MY MENU

Blog

Judul
4 Tips Mencari Peluang Market Ekspor Untuk Pemula yang Bikin Tajir
Tanggal Diciptakan
06/18/2020
Lampiran0
Views
469
Konten
Hasil produksi Indonesia sebenarnya mampu merajai pasar internasional. Pasalnya, sudah banyak produk yang memenuhi standar internasional.

Namun, masih banyak pengusaha yang enggan memasarkan produknya karena banyak yang belum mengerti bagaimana tips mencari peluang market ekspor yang tepat.


Banyak dukungan yang diberikan oleh pemerintah kepada UKM agar memberanikan diri untuk melakukan ekspor. Salah satunya adalah dengan membebaskan biaya pajak untuk beberapa kategori.

Tips Mencari Peluang Market Ekspor yang Potensial




Hal di atas tentu menjadi suatu keuntungan yang besar dan tidak boleh dilewatkan. Maka dari itu, beranikan diri Anda untuk melakukan ekspor dengan mengikuti 4 tips dan cara mencari peluang market ekspor untuk pemula berikut ini!

1. Expo / Exhibition

Expo atau Exhibition merupakan event yang digunakan sebagai batu loncatan untuk mencari market ekspor. Anda bisa mencari peluang market ekspor dengan membuka booth pada event tersebut.

Selain itu Anda juga bisa menjadi visitor.  Hal tersebut akan memberikan kesempatan bagi Anda untuk mendapatkan traffic dan konversi yang sangat bagus, spesifik dan serius.

Tak perlu khawatir harus menemukan event ini di mana, pasalnya di Indonesia sudah ada beberapa Expo yang terkenal dengan skala internasional.

Event tersebut sudah terbukti memberikan dampak positif kepada UKM untuk mengirimkan hasil produksi ke luar negeri. Beberapa contoh event yang bisa Anda ikuti adalah sebagai berikut:
  • Trade Expo Indonesia (TEI)
  • INACRAFT
  • SIAL Interfood

Dalam beberapa event yang telah disebutkan di atas, biasanya akan ada Business Matching yang memberikan fasilitas kepada penjual untuk bisa langsung menawarkan produk kepada buyer dari luar negeri sesuai kebutuhan secara langsung.

2. Website Berbayar

Selain mengikuti expo atau exhibition, cara mendapatkan market ekspor adalah dengan website berbayar.

Hal ini berarti Anda harus melakukan subscribe ke website yang telah memiliki data dan demand dari buyer, lebih tepatnya Anda harus menjadi member website tersebut. Namun,  untuk melakukan hal itu Anda harus membayar sesuai harga yang tertera.

Setelah bergabung menjadi member, Anda akan mendapatkan banyak informasi tentang pembeli yang kemungkinan besar bisa dijadikan target pasar.

Dengan melakukan hal tersebut Anda akan lebih mudah untuk menawarkan barang karena sudah mengantongi data dan informasi tentang pembeli.

3. Sosial Media

Gunakan sosial media yang Anda miliki untuk mendapatkan marketplace karena beberapa platform sangat berpotensi untuk menarik perhatian pasar internasional. Lalu, apa yang harus dilakukan dengan memanfaatkan sosial media? Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

a. Melakukan Branding

Branding merupakan satu langkah yang bisa memberikan pengaruh besar pada produk Anda. Pastikan Anda melakukan branding semenarik mungkin untuk membuat para buyer melirik produk milik Anda.

b. Katalog

Buatlah daftar koleksi produk yang Anda miliki sekreatif mungkin di sosial media. Hal ini bertujuan untuk mengenalkan produk kepada para pembeli. Pastikan untuk menciptakan katalog yang unik dan berbeda dari yang lain.

c. Mengikuti komunitas

Ikutilah komunitas-komunitas importir internasional agar Anda dapat membaca pasar dan juga sebagai jalan untuk mempermudah masuk ke market mereka.

Dengan mengikuti komunitas tersebut Anda bisa mengetahui apa yang dibutuhkan para importir sekaligus melakukan penawaran.



4. Melalui Menteri Perdagangan

Tips satu ini merupakan salah satu tips istimewa karena harus berurusan langsung dengan Menteri Perdagangan. Biasanya hal ini dilakukan oleh orang-orang atau pengusaha yang sudah berpengalaman di bidang ekspor. Namun, dengan informasi ini Anda juga bisa melakukannya.

Anda hanya perlu mengirimkan email formal ke menteri perdagangan di negara yang dituju, tentunya dengan bahasa yang baik dan sopan. Hal tersebut dilakukan untuk menanyakan apakah ada perusahaan yang membutuhkan produk Anda, jika ada maka menteri perdagangan akan langsung menghubungkan Anda dengan perusahaan terkait.

Apabila Anda merasa kesulitan untuk mencari peluang market ekspor, Anda bisa menggunakan SystemEver salah satu sistem cloud ERP terbaik di Indonesia.

Sistem ini dapat membantu usaha kecil hingga menengah untuk melakukan manajemen bisnis seperti pembelian dan penjualan barang hingga memberikan tata cara ekspor barang untuk pemula dengan mudah.

Tak hanya itu saja, dengan menggunakan software sistem ERP SystemEver segala perencanaan tentang bisnis Anda dapat diatasi. Pasalnya, banyak sekali fitur yang ditawarkan untuk membantu segala macam pekerjaan yang sulit untuk dikerjakan.

Layanan di SystemEver meliputi berbagai modul yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, seperti: Penjualan, Ekspor, Akuntansi dan Laporan Keuangan yang terintegrasi.


Semua semakin mudah dengan Visual-K "One Page with SystemEver" yang dapat membantu Anda menyelesaikan proses pekerjaan sehari-hari dengan mudah.

Untuk mengembangkan bisnis Anda lakukan tips mencari peluang market ekspor yang telah disebutkan di atas. Ikutilah berbagai event expo maupun exhibition, jadilah member website berbayar, manfaatkan sosial media dan cari peluang melalui menteri perdagangan. Sedangkan untuk mempermudah perjalanan bisnis Anda, gunakan SystemEver – Making Your Business Better.

Salin URL

Pilih semua URL dibawah untuk disalin

Edit komentar

Masukkan kata sandi untuk mengedit postingan

Hapus komentarHapus postingan

Masukkan kata sandi untuk menghapus postiingan