MY MENU

Blog

Judul
Sistem ERP: Sejarah, Definisi, Tujuan Penggunaan dan Keuntungannya untuk Perusahaan
Tanggal Diciptakan
04/30/2020
Lampiran0
Views
1069
Konten
ERP (Enterprice Resource Planning) adalah suatu cross-functional atau sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahaan manufaktur maupun jasa guna mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis di dalam pabrik, logistik, distribusi, akuntansi, keuangan, dan sumber daya manusia.

Implementasi ERP merupakan investasi dan juga tulang punggung perusahaan guna meningkatkan efisiensi kinerja serta mengembangkan bisnis. Pada prinsipnya dengan pengelolaan sistem ERP pada perusahaan dapat berjalan secara optimal dan dapat mengurangi biaya-biaya operasional yang tidak efisien, seperti biaya inventory maupun biaya kerugian akibat kesalahan teknis.

ERP berkembang dari Manufacturing Resource Planning (MRP II), yaitu merupakan hasil evolusi dari Material Requirement Planning (MRP) yang berkembang sebelumnya.

Sistem ERP secara modular biasanya mengangani proses manufaktur, logistik, distribusi, persediaan, pengapalan, dan akunting perusahaan. Artinya bahwa sistem ini kemudian akan membantu mengontrol seluruh aktivitas bisnis seperti penjualan, pengiriman, produksi, manajemen persediaan, manajemen kualitas dan sumber daya manusia.

Pengenalan ERP




Enterprise Resource Planning (ERP) merupakan suatu cara untuk mengelola sumber daya perusahaan dengan menggunakan teknologi informasi.

Penggunaan sistem ERP yang dilengkapi dengan hardware dan software untuk mengkoordinasi dan mengintegrasikan data informasi pada setiap area business processes untuk menghasilkan pengambilan keputusan yang cepat karena menyediakan analisa dan laporan keuangan yang cepat, laporan penjualan yang on time, laporan produksi dan inventori.

Program sistem ERP sangat membantu perusahaan yang memiliki bisnis proses yang luas, dengan menggunakan database dan reporting tools manajemen yang terbagi.

Business processes merupakan sekelompok aktivitas yang memerlukan satu jenis atau lebih input yang akan menghasilkan  sebuah  output  dimana output ini merupakan value untuk konsumen. Solusi software ERP untuk perusahaan dalam mendukung pengoperasian yang efisien dari business processes dengan cara mengintegrasikan aktivitas-aktivitas dari keseluruhan bisnis termasuk sales, marketing, manufacturing, logistic, accounting, dan staffing.

Teknologi enterprise resources planning (ERP) dapat mengintegrasikan fungsi marketing, fungsi produksi, fungsi logistik, fungsi finance, fungsi sumber daya, fungsi produksi, dan fungsi lainnya. ERP telah berkembang sebagai alat integrasi, memiliki tujuan untuk mengintegrasikan semua aplikasi perusahaan ke pusat penyimpanan data dengan mudah diakses oleh semua bagian yang membutuhkan.

Leon (2005) mengemukakan integrasi data pada teknologi ERP dilakukan dengan single data entry (sebuah departemen fungsi memasukkan data, maka data ini dapat digunakan oleh fungsi-fungsi lainnya pada perusahaan).

Seiring dengan Persaingan di dunia bisnis semakin kompleks, maka perusahaan-perusahaan mencoba untuk meningkatkan jumlah konsumennya dengan melakukan pelayanan yang cepat dan biaya yang murah dibandingkan dengan kompetitornya.

Salah satu cara untuk mewujudkan kesuksesan tersebut dapat dilakukan dengan cara mengintegrasikan sistem informasi, peningkatan efisiensi dari sistem informasi untuk menghasilkan manajemen yang lebih efisien dalam business processes.

Ketika perusahaan menjadi lebih efisien akan meningkatkan daya saingnya di pasar bisnis. Namun pada kenyataannya sampai saat ini banyak perusahaan yang belum mengintegrasikan sistem informasi, dimana dalam prosesnya hanya didukung oleh aktivitas individual pada lokasi kerja masing-masing.

Kondisi ini menyebabkan terjadinya kesalahpahaman dalam komunikasi data antara lokasi kerja satu dengan lokasi kerja lainnya, sehingga membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk koordinasi dalam penyediaan data dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan yang telah mengintegrasikan fungsi-fungsinya. Data yang diintegrasikan ini dapat membantu proses bisnis yang efesien dan memudahkan pengambilan keputusan oleh manajemen perusahaan.

Sejarah Sistem ERP




ERP berkembang dari Manufacturing Resource Planning (MRP II) dimana MRP II sendiri adalah hasil evolusi dari Material Requirement Planning (MRP) yang berkembang sebelumnya.

Sistem  ERP secara modular biasanya menangani proses manufaktur, logistik, distribusi, persediaan (inventory), pengapalan, invoice dan akunting perusahaan. Ini berarti bahwa sistem ini nanti akan membantu mengontrol aktivitas bisnis seperti penjualan, pengiriman, produksi, manajemen persediaan, manajemen kualitas dan sumber daya manusia.

Asal istilah MRP vs ERP - Manufaktur sistem manajemen telah berkembang secara bertahap selama 30 tahun dari cara sederhana menghitung kebutuhan bahan untuk otomatisasi dari seluruh perusahaan.

Sekitar tahun 1980, lebih-banyaknya perubahan pada ramalan penjualan, penyesuaian kembali entailing terus- menerus dalam produksi, serta parameter unsuitability ditetapkan oleh sistem, yang dipimpin MRP (Material Requirement Planning) untuk berkembang menjadi sebuah konsep baru: Manufacturing Resource Planning (MRP2) dan akhirnya generik konsep.

Pengertian sistem ERP (Enterprise Resource Planning)




Inisial ERP berasal sebagai perpanjangan dari MRP (bahan persyaratan perencanaan kemudian perencanaan sumber daya manufaktur) dan CIM (computer-integrated manufacturing) dan diperkenalkan oleh perusahaan riset dan analisis Gartner. Sistem ERP mencoba untuk mencakup semua fungsi dasar dari suatu perusahaan, terlepas dari organisasi bisnis atau piagam.

Non-manufaktur usaha, organisasi nirlaba dan pemerintah sekarang semua menggunakan sistem ERP. Untuk dipertimbangkan sebuah sistem ERP, sebuah paket perangkat lunak harus menyediakan fungsi setidaknya dua sistem.

Sebagai contoh, sebuah paket perangkat lunak yang menyediakan kedua penggajian dan fungsi akuntansi secara teknis bisa dianggap sebagai sebuah paket perangkat lunak ERP. Namun, istilah ini biasanya diperuntukkan bagi lebih besar, lebih luas aplikasi berbasis.

Pengenalan sistem ERP untuk menggantikan dua atau lebih mandiri aplikasi menghilangkan kebutuhan untuk antarmuka eksternal diperlukan antara sistem sebelumnya, dan memberikan manfaat tambahan yang berkisar dari standarisasi dan pemeliharaan lebih rendah (sistem satu bukan dua atau lebih) untuk lebih mudah dan atau lebih pelaporan kemampuan (seperti biasanya semua data disimpan dalam satu database).

Tujuan Pengembangan Sistem ERP

Dengan melihat perkembangan persaiangan bisnis global, maka tujuan utama dari Pengembangan dan kegunaan sistem ERP (resource planning) yaitu untuk meningkatkan dan memperkuat efektivitas di berbagai sumber daya pada suatu perusahaan, antara lain:
  1. Sumber Daya Manusia: Sumber daya yang mampu dan bertanggung jawab setiap Tugas serta memilki kemampuan untuk membangun suasana perusahaan semakin produktif. 
  2. Sumber Daya Produksi yakni menghasilkan produksi yang berkualitas. 
  3. Mampu memasarkan produk dengan efektif serta meningkatnya produktivitas penjualan. 
  4. Efektifnya Setiap Laporan Keuangan dan Akuntasi Logistik Perusahaan. 
  5. Mampu Mengikuti Kompetitif. 
  6. Agar tidak terjadi kompleksitas peroalan dalam sumber daya pada perusahaan pada masa akan datang. 

Keuntungan Penggunaan Sistem ERP Pada Perusahaan

Keuntungan implementasi sistem ERP bagi perusahaan-perusahaan secara umum adalah sebagai berikut:
  • Sistem ERP membantu memperlancar proses bisnis dan membuatnya jadi lebih mudah, murah, cepat dan efisien. 
  • Mengurangi biaya-biaya berupa penghematan biaya operasional perusahaan. Hal ini disebabkan karena sistem ERP sudah didesain sedemikian rupa sehingga dapat mengurangi dan menghilangkan duplikasi data. 
  • Pengambilan keputusan, Sistem ERP yang merupakan sistem yang mengintegrasikan seluruh data dan informasi sangat membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan, terutama apabila akan muncul masalah dalam perusahaan maka dengan cepat mereka dapat mengetahuinya dan segera mencari dan mengambil keputusan guna memecahkan masalah tersebut. 
  • Meningkatkan etos kerja karyawan, karena proses kerja tersusun sesuai dengan standar operasi perusahaan yang sudah dibakukan. 
  • Meningkatkan jumlah penjualan, karena sistem ERP ini  membantu  dalam  keluar masuknya arus barang. 
  • Menambah daya saing perusahaan, karena ERP membantu dalam distribusi produk yang dihasilkan perusahaan dengan memberikan informasi yang cepat dan akurat bagi konsumen. 
  • Mengurangi kecurangan dan biaya dengan menghapuskan aktifitas yang tidak memiliki nilai tambah. 

Software Sistem Cloud ERP Terbaik untuk Perusahaan




Pengertian ERP adalah suatu cross-functional atau sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahaan manufaktur maupun jasa guna mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis di dalam pabrik, logistik, distribusi, akuntansi, keuangan, dan sumber daya manusia.

SystemEver Indonesia merupakan top 10 vendor software ERP terbaik di Asia Tenggara. Akan tetapi, penggunanya bukan hanya berasal dari kawasan itu saja. Melainkan dari beberapa Negara lain di Asia seperti Korea Selatan, Jepang, Nepal hingga China. Maka tidak heran jika software yang satu ini kerap disebut-sebut sebagai sistem ERP terbaik di Asia.

Saat ini memang perusahaan yang merancang SystemEver sudah melebarkan sayapnya ke Negara Indonesia. Terdapat kantor resminya yang bisa digunakan untuk berkonsultasi mengenai sistem ini.

Perusahaan bisa menanyakan dahulu berbagai hal mengenai sistem ini, agar nantinya sesuai dengan harapan. Perusahaan besar maupun kecil sangat cocok untuk menggunakan SystemEver untuk mengelola perusahaan.

Sistem Cloud ERP SystemEver yang digunakan memang akan memudahkan perusahaan ketika menggunakan. Perusahaan akan terbantu untuk terus berkembang jika menggunakan SystemEver.

Berbagai fitur yang tersedia bisa digunakan dengan mudah tanpa perlu tenaga khusus. Hal ini akan menghemat dalam hal waktu dan biaya. Pengelolaan yang biasanya dilakukan secara manual, kini bisa dilakukan secara otomatis.

Perusahaan yang besar memang membutuhkan sistem yang berkualitas. SystemEver yang merupakan Asian Best Cloud ERP terbaik yang bisa digunakan oleh peruahaan yang ingin lebih fleksibel untuk dikelola.

Kemudahan tidak hanya ada pada kecepatan aksesnya saja, melainkan juga kemudahan saat diakses dari berbagai perangkat. Jika ingin memantau kondisi perusahaan, bisa langsung dengan menggunakan perangkat yang dimiliki.

Salin URL

Pilih semua URL dibawah untuk disalin

Edit komentar

Masukkan kata sandi untuk mengedit postingan

Hapus komentarHapus postingan

Masukkan kata sandi untuk menghapus postiingan