MY MENU

Blog

Judul
6 Solusi Sistem ERP untuk Manajemen Distribusi yang Handal
Tanggal Diciptakan
02/21/2020
Lampiran0
Views
648
Konten


Sebagus apapun produk yang dihasilkan produsen atau semenarik apapun suatu produk dipromosikan marketing, jika produk tersebut sulit diperoleh konsumen tentu akan percuma dan bisnis anda tidak akan berjalan maksimal. Karena sejatinya, berbisnis adalah bagaimana menciptakan konversi pada penjualan.

Untuk itu ketersediaan produk di pasaran dan  menjangkau konsumen secara tepat adalah keharusan. Di sinilah pentingnya Anda memahami pengelolaan sistem manejemen distribusi yang handal sesuai dengan karakteristik produk dan segmen pasar yang dituju. 

Kegiatan distribusi merupakan proses yang kompleks. Tidak hanya sebatas menyalurkan produk secara fisik, melainkan mencakup juga saluran informasi, pembayaran dan promosi. Dalam saluran distribusi fisik produk misalnya Anda mengatur pergerakan produk mulai dari pemasok, manufaktur, dealer, retailer, dan akhirnya sampai pada konsumen akhir (end user).

Sementara untuk saluran pembayarannya, mencakup sumber pembayaran pelanggan ke retailer, retailer ke dealer, dealer ke manufaktur dan manufaktur ke pemasok. Sedangkan, untuk alur promosi produk dalam konteks saluran distribusi produk meliputi kegiatan promosi dari supplier ke manufaktur, manufaktur ke dealer, dealer ke retailer, dan retailer ke konsumen.

Salah satu cara untuk membantu Anda mengelola sistem manajemen distribusi yang handal adalah dengan mengggunakan software sistem ERP atau Enterprise Resource Planning, suatu aplikasi manajemen bisnis berbasis Cloud ERP yang memudahkan pengelolaan bisnis secara terintegrasi.

Solusi Sistem ERP untuk Manajemen Distribusi yang Handal

Bagaimana sistem cloud ERP memberikan solusi pada fungsi manajemen distribusi? simak ulasan berikut ini!



1.  Meningkatkan efisiensi kerja

Software sistem ERP memang merupakan investasi bisnis yang sangat potensial. Jika sistem ERP ini sudah berjalan dengan baik, akan dapat mengurangi waktu dan usaha yang dibutuhkan untuk mengerjakan aktivitas harian yang sebelumnya dilakukan secara manula sehingga tim dapat lebih fokus pada tugas yang lebih menghasilkan keuntungan bagi perusahaan.

2. Meningkatkan kualitas dan keamanan data

Data merupakan aset perusahaan yang sangat berharga. Salah satu keunggulan dari sistem ERP adalah membantu perusahaan dalam menyimpan data dengan sistem keamanan yang berlapis.

Sistem ERP dapat menjamin keterjangkauan akses data sekaligus mengontrolnya pada tingkatan manajemen tertentu dan bagian terkait perusahaan, diantaranya bagian penjualan, pemasaran, produksi, dan sebagainya. Dengan begitu, perusahaan dapat lebih mudah meningkatkan kolaborasi dengan anak cabang perusahaan ataupun mitra distribusi terkait.

Sofwarre ERP juga dibekali sistem kontrol yang mumpuni melalui sistem input tunggal sehingga dapat meningkatkan akurasi, konsistensi, dan keamanan data perusahaan. Sistem database ERP otomatis akan membuat cadangan data dengan sistem keamanan yang berlapis.

3. Meningkatkan kolaborasi

Kolaborasi merupakan aspek penting untuk mengembangkan bisnis, terutama jika lokasi bisnis berada di area yang berbeda, apalagi berjauhan. Platform berbasis Cloud ERP ini siap melancarkan proses kolaborasi dengan cabang bisnis dengan menyediakan akses data yang dibutuhkan.

ERP melakukannya dengan cara menyediakan database internal untuk tiap departemen, yang mana informasi sensitif dari setiap departemen akan disentralisasi dalam satu lokasi.

Hal ini akan memungkinkan bagian terkait manajemen dapat berbagi informasi tentang perkembangan proyek yang sedang digarap secara langsung, sekaligus meningkatkan komunikasi internal perusahaan. Anda sebagai atasan atau business owner dapat memantau dan melihat gambaran besar perkembangan proyek secara komprehensif.

4. Meningkatkan mata rantai suplai

Jika perusahaan Anda berurusan dengan pergerakan aset atau komoditas dalam jumlah yang signifikan, sistem ERP akan menguatkan tata kelola rantai supplai dengan berbagai cara.

Rantai suplai yang sudah tertata akan memfasilitasi inovasi, yang selanjutnya membantu mengurangi ongkos perpindahan komoditas sehingga membuat bisnis jadi lebih kompetitif. Software ERP juga mampu meningkatkan profit dan mengurangi tingkat kadaluarsa persediaan barang.

5. Meningkatkan visibilitas

Inilah aspek terpenting penerapan software ERP yang paling besar. ERP memiliki akses menyeluruh ke semua proses penting dalam perusahaan dengan membuat data dari tiap departemen dapat dilihat oleh beragam tingkatan manajemen sehingga tingkat visibilitas tetap dapat diatur.

Sebagai contoh, manajemen dapat memantau tingkat persediaan harian untuk satu produk, termasuk barang kiriman yang belum diterima, atau saat barang sedang dalam proses pengiriman.

Dengan mengetahui secara tepat tingkat persediaan yang ada, perusahaan dapat mengontrol modal hingga ke tingkat yang lebih akurat. Tingkat visibilitas yang tinggi akan memudahkan alur kerja, dan membuat proses antar departemen dalam cabang perusahaan berbeda mudah ditelusuri sehingga menciptakan efisiensi kerja.

6. Memudahkan Sistem Perencanaan dan Laporan

Software ERP memberikan kesempatan pada perusahaan dalam membuat analisa dan perbandingan fungsi dari tiap departemen terkait laporan distribusi barang yang dilakukan sehingga laporan bisa lebih akurat dan analititatif.

Penerapan sistem ERP pada manajemen distribusi secara berkesinambungan, akan membuka kesempatan bagi Anda untuk membangun keterlibatan dengan konsumen atau pelanggan, mengetahui kebutuhan mereka dan mencari solusi yang tepat. Dengan demikian, bisnis Anda akan terus tumbuh dan berkembang pesat karena  perusahaan Anda mempu memberikan solusi yang inovatif dan kreatif.

Dengan menggunakan sistem ERP untuk distribusi ini, maka Anda akan mendapatkan banyak  manfaat dan keuntungan. Dengan begitu, bisnis yang sedang Anda jalankan bisa tumbuh sesuai dengan yang diharapkan tanpa ada halangan..

Tertarik menggunakan software sistem ERP? SystemEver, penyedia ERP yang memiliki reputasi terpuji di Asia siap membantu dan menjadi mitra terbaik Anda. Anda akan mendapatkan konsultasi ERP untuk mengenali kebutuhan bisnis Anda dan memberikan solusi penerapan sistem ERP pada fungsi manajemen yang tepat.

Salin URL

Pilih semua URL dibawah untuk disalin

Edit komentar

Masukkan kata sandi untuk mengedit postingan

Hapus komentarHapus postingan

Masukkan kata sandi untuk menghapus postiingan