Pelajari lebih lanjut bagaimana SystemEver sangat tepat untuk bekerja remote Lihat Video Tutorial. 

Artikel

10 Manfaat Menggunakan Software Akuntansi

10 Manfaat Menggunakan Software Akuntansi

Kini, pekerjaan akuntan semakin mudah dengan kehadiran software akuntansi, yang membantu para akuntan menyelesaikan pekerjaannya lebih cepat dan maksimal. Sebenarnya, seperti apa pengertian dari software atau perangkat lunak akuntansi dan apa saja manfaatnya? Simak ulasan berikut ini. 

Sekilas Mengenai Perangkat Lunak Akuntansi 

Software akuntansi merupakan seperangkat sistem yang bertujuan mendukung kegiatan akuntansi dengan basis modularitas, yang saling terhubung. Maksudnya, perangkat lunak akuntansi terhubung dengan modul pembelian account payable, penjualan account receivable, buku besar, penggajian, dan lainnya. 

Biasanya, software ini dikembangkan secara mandiri oleh perusahaan, atau meminta bantuan pihak ketiga untuk menyediakan layanannya. Keberadaan perangkat lunak akuntansi, memudahkan penyusunan laporan akuntansi keuangan, seperti neraca, laporan laba rugi, cash flow, serta laporan akhir. 

Untuk menggunakan software akuntansi, Anda melakukan input awal terlebih dahulu untuk data yang harus diproses pada perangkat lunak akuntansi. Selanjutnya, akuntan dapat menyusun pada buku besar dengan kode serta nama yang jelas.

Agar buku besar mempunyai pos-pos yang jelas di setiap posisi laporan keuangan, neraca, laba rugi, manufaktur, serta biaya produksi. Perangkat lunak akuntansi bekerja secara real-time dari berbagai divisi yang telah saling terhubung sebelumnya. 

Karena itu, contohnya, Anda tidak perlu menunggu cukup lama untuk memperoleh laporan laba rugi. Berbagai transaksi seperti penjualan, pembelian, produksi, stok opname serta pengeluaran biaya pada perusahaan akan secara otomatis masuk ke jurnal. 

Selain itu, transaksi yang masuk ke jurnal, selalu diperbarui setiap saat. Tidak heran, keberadaan perangkat lunak ini menjadikan proses pembukuan serta perhitungan akuntansi di perusahaan lebih otomatis dan mudah. 

10 Manfaat Menggunakan Software Akuntansi

Berdasarkan pembahasan sebelumnya, bisa diketahui fungsi software akuntansi yaitu mempermudah pekerjaan akuntan. Lebih detailnya, manfaat perangkat lunak akuntansi akan dibahas, sebagai berikut. 

1. Software Akuntansi Bisa Diakses Kapanpun

Perangkat lunak akuntansi online mempermudah Anda untuk mengakses akun serta keuangan bisnis, kapan dan dimanapun. Selain bisa menyimpan data bisnis, software juga bisa membatasi pengaksesan data sesuai perannya dalam bisnis. 

Bahkan, data di enkripsi serta disimpan secara aman dengan server cloud. Jadi, data bisa diperiksa secara real time, baik lewat ponsel pintar maupun laptop, asalkan ada koneksi internet. 

2. Menghemat Waktu

Berdasarkan studi yang dilakukan Xero Blog, melibatkan 230 akuntan, direktur keuangan, serta staff di Afrika Selatan. Hasil studi itu menyatakan bahwa software akuntansi bisa menghemat waktu akuntan hingga tiga jam per hari. 

Sebanyak 79% akuntan yang masih menerapkan sistem manual. Pihak tersebut menghabiskan waktu antara satu sampai tiga jam per hari untuk menginput data ke sistem. Sementara, 57% akuntan yang memakai perangkat lunak akuntansi hanya memerlukan waktu kurang dari 1 jam sehari. 

3. Menghemat Biaya 

Perangkat lunak akuntansi membuat perhitungan pokok, prosedur administrasi, serta mengatur susunan anggaran menjadi otomatis. Anda tidak perlu menerapkan outsourcing manajemen keuangan pada pihak eksternal. 

Software ini juga meminimalisir biaya yang terkait pencetakan serta pemberian dokumentasi. Sebab, semua data disimpan secara digital pada lokasi yang aman serta terpantau. 

4. Pengingat Jatuh Tempo

Melalui perangkat lunak akuntansi, Anda bisa merekam serta melacak utang dan piutang, sehingga memungkinkan mengetahui keadaan arus kas terkini. Bahkan, Anda juga bisa memprediksi kondisi arus kas pada masa mendatang. 

Software bisa menginput tagihan, faktur pelanggan serta tanggal jatuh tempo, dan pengguna memperoleh laporan maupun pemberitahuan. Laporan atau pemberitahuan itu mengenai kapan pelanggan perlu membayar piutangnya. 

Berdasarkan studi dari FreshBooks, proses pengecekan di Excel memerlukan waktu sampai 1 menit 30 detik. Sementara, perangkat lunak akuntansi hanya membutuhkan kurang dari satu menit. 

5. Memantau Keuangan secara Berkelanjutan

Berdasarkan studi dari FreshBooks menunjukkan, proses memantau keuangan dengan perangkat lunak, bisa menghemat waktu sekitar 30 menit per bulan. Melalui akuntansi yang terkomputerisasi, Anda bisa membuat serta mengelola catatan keuangan terus-menerus, serta memperoleh laporan kapan saja. 

Hal tersebut memungkinkan manajemen bisnis memantau catatan keuangan bisnis serta menyelesaikan problem lebih awal, sebelum menjadi besar. 

6. Software Akuntansi Efektif dalam Meminimalisir Kesalahan

Menurut accounting web, 73% lebih akuntan mulai mencari serta memilih perangkat lunak akuntansi untuk mengotomatisasikan tugas akuntansi manual. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kesalahan serta beban kerja. 

7. Memantau Inventaris Bisnis

Beberapa waktu ke belakang, banyak perangkat lunak yang memfasilitasi fitur seperti pengelolaan inventaris produk. Selain itu, perangkat lunak juga menyajikan rincian terkini mengenai banyaknya stok tersedia. 

Bahkan, software juga membantu mengotomatisasikan inventaris, saat sedang diprosesnya suatu pesanan produk. 

8. Memudahkan Kepatuhan Pajak

Jumlah pajak yang harus dibayarkan di setiap faktur bisa dihitung oleh software akuntansi. Selain itu, pengguna software juga memegang laporan terperinci mengenai jumlah pajak yang perusahaan bayar, selama periode tertentu. 

9. Fokus ke Satu Data Terpusat

Manfaat lainnya yang ditawarkan perangkat lunak akuntansi yaitu memusatkan proses bisnis utama dan tugas-tugas manajemen. Tugas-tugas manajemen yang dimaksud seperti, laporan keuangan, proses purchasing sampai manajemen persediaan barang.

10. Keamanan Data serta Keuangan Bisnis Meningkat 

Informasi mengenai data keuangan perusahaan tentunya menjadi rahasia, dan perlu dilindungi, agar, tidak sampai ke tangan yang salah. Perangkat lunak akuntansi menjadikan data keuangan perusahaan lebih terjamin, sebab tersimpan dalam cloud, hanya pihak tertentu yang bisa mengaksesnya.  

Gunakan Accountax dari SystemEver untuk Mengelola Bisnis Lebih Mudah 

SystemEver merupakan Enterprise Resource Planning (ERP) berbasis Cloud yang mendukung pertumbuhan bisnis lebih efektif dan efisien. Perusahaan kami telah melayani lebih dari 1900 perusahaan di Korea Selatan, Jepang, China, Vietnam serta Indonesia. 

Khusus di Indonesia, SystemEver meluncurkan SystemEver iSeries dengan spesialisasi untuk AccountTax Service, perdagangan & distribusi serta industri manufaktur. Misi dari SystemEver sendiri adalah menyediakan solusi serta layanan terbaik dan manajemen bisnis kompeten bagi pelanggan. 

Bukan hanya untuk pasar Asia, tetapi juga pasar global. SystemEver AccountTax Service merupakan software akuntansi berbasis cloud, yang ideal bagi konsultan akuntansi serta pajak. 

Software akuntansi ini menawarkan tampilan laporan yang profesional, data tepat waktu dan akurat, serta meminimalisir pekerjaan rutin dan membosankan. SystemEver AccountTax Service cocok bagi perusahaan yang masih memakai Excel, pencatatan manual, serta jasa pembukuan bagi staff/gaji/akuntansi. 

Bagi perusahaan baru, software akuntansi bisa dipakai untuk akuntansi saja, bisa juga dipakai bersama sistem anggaran, staf serta gaji. Kriteria pengguna lainnya adalah perusahaan yang memerlukan sistem integrasi, contohnya manajemen biaya pengeluaran, pembayaran elektronik serta fasilitas perbankan. 

Perusahaan yang memerlukan penyelesaian pembukuan akhir tahun untuk mencatat penerimaan pendapatan bisnis ketika penyelesaian akhir tahun sedang berjalan. Pihak itu juga cocok menggunakan perangkat lunak akuntansi ini 

Artikel Terkait