MY MENU

Blog

Judul
Pentingnya Manajamen Akuntansi Untuk Pengelola Usaha
Tanggal Diciptakan
06/12/2020
Lampiran0
Views
455
Konten
Perusahaan yang sehat adalah perusahaan yang memiliki manajamen akuntansi yang teratur dan tertib. Jangan bermimpi bisa sukses membangun bisnis jika sebagai pengelola usaha mengabaikan pentingnya manajemen akuntansi. Karena bagaimanapun pengelolaan bisnis Anda, pasti tidak bisa dilepaskan dari kontribusi pencatatan keuangan dengan baik.



Diakui memang, bukanlah perkara mudah mengelola keuangan. Makanya, untuk pengelolaan keuangan tersebut, umumnya perusahaan yang kompetitif menyiapkan tim khusus yang bukan hanya bertugas teknis mencatat dan membuat administrasi keuangan akuntansi, sekaligus juga manajerial yang mampu mengontrol, mengendalikan bahkan memprediksi arah berjalannya bisnisnya dari segi kondisi keuangan.

Kurang cermatnya pengelola usaha membaca laporan akuntasi bisnis, bisa berakibat cukup fatal dalam pengembangan bisnis ke depannya. Tak heran, jika lembaga permodalan dan perbankan mensyaratkan kualifikasi yang ketat bagi perusahaan yang ingin mengembangkan usahanya dengan bantuan permodalan.

Pada umumnya perbankan dan lembaga permodalan akan melihat laporan akuntansi bisnis suatu perusahaan. Dari data tersebut, sudah bisa dinilai kelayakan perusahaan yang akan menerima bantuan modal.


Manajemen akuntansi bisa dikategorikan sebagai salah satu ilmu dalam bidang manajemen yang berkaitan dengan kegiatan finansial perusahaan seperti perencanaan, pemeriksaan, pengendalian, pengelolaan dan penyimpanan dana.

Seiring berjalannya waktu manajemen akuntansi tidak hanya berkaitan dengan hal-hal tersebut, tetapi juga beperan penting dalam kegiatan perusahaan seperti mendapatkan dana, penggunaan dana dan pengelolaan aset.

Begitu pula sebaliknya, perusahaan dengan manajamen akuntansi yang buruk maka perusahaan tersebut akan mengalami kegagalan.

Pentingnya Manajamen Akuntansi Untuk Pengelola Usaha




Manajemen akuntansi memiliki berbagai peran dalam pengelolaan usaha atau perusahaan. Untuk melihat seberapa pentingnya manajamen akuntansi untuk pengelola usaha, mari kita simak di bawah ini:

1. Berperan Dalam Penyusunan Anggaran

Dalam memulai sebuah bisnis penyusunan anggaran merupakan hal wajib yang harus Anda kuasai. Penyusunan anggaran berfungsi sebagai tolak ukur pengeluaran biaya ke depannya.

Tanpa anggaran yang terencana, bisa saja perusahaan mengeluarkan biaya untuk hal yang tidak begitu berguna. Merencanakan penyusunan anggaran dapat dilakukan dalam 6 bulan kedepan bahkan hingga satu tahun kedepan.

Di sini manajamen akuntansi berperan memperkirakan berapa uang yang harus disediakan selama kurun waktu yang telah ditentukan sebelumnya.

2. Menentukan Aset Mana yang Menghasilkan Pendapatan

Bagi sebagian orang menganggap bahwa dengan memiliki aset yang banyak maka perusahaanya sudah dikatakan besar.

Namun, sayangnya tidak semua aset dapat menghasilkan pendapatan atau keuntungan yang besar. Di sini manajamen akuntansi harus mampu menentukan aset mana yang nantinya dapat menghasilkan pendapatan.

Jadi sebelum membeli aset tersebut, perusahaan sudah bisa melihat apakah aset tersebut nantinya berpotensi menghasilkan keuntungan atau malah sebaliknya.

Dalam hal ini manajamen akuntansi bekerja untuk mempertimbangkan antara keuntungan yang akan diperoleh  dari aset dengan biaya pembelian aset tersebut.

Jika perusahaan tidak mempertimbangkan hal tersebut, maka akan berpotensi mengalami kerugian karena telah meminjam modal pembelian aset yang nantinya sia-sia lantaran tidak memberikan pendapatan yang cukup memadai bagi perusahaan.

3. Berperan Dalam Mengelola Arus Kas

Manajamen akuntansi berperan dalam mengontrol dan mengelola arus kas. Setidaknya perusahaan dapat membayar kebutuhan dasar usaha diantaanya membayar sewa kantor, asuransi, telepon, gaji karyawan dan biaya lainnya.

4. Menjaga Biaya Agar Tetap Rendah

Pentingnya manajamen akuntansi untuk pengelola usaha yang paling menonjol adalah untuk menjaga agar biaya tetap rendah. Maka dari itu, pengelola dibutuhkan kepiawaiannya juga dalam menawar harga dari para vendor, menghemat pengeluaran yang tidak perlu, efisiensi bujet, dan strategi membeli barang modal dalam jumlah banyak untuk mendapatkan potongan harga.

Sehingga harga jual bisa tetap stabil dan mengurangi kenaikan yang signifikan. Di mata konsumen yang paling menarik adalah adanya treatment yang spesial seperti diskon, cash back dan sebagainya.

Jika segala biaya tidak dikelola dengan baik, sedangkan kompetitor terus menarik perhatian pelanggan, tak mustahil pelanggan Anda akan berpindah ke lain hati.

5. Membantu Perencanaan Pajak

Membayar pajak adalah kewajiban yang harus dibayarkan oleh setiap perusahaan. Sekecil perusahaan Anda, harus diperhatikan setiap transaksi yang mengandung pajak. Ini untuk menghindari penumpukan biaya di kemudian hari.

Tertib pajak juga memberikan keuntungan bagi perusahaan yang ingin melakukan bidding. Biasanya, perusahaan Anda akan dicek kesehatannya dengan melampirkan sejumlah bukti faktur pajak.

Untuk menghindari kegagalan bidding karena disebabkan kelalaian dalam membayar kewajiban pajak, sebaiknya sedini mungkin, Anda mulai tertib mengatur pos-pos biaya dari setiap transaksi bisnis yang Anda buat.

Disinilah manajeman akuntansi berperan dalam membantu perencanaan dan membuat estimasi perpajakan.

Jika perusahaan telah memperhatikan estimasi perpajakan, nantinya perusahaan dapat menyiapkan dana khusus untuk membayar pajak perusahaan serta menghindari keterlambatan pembayaran pajak perusahaan.

Anda sudah melihat seberapa pentingnya manajamen akuntansi dalam pengelolaan sebuah usaha. Manajemen akuntansi yang profesional didukung pula oleh perangkat software  ERP yang dapat membantu pengelolaan menjadi lebih mudah,terkordinasi, efektif dan efisien.

Anda bisa mencoba menggunakan software sistem ERP berbasis cloud dari SystemEver Indonesia. Dengan pengalaman SystemEver Indonesia membantu pelaku bisnis di sejumlah negara di Korea dan Asia, Anda akan mendapatkan wawasan lebih soal manajemen perusahaan yang profesional juga dari konsultan visual-K.  SystemEver Indonesia, making your business better.

Salin URL

Pilih semua URL dibawah untuk disalin

Edit komentar

Masukkan kata sandi untuk mengedit postingan

Hapus komentarHapus postingan

Masukkan kata sandi untuk menghapus postiingan