MY MENU

Blog

Judul
3+ Tata Cara Ekspor Barang ke Luar Negeri Dengan Mudah
Tanggal Diciptakan
06/18/2020
Lampiran0
Views
233
Konten
Pasar ekspor meski dipandang sulit, tetapi bagi pelaku bisnis yang suka tantangan dan bermisi ke depan memajukan produk dalam negeri ke dunia internasional, justru semakin mencari peluang sebanyak-banyaknya sehingga produk Indonesia bisa selalu eksis memenuhi kebutuhan pasar global.

Soal keuntungan jangan ditanya, pastinya bisa lebih besar dengan jangkauan pemasaran yang lebih luas. Bagaimana cara ekspor barang dengan mudah? simak langkah-langkah berikut ini:

Panduan dan Tata Cara Ekspor Barang ke Luar Negeri Dengan Mudah




1. Dokumen Purchase Order

Hal pertama yang perlu Anda miliki sebelum melakukan proses ekspor barang ke negara lain adalah dokumen purchase order.

Dokumen ini merupakan sebuah bukti permintaan barang dari pembeli di luar negeri yang akan digunakan sebagai persyaratan pembuatan dokumen invoice atau surat penagihan kepada pembeli.

2. Perencanaan Ekspor

Bagi calon eksportir, langkah yang dilakukan pada proses perencanaan ekspor merupakan salah satu hal yang penting.

Pasalnya, dalam perencanaan ekspor Anda harus benar-benar teliti agar tidak terjadi kendala pada langkah selanjutnya.

Pada perencanaan ekspor Anda harus menentukan beberapa hal yang harus didiskusikan dengan calon importir seperti:
  • Produk yang akan diekspor
  • Penentuan klasifikasi produk
  • Negara tujuan ekspor
  • Jalur pengiriman barang
  • Pengepakan produk
  • Fumigasi (bebas hama)
  • Penentuan jadwal ekspor
  • Menyiapkan surat keterangan asal (SKA)
  • Menyiapkan surat pemberitahuan ekspor (PEB)

3. Menyiapkan Dokumen Ekspor

Sebelum melakukan pengiriman, Anda harus menyiapkan beberapa dokumen yang digunakan sebagai syarat pengiriman barang ke luar negeri.

Adapun dokumen yang perlu Anda siapkan adalah sebagai berikut ini:

a. Packing List

Packing list adalah dokumen yang dibuat oleh eksportir atau pihak pengirim. Isi dari dokumen ini ialah informasi mengenai spesifikasi barang yang akan dikirim.

Informasi barang yang perlu ditulis dalam dokumen ini antara lain adalah:
  • Nomor packing list
  • Tanggal packing list dibuat
  • Data lengkap eksportir dan importir
  • Nomor PO
  • Nama lengkap barang
  • Jumlah barang
  • Berat kotor dan berat bersih barang

b. Commercial Invoice

Dokumen selanjutnya adalah commercial invoice yang berisi tentang informasi mengenai data barang serta nilai barang tersebut dalam mata uang asing sesuai dengan negara tujuan.

Dokumen ini juga berarti sebagai surat penagihan yang akan diberikan kepada penerima barang atau importir.

Sedangkan informasi yang perlu Anda tulis di dalam commercial invoice adalah nomor invoice, data lengkap eksportir dan importir, nomor PO, nama barang, jumlah barang, harga barang per unit dan harga total yang dapat dihitung dari jumlah barang yang dipesan dalam PO dikalikan dengan harga per unitnya.



c. Bukti Bayar Bea Keluar

Bukti bayar bea keluar merupakan dokumen yang harus Anda miliki agar proses pengiriman barang dapat dilakukan.

Untuk mendapatkan dokumen tersebut, Anda harus membuktikan bahwa pengajuan PEB telah disetujui dengan adanya dokumen Persetujuan Ekspor atau PE.

Setelah itu, lakukan proses pembayaran atas bea keluar sesuai tarif yang tertera dalam dokumen pemberitahuan ekspor barang.

Apabila sudah membayar secara otomatis Anda akan diberikan bukti bayar bea keluar dan barang siap untuk dikirim ke negara tujuan.

Dengan melakukan cara mudah di atas Anda bisa memulai bisnis ekspor dan mendistribusikan produk-produk ke wilayah yang lebih luas lagi. Namun dalam bisnis ini, Anda tidak hanya fokus pada proses penyaluran barang ke luar negeri saja.

Terdapat banyak hal yang Anda perlukan, salah satunya adalah pengelolaan sistem manajemen yang tepat agar bisnis lancar dan berkembang.

Untuk itu, Anda harus mulai berinvestasi pada software sistem ERP yang saat ini semakin banyak dibutuhkan dunia usaha yang sedang beradaptasi dengan digilisasi.

Jika anda bingung mendapatkan vendor ERP terbaik yang tepat mengetahui kebutuhan bisnis Anda, dapat menghubungi SystemEver Indonesia.

Pengalaman melayani ribuan perusahaan di Korea, Jepang, Cina, Vietnam, dan Indonesia menjadikan SystemEver perusahaan ERP terbaik yang diperhitungkan di Asia.

SystemEver merancang software sistem ERP berbasis cloud yang memiliki fitur Visual-K yang unik dan mudah diadaptasikan pada berbagai lini level manajerial dan bidang bisnisya.

Demikian cara ekspor barang dengan mudah yang dapat Anda lakukan ketika hendak mengirimkan produk-produk perusahaan kepada pelanggan di luar negeri. Alur pengiriman barang ke luar negeri tidak sesulit yang dibayangkan, Anda hanya perlu memiliki dokumen PO, melakukan perencanaan ekspor, dan menyiapkan seluruh dokumen yang diperlukan lalu barang akan dikirim ke negara tujuan.

Salin URL

Pilih semua URL dibawah untuk disalin

Edit komentar

Masukkan kata sandi untuk mengedit postingan

Hapus komentarHapus postingan

Masukkan kata sandi untuk menghapus postiingan