa untuk mendapatkan kontak dari produsen.

Cukup dengan menghubungi supplier yang bisa memenuhi semua produk yang diinginkan di negara tersebut.

Apalagi sekarang dengan kemajuan teknologi informasi, Anda bisa dengan mudah mencari supplier barang impor yang memang gencar juga mencari mitra bisnis lokal dengan penawaran kerja sama yang menarik.

Tetapi, sebelum menentukan supplier, Anda terebih dahulu sudah melihat peluang bisnisnya, apakah cukup fast moving atau tidak.

Barang-barang kebutuhan rumah tangga, aksesoris gadget, fashion, beauty, alat kesehatan, elektronik biasanya memiliki daya serap pasar yang lebih tinggi dan lebih cepat berputar.

Belajar Cara Pembayaran

Setelah mendapatkan supplier dan menentukan barang apa saja yang hendak dibeli, selanjutnya adalah soal pembayaran.

Masalah ini harus diteliti dengan lebih terperinci, cara apakah yang diminta oleh supplier dalam setiap transaksinya. Apakah secara tunai, transfer, atau barter.

Ada juga pilihan pembayaran L/C (Letter of Credit) dimana caranya adalah melampirkan PO barang impor ke Bank devisa.

Selesai proses pembayaran maka supplier akan langsung menyiapkan produk yang telah Anda pesan dan langsung dikirim melalui cargo.

Mengurus Dokumen Bill of Lading

Apabila pembayaran selesai maka tahapan selanjutnya adalah mengurus dokumen Bill of Lading (B/L).

Dokumen penting dalam proses impor ekspor ini harus Anda miliki dan akan dikirim oleh pihak supplier melalui faksimili sebagai bukti barang sudah diangkut dikirim.

Isi dari dokumen tersebut adalah nama pengirim, kapal, jumlah muatan, pelabuhan muat dan bongkar, rincian pembayaran, nama penerima atau pemesan, jumlah B/L asli yang dikeluarkan serta tanggal penandatanganan.

Membuat Pengajuan Impor Barang (PIB)

PIB adalah dokumen yang memberitahukan pihak bea cukai mengenai barang yang diimpor oleh supplier.

Anda harus mengurusnya supaya pajak yang harus dibayar tidak terlalu tinggi karena menggunakan jasa Pengusaha Pengurusan Jasa Kepabeanan (PPJK).

Isi dari PIB antara lain adalah B/L, daftar packing, invoice, dll. Semua dokumen bisa diserahkan ke kantor bea cukai secara langsung atau melalui email. Info lengkap soal PIB ini bisa langsung dilihat di https://www.online-pajak.com

Agar bisnis barang impor Anda berkembang pesat, butuh sistem teknologi yang mumpuni untuk membantu merancang sistem manajemen trading yang efektif, efisien dan terintegrasi.

Software sistem ERP dari SystemEver memiliki solusinya. Bagaimana manajemen trading yang baik, konsultan profesional ERP SystemEver siap menjadi partner bisnis Anda.

Salin URL

Pilih semua URL dibawah untuk disalin

  • Asep

    Kalo saya ingin mendapat kan barang import untuk di jual di toko sy harus belanja di mana

    20 Beberapa hari yang lalu

Edit komentar

Masukkan kata sandi untuk mengedit postingan

Hapus komentarHapus postingan

Masukkan kata sandi untuk menghapus postiingan