Pelajari lebih lanjut bagaimana SystemEver sangat tepat untuk bekerja remote Lihat Video Tutorial. 

Artikel

Bagaimana Logistik Bisa Membantu Brand dalam Menghadapi Persaingan?

Bagaimana Logistik Bisa Membantu Brand dalam Menghadapi Persaingan?

Bagaimana Logistik Bisa Membantu Brand dalam Menghadapi Persaingan

Logistik di dalam perusahaan berhubungan dengan pengendalian aliran material barang dan perencanaannya. Tujuan utama dari logistik di dalam perusahaan adalah untuk mengatur barang hingga ke tujuan, dengan waktu, kondisi dan juga jumlah yang tepat. Itulah sebabnya diperlukan sistem dengan peran yang baik dari tim logistik, supaya performa dan juga kemampuan perusahaan dalam meminimalisir biaya operasional.

Perlu diketahui juga bahwa logistik suatu perusahaan juga bisa membantu sebuah brand produk untuk menghadapi persaingan dengan kompetitor. Pasalnya, jumlah dan manajemen logistik yang baik bisa menarik konsumen dan bisa membuat mereka loyal terhadap suatu brand. 

Segala jenis bidang pekerjaan di dalam perusahaan kini bisa diatasi dengan langkah mudah, salah satunya adalah dengan menggunakan software khusus. Software seperti SystemEver yang berasal dari Korea Selatan ini, sudah digunakan oleh beberapa perusahaan besar di Asia. Namun perusahaan menengah dan berkembang juga bisa menggunakan software ini, contohnya untuk mengatur logistik di dalam perusahaan.

Peran Logistik Terhadap Perusahaan

Dengan memberikan perpindahan produk ke pelanggan dengan cara yang efisien, maka tim dari logistik di suatu perusahaan bisa meningkatkan upaya pemasarannya dengan baik. Berikut ini beberapa peran dari logistik di dalam perusahaan:

1.    Logistik yang Berorientasi pada Pemasaran

Logistik juga menjadi bagian dari bidang pemasaran yang dimana tugasnya memainkan peran penting untuk kepuasan pelanggan. Logistik juga menjadi kunci perusahaan untuk memperoleh keuntungan.

2.    Logistik Memberi Nilai Tambah

Tentu suatu perusahaan akan terus meningkatkan kualitas produknya untuk memperoleh konsumen yang loyal. Maka sistem logistik di dalam perusahaan akan memberi nilai tambah pada setiap konsumen, pada utilitas waktu serta tempat. Maksudnya yaitu nilai yang dibentuk/ditambahkan pada produk, membuat ketersediaan produk untuk pembeli terjadi di waktu dan tempat yang tepat.

3.   Logistik Memungkinkan Perpindahan Barang ke Konsumen dengan Cara yang Efisien

Sistem logistik juga ternyata memiliki kemampuan dalam menciptakan proses pemasokan produk yang tepat. Dalam waktu, tempat dan kondisi yang juga tepat dengan biaya yang masih terjangkau. Sehingga konsumen masih bisa memanfaatkan produk itu sendiri.

Manfaat Logistik untuk Distributor dan juga Brand

Maka manfaat dari logistik bagi brand atau distributor adalah untuk pemenuhan serta perencanaan kebutuhan konsumen, dan menjadi tempat penyimpanan barang pada saat barang belum dikirim. 

Manfaat lainnya yaitu pemeliharaan dari kualitas barang itu sendiri yang dimulai dari penerimaan, penyimpanan, sampai pengiriman barang. Serta memastikan bahwa semua barang sudah sampai dengan selamat dengan kondisi yang masih baik seperti ketika belum dikirim.

Logistik juga menjadi pembuat anggaran, pengadaan serta penyimpanan dan penyaluran barang. Pembuatan anggaran yang dilakukan dalam logistik harus dibuat sedetail mungkin dengan menunjukkan arahan dan batasan yang sudah disepakati sebelumnya.

Manfaat di dalam bidang pengadaan berkaitan dengan kebutuhan operasional yang juga sudah dibicarakan sebelumnya, dan setelah pembuatan anggaran dilakukan. Sedangkan manfaat logistik dalam hal penyimpanan dan penyaluran adalah dilakukannya penyimpanan serta penyaluran brand produk, menuju ke divisi yang bersangkutan.

Strategi Logistik Membantu Brand Selama Menghadapi Persaingan

Strategi logistik dengan sistem manajemen logistik yang tepat di dalam perusahaan, menjadi hal yang sangat penting. Karena adanya persaingan bisnis yang dengan ketat di segala bidang usaha atau bisnis. Sehingga perusahaan harus menyusun kembali bagaimana sistem dan strategi logistik tersebut.

Esensi dari persaingan tersebut bisa dilihat dari bagaimana cara perusahaan dalam mengimplementasikan prosesnya, untuk menghasilkan sebuah produk yang baik dengan harga yang murah dan cepat. Supaya terus bisa bersaing dan mengalami kemajuan yang signifikan, perusahaan harus dapat memperbaiki kinerja manajemen sistem logistik di dalamnya.

Dalam mendukung strategi bagi perusahaan, maka perusahaan juga harus mempertimbangkan masalah logistik ini supaya bisa dipastikan logistik atau ketersediaan produk sudah mendukung jalannya strategi tersebut. Dengan manajemen logistik yang bagus, maka sebuah perusahaan bisa memenangkan persaingan antara produk sejenis. 

Solusi ERP Manajemen Inventory SystemEver

Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh software SystemEver ini untuk perusahaan. Salah satunya adalah menjadi solusi ERP bagi manajemen inventory di dalam perusahaan. Sistem ERP pada SystemEver ini juga mampu mengelola sistem distribusi barang di segala bidang, salah satunya yaitu dalam bidang kecantikan dan kesehatan.

Sebelum ada software canggih dari Korea Selatan ini, sistem ERP di perusahaan akan dilakukan dengan cara manual. Di zaman yang serba digital ini, semuanya menjadi lebih cepat dan mudah karena dibantu oleh software SystemEver. Sehingga jika pemilik perusahaan bertanya tentang jumlah sisa barang, maka ia bisa memantaunya di software SystemEver tanpa harus datang langsung ke gudang.

Alasan Menggunakan SystemEver Manajemen Inventory 

Mungkin masih banyak juga orang yang bertanya-tanya, mengapa perusahaan harus menggunakan software SystemEver. Data atau informasi mengenai ketersediaan barang bisa dilihat langsung melalui software yang satu ini. Hal itu menjadi salah satu keunggulan dari SystemEver. Prosesnya juga cepat dan mudah, karena penggunaan software ini memang sangat mudah.

Perusahaan pun tak perlu lagi tenaga IT khusus, karena sudah ada software yang lebih canggih. Dengan adanya SystemEver ini para pengelola atau pemilik perusahaan bisa menghasilkan keputusan dengan baik, demi keuntungan dan kemajuan perusahaan.

Walaupun banyak sekali sistem ERP yang berkembang di masyarakat saat ini, tetapi SystemEver Indonesia sudah menjadi pilihan terbaik banyak perusahaan di Indonesia. Baik perusahaan menengah, maupun perusahaan-perusahaan menengah yang telah berkembang. 

Itulah informasi tentang bagaimana logistik bisa membantu sebuah brand dalam menghadapi persaingan. Semoga dengan informasi ini pemilik perusahaan bisa mengetahui bahwa logistik menjadi hal penting yang tidak bisa diabaikan. Selain itu, pengaturan logistik di perusahaan akan bisa sangat efekif dan efisien dengan hadirnya software SystemEver. 

Artikel Terkait