MY MENU

Blog

Judul
3 Analisa Belanja Konsumen yang Harus Anda Pelajari & Pahami
Tanggal Diciptakan
10/30/2020
Lampiran0
Views
52
Konten
Seorang pebisnis harus mengetahui perubahan yang terjadi dalam perilaku konsumen. Tujuan dari perubahan itu adalah untuk menyesuaikan strategi bisnis yang ada saat ini.

Terutama di masa-masa pandemi COVID-19, dimana banyak sekali pengusaha yang gulung tikar karena tak mampu menghadapi kendala di masa pandemi ini.

Makna dari perilaku konsumen ini adalah harus proses serta aktivitas yang dilakukan, pada saat seseorang berhubungan dengan pembelian, pencarian, penggunaan, pemilihan, sampai pengevaluasian produk dan juga jasa.

Hal itu dilakukan demi memenuhi segala keinginan dan kebutuhan di dalam kehidupan. Ada pula konsumen yang memperhatikan nilai ketika membeli suatu barang, dibandingkan dengan memerhatikan harga dari barang itu sendiri.

Misalnya konsumen akan menahan diri untuk membeli sesuatu jika mereka menganggap nilainya tidak terlalu penting. Maka mereka akan membeli barang yang memang benar-benar mereka butuhkan.

Itulah pentingnya analisa dalam belanja konsumen yang bisa dilakukan melalui sebuah perangkat lunak.

Anda bisa menggunakan software sistem ERP Systemever yang akan membantu mengelola perusahaan.

Perubahan Perilaku Konsumen Ketika Berbelanja




Biasanya nilai yang kurang berharga bagi konsumen akan dikesampingkan dahulu, supaya mereka bisa membeli barang yang benar-benar dibutuhkan.

Dalam hal ini para pengusaha harus pintar menilai perubahan perilaku konsumen yang mungkin atau bisa saja terjadi, khususnya di masa pandemi sekarang ini.

Berikut ini ada beberapa perubahan perilaku pada konsumen dalam berbelanja:

1. Konsumsi yang Lebih Berfokus pada Nilai

Konsumsi ini akan lebih fokus pada beberapa produk yang bernilai bagi kebutuhan.

Biasanya produk-produk yang cenderung dipilih oleh konsumen adalah produk sanitasi, sabun, tisu, pencuci, dan lain sebagainya.

2. Konsumen Akan Membangun Awareness atau Kesadaran

Konsumen juga cenderung akan melupakan keberadaan sebuah brand di masa krisis seperti masa pandemi sekarang ini.

Anda hanya perlu menyiapkan atau meningkatkan brand awareness ini ketika terlihat adanya perubahan perilaku pada konsumen tersebut.

3. Konsumsi Online Tak Terbatas pada Generasi Milenial

Konsumen online biasanya didominasi oleh beberapa generasi milenial masa kini. Bahkan mereka telah menggunakan e-commerce sebagai sarana transaksi di dalam kegiatan jual beli.

Namun, konsumsi online ini sekarang tidak terbatas di generasi milenial saja. Setiap kalangan sudah mulai menggunakan konsumsi online.

Analisis Belanja Konsumen Menurut Ahli Marketing




Menurut sebuah penelitian yang telah dilakukan oleh ABI Research, pengecer mampu berperan dalam meningkatkan sistem inventory manajemen di dalam penjualan.

Ketersediaan sebuah produk menjadi salah satu alasan utama ketika mereka memilih tempat untuk berbelanja.

Menurut analisis dari senior ABI yang bernama Nick Finill, beberapa toko bahkan mengalami keterbatasan informasi seputar jumlah stok dan juga lokasi di tingkat item individu.

Mereka tidak mampu melayani pelanggan atau berhasil menjalankan strategi ritel yang sifatnya kompetitif.

Secara dramatis bahkan teknologi itu bisa meningkatkan sistem inventaris dengan tingkat keakuratan yang naik hingga 100%.

Sistem Cloud ERP, Solusi untuk Para Pelaku Bisnis untuk Tingkatkan Pelayanan Konsumen




Kini mulai banyak perusahaan yang menggunakan cloud computing dalam membangun bisnis mereka. Cloud computing menjadi model bisnis yang relatif baru dan berlaku untuk semua perusahaan.

Software sistem cloud ERP ini menjadi solusi bagi para pelaku bisnis karena bersifat fleksibilitas.

Systemever Indonesia adalah salah satu TOP 10 Vendor Sistem ERP terbaik di Asia yang mampu memberikan fleksibilitas besar bagi para karyawan dalam melakukan praktik kerja.

Apalagi dalam masa pandemi seperti sekarang ini, banyak dari Anda yang harus bekerja dari rumah namun tetap harus terhubung dengan rekan kerja Anda.

Solusi ERP Manajemen Inventory SystemEver

ERP juga menjadi solusi terbaik dalam manajemen inventory karena kebutuhan perusahaan bisa diatasi dengan mudah, hanya dengan menggunakan software SystemEver.

Manajemen inventory memang dibutuhkan perusahaan untuk mengatur segala persediaan atau sumber daya yang ada di perusahaan tersebut.

Untuk membantu proses pengaturan ini, SystemEver adalah solusi terbaik yang bisa diambil, karena SystemEver adalah sistem software ERP berbasis cloud sehingga Anda dapat menggunakan kapanpun dan dimanapun.

Dengan adanya berbagai fitur yang memudahkan pengguna seperti multilokasi dan hak akses, SystemEver bisa membuat proses mengatur inventory perusahaan menjadi lebih mudah.

Termasuk dengan berbagai hal terkait dengan accounting dan juga sales.

Kelebihan dari Software ERP Systemever




1. Memiliki Pengalaman yang Telah Teruji

Kualitas sistem software ERP menjadi salah satu aspek yang harus Anda perhatikan ketika akan menggunakan sistem ERP tersebut.

Sistem software ERP SystemEver lah yang mampu memberikan apa yang dibutuhkan oleh para pelanggan.

Software ini juga sangat handal, dan bisa digunakan oleh perusahaan menengah maupun perusahaan yang tengah berkembang.

2. Adanya Fitur Consultant-K

Di dalam software SystemEver ini juga sudah terdapat fitur Consultant-K yang mempermudah perusahaan untuk konfigurasi sistem software ERP SystemEver.

Sehingga perusahaan tidak perlu lagi membayar tenaga IT.

3. Mampu Melayani Pengguna dalam Berbagai Bahasa

Software sistem cloud ERP SystemEver memiliki berbagai bahasa yang bisa digunakan oleh penggunanya dan disesuaikan dengan bahasa lokal.

Contohnya di Indonesia, selain Bahasa Inggris sebagai Bahasa global, SystemEver juga tersedia dalam Bahasa Indonesia.

Sehingga Anda dapat memilih Bahasa dalam menggunakan sistem ERP sesuai dengan kenyamanan Anda.

4. Harganya Terjangkau

Perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya besar dalam mengelola persediaan, pembelian, akuntansi maupun pajak.

Karena hal tersebut dapat dilakukan oleh SystemEver, yang memiliki harga terjangkau dan terintegrasi antar divisi.

Dengan memahami bagaimana perubahan perilaku konsumen dan menemukan solusi terbaik untuk beradaptasi dengan perubahan itu, diharapkan perusahaan bisa tetap survive sembari meningkatkan daya saingnya.

Selain itu, SystemEver juga menjadi sistem ERP berbasis cloud terbaik yang bisa membantu perusahaan dalam mengelola sistem manajemen inventory bisnis atau perusahaan Anda.

Salin URL

Pilih semua URL dibawah untuk disalin

Edit komentar

Masukkan kata sandi untuk mengedit postingan

Hapus komentarHapus postingan

Masukkan kata sandi untuk menghapus postiingan