MY MENU

Blog

Judul
3 Tips Mengelola Inventory untuk Meningkatkan Belanja Konsumen
Tanggal Diciptakan
10/30/2020
Lampiran0
Views
47
Konten
Jika dilihat dari artinya Inventory adalah persediaan. Inventory adalah sebuah kegiatan pengaturan di dalam persediaan dan berhubungan dengan aktivitas di bidang logistik di perusahaan.

Kegiatan dari sistem tersebut meliputi pengecekan pada stok bahan baku atau barang setengah jadi dan barang jadi, dan juga persediaan stok tersebut. Hal itu dilakukan untuk proses produksi atau di dalam memenuhi permintaan dari para pelanggan.

Salah satu manfaat dari menentukan jumlah persediaan dengan jumlah biaya yang optimal adalah adanya sistem inventory tersebut.

Karena kita hidup di zaman yang sudah serba digital, maka kita bisa menggunakan aplikasi khusus dalam mengelola inventory tersebut.

Anda bisa menggunakan aplikasi atau software SystemEver yang merupakan salah satu produk software yang berasal dari Korea Selatan.

Dalam memanajemen sistem persediaan ini maka Anda harus mengatur persediaan atau stok barang, proses keluar masuk barang dari gudang, proses pembelian barang dari pabrik, hingga sisa barang dapat mengalami kendala jika tidak sistematis dan terintegrasi.

Seluruh manajemen persediaan itu bisa dilakukan dengan lebih cepat dan mudah dengan bantuan software SystemEver.

Masalah Bisnis di Masa Pandemi



Di masa-masa pandemi sekarang ini, hampir seluruh sektor kehidupan mengalami masalah yang cukup besar.

Salah satunya dalam bidang ekonomi dan bisnis. Tak heran bisa ada banyak masalah atau kendala yang harus dihadapi para pengusaha di masa pandemi ini, seperti misalnya:

1. Jumlah Modal yang Berkurang

Modal kerja di masa pandemi bagi para pengusaha menjadi menurun dan tidak mencukupi. Tidak heran bahwa modal biasanya menjadi masalah yang paling sulit.

Seorang pengusaha harus menghasilkan pendapatan yang mencukupi, agar bisa mendukung operasional bisnis, biaya pemasaran, infrastruktur dan jenis keuangan yang lainnya.

2. Calon Pengusaha yang Penuh dengan Keraguan

Karena banyaknya pengusaha yang bangkrut di masa pandemi, sehingga bisnis menjadi pilihan yang sulit bagi orang-orang yang baru mau memulai usaha. Hal itu juga sangat mempengaruhi proses bisnis.

3. Harus Bisa Mempekerjakan Tim yang Tepat

Setiap pengusaha juga harus mengidentifikasi apa saja kelemahan serta kekuatan di suatu perusahaan. Maka dari itu, para karyawan menjadi harta paling besar di dalam sebuah bisnis.

Masa pandemi ini sering kali membuat pengusaha harus memotong jumlah pekerja karena berkurangnya pendapatan.

Dengan beberapa masalah bisnis di masa pandemi tersebut, banyak juga pelaku UKM (Usaha Kecil Mengengah) yang mengubah sistem pemasaran mereka.

Bahkan untuk meningkatkan penjualan dan mengurangi biaya promosi, mereka juga beralih ke pemasaran digital.

Tips Untuk UKM dalam Meningkatkan Konversi Belanja Konsumen




Mengelola persediaan barang di dalam sebuah usaha/bisnis menjadi hal yang sangat penting di dalam manajemen distribusi.

Untuk menjaga keseimbangan antara jumlah persediaan tetap ada di posisi aman dengan kemampuan setiap pengusaha dalam melayani konsumennya, menjadi fungsi dari manajemen persediaan.

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam meningkatkan belanja konsumen:

1. Menjaga Persediaan Barang Agar Tetap Optimal

Salah satu hal penting dalam mengelola persediaan adalah untuk menjaga stok persediaan tetap cukup, sehingga Anda tetap bisa mengirim pesanan ke konsumen.

Namun, jumlah stok juga tidak boleh berlebihan agar biaya pengeluaran tidak menjadi besar.

Gunakan metode perhitungan dalam menentukan jumlah stok persediaan selalu ada di posisi normal atau stabil. Anda juga bisa menentukan reorder point atau kapan stok tersebut harus ditambah kembali.

2. Melakukan Pengelompokkan dan Layout Barang

Melakukan pengelompokkan barang berdasarkan supplier dan juga meningkatkan perputaran produk menjadi cara lainnya dalam meningkatkan belanja konsumen.

Caranya yaitu, bedakan jenis produk yang sesuai dengan sifatnya, lalu kelompokkan produk fast moving di bagian depan dan produk slow moving di bagian belakang.

Buat juga mapping pada setiap produk dengan menggunakan sistem mapping. Supaya jumlah space yang digunakan setiap harinya, bisa dipantau terus setiap hari.

3. Membedakan Produk Menurut Statusnya

Bagian gudang juga harus bisa menentukan produk sesuai dengan statusnya masing-masing.

Misalnya dengan cara mengelompokkan barang yang kualitasnya masih bagus di gudangnya khusus, dan barang-barang rusak atau sudah dekat masa kadaluarsa di gudang yang lainnya.

Solusi ERP Manajemen Inventory Systemver



ERP atau Enterprise Resource Planning adalah sebuah alat manajemen terbantu untuk mengelola sumber daya yang ada di sebuah perusahaan.

Di dalam ERP terdapat data mengenai tingkat modul di beragam departemen atau divisi di sebuah perusahaan.

Sehingga perangkat lunak atau software ERP ini bisa membantu perusahaan untuk merencanakan penganggaran, sumber daya, serta biaya pemotongan yang disesuaikan lagi dengan kebutuhan yang ada.

Manajemen juga harus menghitung ulang berapa biaya yang dikeluarkan untuk penjualan dan hasil yang diterimanya.

Apabila cara ini dilakukan dengan cara manual maka hal itu akan menghabiskan waktu yang lebih lama. Maka hal itu juga akan mempengaruhi keputusan manajemen di masa depan.

Itulah sebabnya solusi ERP dengan menggunakan software Systemver ini menjadi solusi terbaik. Karena Systemver mampu memberikan analisis/laporan secara komprehensif yang berasal dari berbagai modul yang saling berkesinambungan, hanya dengan sekali klik pada menu di dalamnya.

Sehingga menjadikan pekerjaan Anda lebih mudah dan sangat efektif.

Mengapa Harus Menggunakan Software SystemEver?

SystemEver dengan menggunakan software sistem ERP akan membantu para UKM (Usaha Kecil dan Menengah) naik tingkat.

Kelebihan dari software ini adalah sudah berbasis web sehingga mudah digunakan dan bisa diakses di manapun.

Hanya dengan menggunakan jaringan internet, maka Anda bisa menggunakan software ini melalui web di PC, Laptop atau bahkan Smartphone Anda, kapan saja dan dimana saja.

Fitur yang terdapat di dalam software SystemEver ini juga sangat lengkap. Fiturnya meliputi persediaan barang atau inventory, penjualan, program akuntansi, sistem manajemen inventory terbaik hingga pelaporan pajak.

Dengan menggunakan software SystemEver ini, diharapkan proses pengelolaan inventory dalam meningkatkan belanja konsumen ini bisa dilakukan dengan baik dan optimal. Yang nantinya juga membantu usaha yang Anda miliki bisa tetap survive di masa pandemi dengan meningkatnya belanja konsumen.

Salin URL

Pilih semua URL dibawah untuk disalin

Edit komentar

Masukkan kata sandi untuk mengedit postingan

Hapus komentarHapus postingan

Masukkan kata sandi untuk menghapus postiingan