Pelajari lebih lanjut bagaimana SystemEver sangat tepat untuk bekerja remote Lihat Video Tutorial. 

Artikel

Perkembangan Bisnis Kecantikan pada Marketplace Pasca Pandemi

Perkembangan Bisnis Kecantikan pada Marketplace Pasca Pandemi

Banyak sekali perusahaan produk kecantikan yang mengalami kebangkrutan saat masa pandemi terjadi. Namun tak sedikit juga dari perusahaan itu yang terus berupaya keras untuk mempertahankan penjualan walaupun kondisinya serba minim. Bukan hanya bisnis produk kecantikan saja, tapi klinik atau hal lain yang berkaitan dengan bisnis kecantikan juga mengalami hal yang sama. 

Meskipun banyak perusahaan yang menutup perusahaannya saat masa pandemi, tetapi banyak juga perusahaan di bidang kecantikan ini yang tetap memiliki omset besar seperti sebelum masa pandemi. Berlakunya sistem WFH Work From Home), membuat banyak orang yang jarang keluar rumah dan jarang menggunakan produk kosmetik.

Pola belanja dari para beauty enthusiast juga mulai berubah sejak ada pandemi. Banyak sekali perusahaan produk kecantikan yang akhirnya berjualan via marketplace, karena penjualan secara offline mulai berkurang. Hal itu menjadi salah satu solusi tepat bagi beberapa perusahaan kecantikan.

Tingkat Kenaikan Bisnis Kecantikan di Tahun 2020

Seperti yang kita tahu, adanya pandemi membuat kita berdiam diri di rumah selama beberapa bulan. Hal itu akhirnya mempengaruhi bisnis kecantikan baik produk maupun jasa perawatan kecantikan. Banyak toko-toko yang menjual produk kecantikan, tidak bisa membuka tokonya karena masa PSBB.

Sama halnya klinik kecantikan yang terpaksa harus tutup karena adanya intensitas kontak fisik yang berkurang, karena berlakunya aturan social distancing. Walaupun begitu, industri kecantikan ini tetap bertumbuh dengan baik selama tahun 2020 ini. Menurut penelitian, pendapatan dari industri kecantikan mengalami kenaikan sekitar 2,84% dari tahun yang sebelumnya.

Namun, jumlah tersebut masih terbilang rendah dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal itu disebabkan oleh banyaknya pembeli yang menunda atau membatalkan pembelian make up dan skincare, saat masa pandemi tiba.

Peluang Bisnis Kecantikan di Platform Marketplace

Jumlah pengguna kosmetik atau produk skincare di Indonesia selalu bertambah setiap tahunnya. Bahkan kenaikannya pun cukup signifikan. Sama halnya dengan pengguna jasa layanan klinik kecantikan yang juga terus mengalami peningkatan.

Perubahan peningkatan hasil penjualan dari bisnis kecantikan ini harus diupayakan dengan berbagai inovasi baru. Salah satunya adalah dengan menggunakan platform marketplace untuk berjualan.  Transaksi jual beli yang dilakukan via marketplace ini lebih aman dan nyaman. Sama halnya dengan transaksi jual beli dalam bidang kecantikan tersebut. 

Kini, marketplace menjadi wadah yang tepat dalam pengembangan bisnis. Ditambah lagi dengan produk yang beragam, sehingga pembeli bebas menentukan pilihannya sesuai kebutuhan. Seluruh produk yang dijual nanti harus disemprot dengan desinfektan terlebih dahulu agar aman untuk seluruh pengguna. 

Strategi Mengembangkan Bisnis Kecantikan Melalui Marketplace

Jika Anda ingin sukses dalam mengembangkan bisnis kecantikan di platform marketplace tertentu, maka Anda harus memiliki strategi yang tepat dan sesuai seperti berikut ini:

1. Kenali Kebutuhan Konsumen

Kebutuhan setiap konsumen dalam hal kecantikan tentu berbeda-beda. Maka tetapkan target pasar Anda terlebih dahulu lalu kenali kebutuhan mereka dalam produk perawatan dan kecantikan. Tujuannya untuk menentukan spesifikasi produk kecantikan apa saja yang dibutuhkan oleh mereka.

2. Jual Produk yang Berkualitas

Biasanya, sebuah produk yang kualitasnya baik akan dijual dengan harga yang mahal. Karena umur ekonomisnya juga terbilang lama dan bisa digunakan dalam kurun waktu yang panjang. Jika Anda menjual produk berkualitas dengan harga mahal, pastikan konsumen tidak kecewa dengan produk Anda. Jangan sampai harga mahal tersebut tidak sesuai dengan hasilnya.

3. Gunakan Foto Produk yang Real

Berjualan melalui marketplace atau secara online tentu sangat bergantung pada foto produk yang dipajang. Sebaiknya Anda menggunakan foto yang real untuk meyakinkan pembeli bahwa produk kecantikan yang Anda jual memang bermutu baik. 

Solusi ERP Manajemen Inventory dengan Software SystemEver 

Sebaiknya Anda menggunakan sistem ERP dalam menjalankan manajemen inventory di perusahaan, dengan hasil terbaik. Yaitu dengan menggunakan software terpercaya yang berasal dari Korea Selatan, yang dinamakan dengan SystemEver.

Segala urusan Anda di perusahaan termasuk manajemen inventory dan yang lainnya, akan dibantu oleh sistem ERP dari SystemEver ini. Dengan digitalisasi sistem manajemen yang ada, maka hal itu akan sangat menguntungkan perusahaan di bidang bisnis kecantikan.

Sistem ERP yang terdapat pada SystemEver ini juga memiliki kemampuan dalam meningkatkan kinerja perusahaan itu sendiri, dan penggunaannya terbilang sangat mudah. Sehingga bisa menghemat waktu operasional perusahaan dan membuat kinerjanya menjadi lebih ringan tetapi tetap efektif dalam urusan pengaturan manajemen dan hasil penjualan atau sales.  

Mengapa Harus Menggunakan Software Systemever

Inilah beberapa alasan perusahaan harus menggunakan software Systemever untuk manajemen inventory mereka: 

1. Memiliki Akses yang Fleksibel

Software yang satu ini sifatnya sangat fleksibel sehingga penggunaannya pun mudah. Pekerjaan apapun yang menggunakan aplikasi ini akan terselesaikan dengan cepat selama jaringan internetnya aman. Pemilik perusahaan pun hanya tinggal memantau perusahaan dari segala aktivitas transaksi, bisnis, serta data rekap dari mana saja, dengan melalui software SystemEver ini.

2. Adanya Konfigurasi Consultant-Ktm

Konfigurasi sistem ERP biasanya cukup sulit, namun konfigurasi yang digunakan oleh SystemEver dapat membantu Anda menghemat biaya IT. Penyebabnya adalah tersedianya fitur Consultant-K di dalam software tersebut. Sehingga perusahaan dapat dengan mudah menggunakan software sistem ERP SystemEver tanpa memerlukan tenaga ahli IT.

3. Produk yang Terdapat di Dalamnya Sesuai dengan Kebutuhan

Terdapat produk yang disiapkan khusus untuk Indonesia, yaitu iSeries di dalam software SystemEver ini, yang bisa digunakan oleh perusahaan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Itulah sebabnya banyak perusahaan yang menggunakan software SystemEver, karena modul di dalamnya memang disesuaikan untuk kebutuhan perusahaan.

Nah, itulah beberapa informasi tentang mengembangkan bisnis kecantikan di platform marketplace selama pandemi. Untuk manajemen inventory, pemilik perusahaan juga bisa memanfaatkan software SystemEver. Jangan ragu lagi dengan produk SystemEver ini, karena ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan untuk perusahaan atau bisnis kecantikan yang Anda jalani saat ini.

Artikel Terkait