Pelajari lebih lanjut bagaimana SystemEver sangat tepat untuk bekerja remote Lihat Video Tutorial. 

Artikel

Mengenal Apa itu Akuisisi Bisnis dan Pengaruhnya bagi Perkembangan Bisnis

Mengenal Apa itu Akuisisi Bisnis dan Pengaruhnya bagi Perkembangan Bisnis

Jika Anda mengikuti berita tentang dunia bisnis pasti sudah sering mendengar istilah akuisisi bisnis. Istilah ini sangat sering terjadi dalam dunia bisnis. Bahkan akuisisi bisnis bisa terjadi kapan saja.

Banyak perusahaan yang melakukan akuisisi dengan alasan untuk mencapai pertumbuhan yang lebih cepat dibandingkan dengan mambangun unit usaha sendiri.

Artinya dengan melakukan akuisisi maka peluang perusahaan untuk mencapai kesuksesan menjadi lebih besar. Sebenarnya apa itu akuisisi bisnis?

Apa itu Akuisisi Bisnis?


Akuisisi bisnis adalah sebuah langkah yang diambil oleh suatu perusahaan untuk menguasai perusahaan atau entitas bisnis lainnya melalui pembelian saham.

Perlu diketahui jika akuisisi berbeda dengan mager. Ini dikarenakan mager merupakan proses menggabungkan dua perusahaan menjadi satu.

Sedangkan pada akuisisi dua perusahaan yang melakukannya tetap berdiri sendiri. Hanya saja, untuk kepemilikan perusahaan berubah dari pemilik lama ke pemilik baru.

Lebih jelasnya, akuisisi bisnis merupakan proses mengambil alih kepemilikan suatu perusahaan dari perusahaan lain. Pengambilalihan yang dimaksud disini bisa berupa aset ataupun kepemilikan saham. 

Kelebihan dan Kekurangan Akuisisi Bisnis


Adapun beberapa kelebihan akuisisi bisnis adalah sebagai berikut:

  1. Tidak perlu mengurus banyak persyaratan, terutama persyaratan yang berkaitan dengan badan hukum
  2. Terdapat pengendalian yang sangat besar atas aset dan saham perusahaan yang di akuisisi
  3. Tetap mempertahankan perusahaan yang sudah ada dengan mengambil alih perusahaan kompetitor

Selain memiliki kelebihan, akuisisi bisnis juga memiliki beberapa kekurangan, seperti:

  1. Dalam proses legalitas harus mengeluarkan biaya dengan jumlah yang cukup tinggi
  2. Akuisisi bisnis yang dilakukan bisa saja gagal apabila pemegang saham minoritas ada banyak yang tidak setuju
  3. Membutuhkan pengawasan serta sistem yang baik supaya perusahaan yang di akuisisi bisa selaras dengan visi dan misi perusahaan yang mengakuisisinya.

Pengaruh Akuisisi Bagi Perkembangan Bisnis


Supaya perusahaan yang dimiliki bisa terus berkembang maka perusahaan harus memiliki strategi yang tepat. Salah satu strategi yang sering digunakan oleh perusahaan adalah dengan melakukan akuisisi bisnis.

Akuisisi bisnis yang dilakukan akan memberikan pengaruh yang besar pada perkembangan bisnis. Berikut beberapa pengaruhnya:

1. Meningkatkan Keuntungan Perusahaan

Pengaruh akuisisi bagi perkembangan bisnis yang pertama adalah bisa meningkatkan keuntungan perusahaan.

Dengan melakukan akuisisi suatu perusahaan berpeluang mendapatkan profit atau keuntungan yang besar di masa yang akan datang.

Supaya ini terwujud maka perlu menggunakan langkah strategis dengan mengakuisisi suatu perusahaan potensial. 

2. Menguatkan Bisnis Inti

Pada umumnya, suatu perusahaan melakukan akuisisi bisnis karena memiliki tujuan untuk menguatkan core business (bisnis utama) perusahaan.

Tujuan ini cukup jelas sehingga perusahaan memilih melakukan akuisisi terhadap perusahaan lainnya, terutama terhadap perusahaan yang memiliki pangsa pasar yang sama.

3. Skala Ekonomi yang Lebih Tinggi

Untuk mendapatkan skala ekonomi yang lebih tinggi merupakan salah satu alasan perusahaan melakukan akuisisi bisnis.

Dengan melakukan akuisisi maka perusahaan memiliki peluang yang besar untuk meningkatkan produktivitas dan teknologi yang lebih terpadu, peningkatan sinergi dalam perusahaan, tambahan sumber pemasukan dan sebagainya.

Selain itu, akuisisi bisnis juga bisa mengurangi biaya operasional perusahaan.

4. Pangsa Pasar Lebih Besar

Jika berambisi untuk memiliki pangsa pasar yang lebih besar maka perlu melakukan akuisisi. Contohnya suatu perusahaan memiliki keinginan untuk beroperasi di luar negeri.

Maka dari itu, perusahaan tersebut harus bisa mengakuisisi perusahaan lokal di negara tersebut. Perusahaan yang mengakuisisi juga harus memahami tentang kondisi bisnisnya seperti apa. 

5. Mengurangi Jumlah Pesaing

Alasan yang terakhir adalah untuk mengurangi jumlah pesaing dalam bidang industri yang digeluti.

Jadi, akuisisi yang dilakukan oleh perusahaan akan memberikan imbas yang positif, salah satunya bisa meningkatkan kinerja bisnis serta memperkecil persaingan.

6. Menguatkan Dominasi Pasar

Apabila perusahaan X dan Y memiliki pangsa pasar yang sama, kemudian perusahaan X melakukan akuisisi pada perusahaan Y.

Hal ini berarti secara langsung dominasi pasar perusahaan X akan semakin menguat. Jika sebelumnya penguasaan pasar perusahaan X misal hanya 35% dengan melakukan akuisisi maka market share-nya akan semakin meningkat. 

Nah, itulah informasi tentang akuisisi bisnis dan pengaruhnya bagi perkembangan bisnis. Pemilik usaha yang ingin mengembangkan bisnis bisa dengan melakukan cara ini. Asalkan perusahaan yang di akuisisi merupakan perusahaan potensial.

Dalam menjalankan suatu usaha atau bisnis, ternyata tidak cukup hanya mengandalkan skill dan modal saja.

Di mana usaha atau bisnis juga membutuhkan sistem ERP terbaik bagi manajemen mereka, contohnya seperti SystemEver Indonesia, TOP 10 Asia ERP System.

SystemEver ini merupakan cloud ERP Indonesia terbaik yang bisa digunakan untuk mengelola dan memonitoring bisnis yang dijalankan. 

SystemEver sebagai cloud ERP terbaik menyediakan beberapa model layanan, salah satunya sistem manajemen inventory AccounTax Service.

Produk sistem cloud ERP SystemEver Trading & Distribution ini merupakan software sistem ERP untuk perusahaan distribusi.

Dengan menggunakan i5 Trading & Distribution SystemEver, maka perusahaan bisa dengan mudah untuk memeriksa informasi penjualan, melihat serta mengelola pengiriman dan memonitoring kinerja penjualan yang dilakukan tenaga penjualan. i5 juga bisa dijadikan untuk sistem penjualan konsinyasi.

Artikel Terkait