Pelajari lebih lanjut bagaimana SystemEver sangat tepat untuk bekerja remote Lihat Video Tutorial. 

Artikel

10 Tahapan Alur Siklus Akuntansi yang Perlu Dipahami

10 Tahapan Alur Siklus Akuntansi yang Perlu Dipahami

Mungkin masih banyak perusahaan kecil belum mengetahui siklus akuntansi, dan catatan laporan keuangannya masih sederhana, sebatas pemasukan dan pengeluaran. Tujuan pembuatan siklus ini sebagai penyedia informasi, untuk mengetahui siklus tersebut hingga tahapannya, Anda bisa menyimak pembahasan berikut ini.

Definisi Siklus Akuntansi

Siklus akuntansi merupakan proses berulang untuk mengidentifikasi dan menganalisis setiap aktivitas akuntansi perusahaan di periode tertentu dalam satu tahun. Dalam pelaksanaan siklus ini mulai dari awal tahun yaitu pembukaan pembukuan serta akhir tahun dengan penutupan jurnal.

Setiap proses akuntansinya diterapkan berulang, selama perusahaan bersangkutan masih berjalan. Adapun, pencatatan dilakukan dengan prinsip, kaidah dan teknik akuntansi yang berguna mencatat segala kegiatan transaksi.

Apakah Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa dan Perusahaan Dagang Berbeda?

Jenis siklus akuntansi terbagi menjadi dua yaitu pada bidang jasa dan dagang. Perusahaan jasa merupakan perusahaan yang menawarkan produk tidak berwujud serta tidak ada sebuah kepemilikan, namun, memiliki manfaat.

Mungkin karena produknya yang berupa abstrak, masih ada orang yang beranggapan, jika perusahaan jasa belum membutuhkan siklus akuntansi. Padahal siklus tersebut memiliki peran penting dalam perusahaan jasa bersangkutan.

Sementara, perusahaan dagang adalah perusahaan yang memiliki aktivitas membeli, menyimpan, serta menjual barang dagangan. Biasanya, siklus akuntansi perdagangan seperti akun penjualan, harga pokok persediaan serta harga pokok penjualan.

Tentunya, kedua jenis siklus tersebut mempunyai perbedaan. Perusahaan dagang mencatat transaksi dari pembelian serta penjualan barang inventory, bertujuan mengetahui, apakah ada keuntungan untuk perusahaan.

Siklus akuntansi sendiri mempunyai peranan yaitu pedoman dalam menghitung keuntungan. Cara menghitung keuntungan yang diperoleh perusahaan dagang yaitu mengurangi biaya operasional dengan harga pokok penjualan dari pendapatan.

Sementara, perusahaan jasa tidak diwajibkan menerapkan pencatatan penjualan serta pembelian pada inventory-nya. Perhitungan keuntungan dalam perusahaan jasa dengan mengurangi biaya operasional dengan pendapatan. Perusahaan jasa menunggu selama berbulan-bulan untuk mengetahui jumlah pendapatannya.

Apa Saja Tahapan Siklus Akuntansi?

Ketika melakukan laporan keuangan, terdapat siklus akuntansi yang perlu diketahui, sebagai berikut.

  1. Identifikasi Transaksi

Mengidentifikasi pencatatan pada setiap transaksi, pastinya transaksi yang dicatat memiliki dampak langsung pada perubahan kondisi keuangan perusahaan. Setiap transaksi juga harus mempunyai bukti, sehingga memudahkan identifikasi transaksi yang terjadi.

Biasanya, bukti transaksi yaitu kuitansi, faktor maupun nota yang dianggap sah. Karena itu, setiap transaksi yang terjadi diwajibkan mempunyai bukti-bukti, sehingga bisa diidentifikasi serta dicatat akuntan.

  1. Analisis Transaksi

Analisis transaksi mempunyai pengaruh pada kondisi keuangan perusahaan dalam pengambilan keputusan. Sistem pencatatan pada akuntansi memakai double-entry system. Transaksi akuntansi memberikan pengaruh pada debit dan kredit keuangan dengan jumlah yang sama.

Secara sistematis persamaan yang dipakai adalah, aktiva = kewajiban + ekuitas.

  1. Pencatatan Transaksi

Ketika mengerjakan catatan transaksi, maka memerlukan ketelitian, sehingga tidak ada transaksi yang terlewat. Dalam memproses jurnal keuangan terbagi menjadi dua yaitu debit dan kredit, dan Anda bisa memakai jurnal umum.

  1. Tulis pada Buku Besar

Buku besar adalah alat untuk menerapkan pencatatan laporan keuangan, di dalam buku besar terdapat rangkuman, asalnya dari jurnal umum. Pastinya, setiap perusahaan mempunyai varian rekening buku besar sendiri serta masing-masing rekening diberi kode tertentu.

Hal ini akan mempermudah akuntan dalam mengidentifikasi transaksi keuangan serta melakukan pengecekan ulang.

  1. Susun Neraca Saldo yang Belum Disesuaikan

Menyusun neraca saldo yang berisikan daftar saldo yang ada pada masing-masing rekening buku besar. Saldo yang ada dalam buku besar disatukan serta jumlahnya harus sama. Saldo percobaan yang belum disesuaikan bisa disiapkan, sesudah entri jurnal di-posting ke buku besa

Untuk menginput ke neraca saldo yang belum disesuaikan, Anda bisa mentransfer dari akun besar menuju neraca saldo. Jika menemui kondisi, transaksi yang belum tercatat serta ditemukan masalah di neraca saldo, maka akan dicatat pada jurnal penyesuaian.

  1. Merancang Jurnal Penyesuaian

Jurnal penyesuaian yaitu jurnal yang dirancang pada proses pencatatan perubahan saldo dalam akun yang mencerminkan jumlah sebenarnya. Jika terdapat masalah pada neraca saldo, maka akan dicatat pada jurnal penyesuaian.

Penyusunan jurnal penyesuaian ini sifatnya berkala, serta hasilnya juga sama, seperti jurnal pada umumnya. Jika seluruh transaksi telah dicatat pada jurnal penyesuaian, maka hasil laporan keuangannya bersifat aktual (baru).

  1. Penyusunan Laporan Keuangan

Membuat neraca saldo penyesuaian terlebih dahulu, sesuai neraca saldo sebelumnya, tidak lupa memperhatikan jurnal penyesuaiannya. Saldo terbagi menjadi aktiva dan pasiva dengan jumlahnya yang mempunyai besar sama.

Selanjutnya, laporan keuangan yang terdiri atas beberapa laporan. Jadi, laporan keuangan yang disusun seperti, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, neraca dan laporan arus kas.

  1. Penyusunan Closing Journal

Pembuatan Closing Journal hanya ketika akhir periode akuntansi saja, rekening yang ditutup hanya rekening nominal maupun rekening laba-rugi. Caranya yaitu meng-nol-kan maupun membuat nihil rekening terkait.

Rekening-rekening nominal harus ditutup, sebab rekening itu dipakai mengukur aktivitas maupun aliran-aliran sumber selama periode berjalan. Ketika akhir periode akuntansi, rekening nominal telah selesai menjalankan fungsinya, karena itu, harus ditutup.

  1. Menyusun Neraca Akhir

Pada tahap ini, sebenarnya, sifatnya opsional, pada neraca akhir, biasanya, dihasilkan pada akhir periode. Sementara, neraca awal dipakai ketika awal periode siklus akuntansi selanjutnya.

  1. Menyusun Jurnal Pembalik

Tujuan dari jurnal pembalik yaitu menyederhanakan prosedur pencatatan transaksi-transaksi tertentu yang terjadi secara repetitif di periode berikutnya. Tahapan yang satu ini juga bersifat opsional, umumnya, jurnal pembalik dibuat pada awal periode berikutnya.

Caranya yaitu membuat jurnal pembalik dari jurnal penyesuaian yang sudah dibuat. Jadi, membalikkan akun yang sudah dibuat di jurnal penyesuaian dari yang awalnya debit menjadi kredit. Begitu juga sebaliknya, dari yang awalnya kredit menjadi debit.

Gunakan SystemEver AccounTax Service Agar Semakin Profesional

Mungkin akuntan profesional dan konsultan pajak pernah mengalami banyaknya lot bulanan yang harus selesai dalam waktu singkat secara bersamaan. Atau mungkin pernah terjadi kesalahpahaman, antara Anda dengan klien, ketika mempersiapkan serta memproses data, disebabkan kurangnya komunikasi maupun kolaborasi.

SystemEver AccounTax Service adalah aplikasi akuntansi dan pajak yang didukung cloud by Microsoft Azure. Hal ini membantu Anda berkolaborasi bersama klien dengan mudah serta aman, agar bisa meningkatkan efektifitas serta efisiensi kerja.

Selain AccounTax hadir dengan berbagai fitur yang membantu Anda menyajikan laporan dengan cepat dan akurat. Hal ini menjadikan pekerjaan lebih efisien, dan menandakan bahwa aplikasi ini bisa diandalkan.

Selanjutnya, AccounTax dibekali fitur untuk mempersiapkan data perpajakan bagi bupot dan faktur pajak. Bahkan, aplikasi dari SystemEver ini menjalin kerjasama dengan Online-Pajak dan Pajak IO, untuk memudahkan Anda menjalankan kepatuhan perpajakan.

Pembuatan siklus akuntansi tujuannya sebagai penyedia informasi, yang nantinya bermanfaat pada pengambilan keputusan perusahaan. Agar semakin profesional dalam menjalankan tugas Anda sebagai akuntan, gunakan aplikasi AccounTax dari SystemEver. 

Artikel Terkait