Pelajari lebih lanjut bagaimana SystemEver sangat tepat untuk bekerja remote Lihat Video Tutorial. 

Artikel

Siasat Bisnis Logistik di Tengah Wabah Corona

Siasat Bisnis Logistik di Tengah Wabah Corona

Sejak adanya wabah Corona, permintaan pengiriman barang langsung naik meski tidak signifikan. Persentase kenaikan pengiriman barang mencapai 80% di Indonesia. Hal ini membuat setiap orang yang berkecimpung dalam dunia pengiriman barang harus menjaga kesehatan secara prima, karena mereka adalah garda terdepan kelancaran bisnis Anda.

Berikut disajikan cara menyiasati bisnis logistik di tengah wabah ini!

1.      Menjaga Kebersihan Kurir dan Barang yang Dikirimkan

Kurir diharuskan untuk menjaga kebersihan diri dan pakaiannya. Selain itu, juga dilengkapi dengan masker dan hand sanitizer. masker dan sarung tangan kain ini dapat dicuci kembali sehingga tetap terjaga kebersihannya. Meskipun pihaknya mengalami kesulitan dalam memperoleh alat pelindung diri dalam jumlah yang banyak, namun tetap diusahakan.

Selain dari kurirnya, barang yang dikirimkan juga harus dijaga kebersihannya. Barang yang akan dikemas, disemprot dengan desinfektan terlebih dahulu. Setelah pengemasan juga dilakukan penyemprotan. Semua kantor menginstruksikan untuk menyemprotkan desinfektan ke semua paket dan cabang yang akan dikirimkan.

2.                  Menyediakan Layanan Pemesanan Tanpa Kontak 

Salah satu layanan pesan barang online menghindari kemungkinan adanya penularan antara mitra driver dengan pelanggan. Pelanggan akan mengikuti panduan dari aplikasi yang digunakan untuk melakukan Pemesanan Tanpa Kontak. Tersedia tiga langkah mudah dalam aplikasi.

Langkah yang pertama yaitu pelanggan dapat meminta driver untuk meletakkan pemesanan di luar pintu atau di lokasi yang sudah ditentukan. Saat sudah sampai lokasi, driver akan memberitahukan pelanggan kemudian meletakkan pesanannya. Selanjutnya driver akan menunggu pelanggan untuk mengambil pesanan dan berjarak kurang lebih 2 meter dari pelanggan.

Langkah selanjutnya, pelanggan akan diberikan pilihan untuk via pembayarannya. Perusahaan akan menyarankan pembayaran nontunai. Namun, jika pembayaran secara tunai tetap dilakukan, pelanggan dapat memasukkannya dalam amplop kemudian menaruhnya di tempat pemesanan yang sebelumnya telah ditentukan antara keduanya.

3.                  Memperluas Wilayah Jangkau Layanan

Agar barang yang didistribusikan tidak menurun signifikan, beberapa usaha logistik memperluas jangkauan wilayah pemesanan regional menjadi nasional. Selain untuk kepentingan usaha, hal ini juga memudahkan publik dalam memenuhi kebutuhannya. Publik tetap bisa melakukan pengiriman on-demand saat diberlakukan social distancing

  • Inventory
  • Business
  • Pandemic
  • Artikel Terkait