Pelajari lebih lanjut bagaimana SystemEver sangat tepat untuk bekerja remote Lihat Video Tutorial.

Artikel

Produk Anda Laris, Cari Distributor Terpercaya, Ini Caranya !

Produk Anda Laris, Cari Distributor Terpercaya, Ini Caranya !


Berencana untuk membuka bisnis retail secara langsung atau online? Maka Anda membutuhkan beberapa distributor untuk memasok barang ke toko atau  pengecer.

Namun, memilih distributor yang bagus perlu kecermatan. Bisnis Anda boleh dikata bergantung pada partner distributor Anda. Distributor berperan sentral menyalurkan produk barang atau jasa Anda kepada konsumen. Distributor yang baik, bukan hanya dapat menjamin barang sampai di tangan yang tepat pada waktu yang tepat pula, tetapi juga mampu mengelola stok, membuka peluang pasar yang lebih besar serta menjangkau wilayah target market yang lebih luas.

Cara Mudah Mencari Distributor yang Terpercaya

Setelah menentukan produk apa saja yang hendak dijual, maka Anda akan lebih mudah mencari distributor yang sesuai untuk memasok barang tersebut.

Distributor bukan hanya sekedar perusahaan yang menjual barang kepada Anda, tetapi juga menjadi partner bisnis. Sehingga memilihnya harus dengan hati-hati. Berikut ini sejumlah cara yang bisa Anda lakukan untuk menemukan distributor yang terpercaya :

1. Jangan Ragu untuk Langsung Pergi ke Pabrik

Apa yang membuat pabrik langsung menjual ke distributor adalah jumlah produknya. Distributor andal mampu menampung jumlah produk banyak dan memiliki gudang sendiri.

Namun, pada beberapa kasus seperti barang bermerk, biasanya pabrik hanya menjual dalam jumlah kecil. Nah jika Anda menjual produk bermerk maka bisa langsung membelinya di pabrik karena jumlah barang yang dijual mampu Anda penuhi. 

Apabila setibanya di pabrik mereka hanya menjual dalam jumlah besar, Anda bisa meminta mereka untuk memberikan informasi mengenai distributor yang terdekat.

Jangan lupa juga tanyakan soal harga yang diberikan untuk distributor sehingga Anda bisa mendapatkan minimum harga pembelian. 

 

2. Melakukan Pencarian Distributor secara Online

Apabila Anda kesulitan untuk mencari distributor secara langsung karena lokasi yang terlalu jauh, maka manfaatkan pencarian secara online terlebih dahulu dengan mengetikkan kata kunci distributor di wilayah tertentu. Setelah mendapatkan kontak, Anda bisa segera menghubungi dan membuat janji bertemu.


Langkah ini akan lebih menghemat waktu dan biaya transportasi dalam pencarian distributor. 


3. Mencari Melalui Marketplace B2B

Pasar distributor kini juga melakukan penjualan secara online. Langkah ini mereka lakukan supaya sasaran konsumen menjadi lebih luas baik itu toko retail dan konsumen langsung.

Anda bisa memanfaatkan platform marketplace B2B yang merupakan tempat kumpulan distributor dengan berbagai macam produk. Beberapa platform yang ada di dalam negeri adalah seperti ralali.com, indonetwork.co.id, Mbiz.co.id, indotrading.com, dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk platform luar negeri Anda bisa mengunjungi buyerzone.com dari Amerika, ecplaza.net dari Korea Selatan, dan lainnya 

 

4. Menghadiri Trade Expo

Selalu ada acara pameran yang diselenggarakan oleh pemerintah di Jakarta atau di kota-kota besar di Indonesia setiap tahunnya.

Tema pameran pun berbeda-beda, biasanya sesuai dengan produk. Jangan segan untuk menghadiri pameran tersebut. Melalui pameran biasanya banyak dijumpai distributor yang menjadi peserta pameran atau pengunjung yang mencari relasi bisnis dan berjejaring. Inilah kesempatan yang harus Anda manfaatkan untuk mendapatkan kerja sama yang baik. Anda tidak perlu langsung mengambil keputusan, cukup memilih dan meminta kontak untuk dipertimbangkan dan dibandingkan dengan distributor lainnya.

Dengan sering berkunjung ke pameran, Anda selain mendapatkan mitra bisnis distributor juga memperoleh banyak ide dan mengetahui tren yang berkembang. 

 

Salah satu penilaian distributor yang terpercaya adalah dengan kesiapan mereka dalam merespon bisnis yang cepat. Anda bisa melihat dari teknologi dan sistem manajemen distribusi yang mereka gunakan. Distributor yang komit pada bisnisnya, pasti  tidak akan sayang dalam berinvestasi di bidang teknologi. Diantaranya penggunaan software ERP yang terbukti banyak membantu pelaku bisnis mengelola bisnisnya sehingga berhasil meraih kemajuan. 

Bagaimana softaware sistem ERP manajemen distribusi bekerja maksimal ? SystemEver Indonesia siap membantu bisnis Anda.




 

Artikel Terkait

Jadwalkan Demo Daftar Sekarang! Daftar
Kirim pesan Anda melalui EmailEmail
Kirim pesan Anda melalui Whatsapp Whatsapp
Hubungi Kami
021- 529 621 29
Telepon