MY MENU

Blog

Judul
Nggak Punya Modal? Inilah 7 Cara Mendapatkan Modal Usaha untuk Bisnis
Tanggal Diciptakan
02/14/2020
Lampiran0
Views
661
Konten

Modal memang masih menjadi momok di kalangan dunia usaha. Terlebih bagi yang baru merintis bisnis. Rasanya berapapun modal yang dimiliki terasa kurang. Kendati begitu jangan jadi alasan bisnis kita melambat lantaran tidak punya modal yang cukup.

Walaupun sudah mencoba beberapa cara mendapatkan modal usaha untuk bisnis yang ingin dijalankan tapi masih saja sulit, mungkin Anda belum mendapatkan cara dan tips yang tepat bagaimana strategi mendapatkan modal usaha untuk bisnis.

Berapapun modal yang Anda miliki, jika tidak bisa menggunakan dengan baik, akan percuma. Di sinilah dibutuhkan perencanaan yang matang dan terukur sehingga Anda bisa mengalokasikan besaran modal secara efektif.

Tips dan Cara Mendapatkan Modal Usaha untuk Bisnis



Ada banyak cara mendapatkan modal usaha untuk bisnis yang bisa Anda terapkan untuk memperbesar skala bisnis Anda, diantaranya:

1. Menggunakan tabungan

Pengusaha harus cermat mengatur keuangan. Saat krusial, Anda bisa menggunakan tabungan Anda untuk menjalankan roda bisnis.

2. Menjual aset

Selain dengan menggunakan tabungan, salah satu cara yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan modal usaha adalah dengan menjual aset.

Usahakan jika Anda memperoleh keuntungan bisnis, alokasikanlah untuk membeli aset yang berharga seperti tanah, emas, properti dan lainnya yang jika dijual kembali harganya tidak jatuh, bahkan bisa naik berkali lipat.

Dibandingkan aset dalam bentuk kendaraan, barang elektronik, nilainya akan terus merosot seiring dengan pertambahan tahun.

3. Menggadaikan aset

Cara ini bisa Anda lakukan, Anda tetap memperoleh modal usaha, sementara aset Anda tetap utuh.

Tetapi jangan lupa untuk segera menebusnya kembali karena biasanya harga gadai tidak sebanding dengan harga aset tersebut jika dijual.

4. Mencari Rekan Bisnis

Anda bisa coba mencari rekan atau partner bisnis untuk mendapatkan modal. Cara ini banyak dilakukan oleh pengusaha saat ini. Anda bisa kolaborasi dengan rekan Anda Anda yang memiliki visi dan minat  yang sama.

Pastikan sebelum Anda berkolaborasi, rekan bisnis Anda sudah memahami kontrak atau perjanjian pembagian keuntungan sekaligus kerugian. Selain mencari rekan bisnis, Anda juga bisa coba mencari investor yang sekiranya berminat untuk berinvestasi pada bisnis Anda sebagai cara mendapatkan modal usaha untuk bisnis.

Selain akan memberikan modal, biasanya ia juga akan ikut terlibat memberikan masukan dalam pengambilan keputusan. Jika sudah ada investor, Anda tidak bisa lagi bertindak sendiri, semuana harus dikomunikasikan dengan investor.

5. Pinjam Uang

Selain itu, Anda juga bisa coba pinjam uang. Cara ini bisa dilakukan bila tabungan dan aset yang Anda miliki tidak cukup untuk membiayai bisnis Anda. Selain mengajukan pinjaman ke bank, Anda juga bisa mengajukan pinjaman ke teman atau keluarga.

Hanya saja, cara ini cukup berisiko karena ada bunga yang harus Anda bayarkan. Bahkan tidak jarang bank membutuhkan jaminan sehingga pinjaman Anda bisa dicairkan.

6. Modal Usaha dari Pelanggan

Jika nilai proyek Anda besar, tidak ada salahnya jika Anda menerapkan sistem pembayaran dimuka atau Down Payment sebelum proyek berjalan. Ini akan sangat membantu Anda menjalankan operasional.

Anda bisa jujur pada klien bahwa perusahaan Anda membutuhkan dana operasional untuk mengerjakan proyek mereka. Apabila Anda memiliki reputasi bisnis yang baik, klien pun tidak akan ragu membayar full di awal atau memberikan DP sebelum proyek berjalan.

7. Aktif berjejaring dengan lembaga-lembaga pemberdayaan ekonomi

Umumya lembaga ini kerap mengadakan training atau workshop bisnis dan kewirausahaan untuk menjaring mitra kerja sama permodalan. Anda bisa mencoba aktif menjalin relasi dengan mereka.

Demikian sejumlah cara mendapatkan modal usaha untuk bisnis Anda. Tetap tingkatkan reputasi bisnis Anda dengan menyuguhkan produk atau jasa yang berkualitas dan berdaya saing sehingga Anda layak untuk diajak kerja sama dan mendapatkan kepercayaan penuh untuk mengelola permodalan dari pihak lain.



Salah satu cara meningkatkan skalasi bisnis dengan efektif, Anda bisa menerapkan sistem manajemen berbasis Cloud ERP yang fungsional dari SystemEver Indonesia.

Bagaimana dengan tips, strategi dan cara mendapatkan modal usaha untuk bisnis yang sudah kita bahas di atas? solusi akhirnya adalah jelas memanfaatkan fungsionalitas sistem software ERP SystemEver yang memiliki banyak kelebihan untuk Anda.

Salin URL

Pilih semua URL dibawah untuk disalin

Edit komentar

Masukkan kata sandi untuk mengedit postingan

Hapus komentarHapus postingan

Masukkan kata sandi untuk menghapus postiingan