Pelajari lebih lanjut bagaimana SystemEver sangat tepat untuk bekerja remote Lihat Video Tutorial. 

Artikel

8 Manfaat Jurnal Pembelian dalam Bentuk Digital

8 Manfaat Jurnal Pembelian dalam Bentuk Digital

Setiap transaksi yang dilakukan perusahaan dagang perlu dicatat, sehingga diperlukan adanya pencatatan pada jurnal pembelian dan jurnal penjualan. Dengan tercatatnya setiap transaksi, maka memudahkan penyusunan laporan keuangan, kali ini akan dibahas jurnal yang terkait dengan transaksi pembelian.  


Sekilas Mengenai Jurnal Pembelian 


Jurnal pembelian merupakan jurnal khusus untuk mencatat seluruh jenis pembelian, baik barang maupun bukan barang secara kredit. Jika transaksi tunai, maka akan tercatat pada jurnal khusus pengeluaran kas.  

Sementara, transaksi kredit akan tercatat di akun debit pembelian serta akun kredit utang dagang. Adapun, pembelian peralatan serta perlengkapan, dicatat serta ditempatkan di kolom akun debit perlengkapan serta akun kredit utang dagang.  


Apa saja Jenis Jurnal Pembelian?  

Jika transaksi dilakukan berulang, lebih mudah jika disiapkan kolom khusus bagi pembelian dan utang dagang. Jika pembelian yang dilakukan tidak berulang, Anda tidak perlu membuat kolom khusus, namun, cukup dimuat pada kolom serba-serbi.  Ada beberapa jenis jurnal pembelian yang perlu Anda ketahui, sebagai berikut.  


    • Kredit 

Aktivitas yang sering terjadi pada perusahaan dagang, jasa, serta manufaktur pada sistem akuntansi yaitu pembelian secara kredit. Misalnya, 9 Juli 2015, PT. Bisa melakukan pembelian barang dari Toko Makmur secara kredit, sebesar Rp9.000.000,00 dengan PPN 10%. 

Jadi, jurnal pembelian kreditnya dengan PPN atas transaksi yaitu:  

(debit) persediaan = Rp9.000.000,00  

(debit) PPN = Rp900.000,00  

(kredit) utang usaha = Rp9.900.000,00 


    • Diskon Pembelian 

Umumnya, ketika memperoleh tagihan faktur kredit, Anda tidak diharuskan segera membayar. Sebab, kebanyakan faktur hanya menginformasikan tentang jatuh tempo dan denda yang harus dibayar, jika terjadi keterlambatan.  

Jika beberapa hari sebelum jatuh tempo, lalu menerima faktur, Anda memperoleh keuntungan dengan menyimpan faktur, menurut tanggal jatuh tempo. Dengan itu, Anda dapat memanfaatkan dana yang ada, untuk lebih produktif, seperti membuka tabungan deposito.  

Banyak juga perusahaan yang merencanakan sistem akuntansinya, sampai seluruh diskon yang tersedia dapat diambil.  


    • Retur dan Potongan Pembelian  

Purchase retur yang disebut juga jurnal retur pembelian dan potongan pembelian, dilakukan ketika ada barang yang dikembalikan. Biasanya, pembeli akan mengirim surat atas memorandum debit ke penjual.  

Pembeli bisa memakai salinan memorandum debit untuk pencatatan retur dan pemotongan pembelian maupun menunggu persetujuan dari kreditur (penjual).  


Apa Saja 8 Manfaat Jurnal Pembelian Berbentuk Digital? 


Jurnal khusus terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu pembelian, penjualan, penerimaan kas dan jurnal pengeluaran kas. Ada beberapa manfaat yang mungkin bisa diperoleh, dengan adanya jurnal pembelian, sebagai berikut.  

    • Kemudahan Pencatatan secara Sistematis 

Jurnal pembelian ini termasuk salah satu jurnal khusus, yang membantu proses pembuatan laporan keuangan menjadi lebih sistematis. Hal itu disebabkan pengelompokkan pencatatan transaksi pada jurnal khusus, salah satunya jurnal yang bernama pembelian.  

Kemudahan ini juga menjadikan proses pencatatan pada buku besar menjadi lebih efisien. Dengan sistematika yang runtut dan detail, maka pelaporan dari perusahaan pada dewan direksi akan lebih terarah dan mudah dipresentasikan.  


    • Mempercepat Proses Data Transaksi 

Adanya pengelompokkan data, salah satunya adalah jurnal pembelian, menjadikan proses laporan keuangan lebih cepat terjadi. Contohnya, terdapat lima puluh kali transaksi sejenis, di jurnal umum akan tercatat serta dikelompokkan sejumlah lima puluh kali juga.  

Sementara, jurnal khusus hanya perlu mengelompokkan data sejumlah satu kali saja, berdasarkan jenis akun. Kecepatan proses data transaksi tentunya sangat penting untuk mempercepat pula kinerja secara keseluruhan. Sehingga, sistem digitalisasi memang cocok untuk diterapkan secara komprehensif.  


    • Peningkatan Efisiensi 

Dengan mengadopsi jurnal khusus yang salah satu di dalamnya terdapat jurnal pembelian. Hal tersebut bisa membuat pekerjaan pencatatan transaksi bisnis dapat dikerjakan beberapa karyawan yang telah mahir dalam hal ini (pembagian pekerjaan untuk pembuatan jurnal khusus kepada beberapa karyawan sesuai jenis jurnal khusus yang dibuat).  


    • Memudahkan Memasukkan Rincian Data 

Pada pencatatan jurnal transaksi khusus, dirancang dalam satu baris untuk menyediakan seluruh informasi yang dibutuhkan. Contohnya, pembelian barang dagangan dicatat dalam satu baris, termasuk kredit ke akun pemasok serta nama pemasok. Ada juga tanggal serta jumlah informasi yang diinginkan.  


    • Kontrol Internal Lebih Baik 

Kontrol internal yang lebih baik akan terbentuk jika organisasi bisnis mengadopsi jurnal khusus. Sebab, jurnal-jurnal keuangan ini memungkinkan membagi pekerjaan pada beberapa karyawan. Kinerja pun lebih mudah terpantau dengan menggunakan sistem digital.  


    • Referensi Masa Depan 

Jika transaksi yang sifatnya serupa, tercatat pada satu jurnal, hal tersebut berguna sebagai referensi masa depan. Selain itu, menjadikan pencatatan transaksi menjadi lebih mudah.  


    • Meminimalisir Risiko Pengubahan Data 

Definisi jurnal khusus yaitu membuat data harian, seperti, pembelian, penjualan, penerimaan, serta pengeluaran kas, dicatat secara kronologis serta terperinci. Proses transaksi yang tercatat setiap hari serta lengkap akan meminimalisir risiko pengubahan data. Selain itu, meminimalisir penipuan oleh pihak tertentu pada waktu yang akan datang.  

Kemungkinan pembuatan laporan palsu pada akun pun akan terminimalisir, sebab, terdapat pihak yang bertanggung jawab atas kebenarannya.  


    • Memudahkan Pemeriksaan Secara Berkala  

Biasanya, pemeriksaan kembali terjadi secara berkala pada suatu perusahaan, baik internal maupun eksternal oleh auditor publik.  

Adanya jurnal khusus, transaksi keuangan sejenis yang sudah banyak tercatat, akan dibukukan dengan ringkas serta praktis di satu jurnal. Hal ini menawarkan kemudahan untuk auditor internal atau eksternal dalam melakukan pemeriksaan.  


Sajikan Laporan yang Akurat dengan SystemEver i1 AccounTax Service  


Terkait pembahasan jurnal pembelian, kini, pekerjaan para akuntan semakin mudah dengan kehadiran aplikasi akuntansi. Daripada mengerjakan akuntansi secara manual, maka penggunaan aplikasi akuntansi membuat pekerjaan akuntan lebih praktis dan akurat.  


Salah satu manfaat yang ditawarkan aplikasi akuntansi yaitu menghemat pengeluaran. Bayangkan, jika Anda melakukan pencatatan setiap transaksi secara manual di sebuah buku, tentunya harus mengeluarkan uang untuk membeli buku.  


Tentu saja, membeli alat tulis atau barang-barang lainnya juga cukup menghabiskan biaya. Apabila Anda mengeluarkan uang untuk membeli aplikasi akuntansi, yang membantu pengerjaan akuntansi lebih cepat dan akurat.  


SystemEver i1 AccounTax Service yaitu aplikasi akuntansi dan pajak dengan dukungan cloud by Microsoft Azure. Jadi, AccounTax membantu Anda berkolaborasi dengan klien secara mudah dan aman, sehingga bisa meningkatkan efektifitas serta efisiensi kerja.  


Terkait jurnal pembelian, AccounTax mempunyai salah satu fitur yang memfasilitasi upload jurnal transaksi ke AccounTax. Aktivitas upload ini dengan “Journal Batch Upload (easy)”.  

Keberadaan fitur upload ini membantu memasukkan data ke AccounTax, jadi, jurnal yang banyak akan diproses secara cepat, tetapi akurat.  


Jurnal pembelian menjadi salah satu jenis dari jurnal khusus, sesuai namanya, jurnal ini bersangkutan dengan transaksi pembelian. AccounTax dari SystemEver akan memfasilitasi Anda memperoleh update data terkini dengan fitur-fiturnya, hingga membantu pekerjaan akuntan menjadi lebih mudah.  

 


Artikel Terkait