Pelajari lebih lanjut bagaimana SystemEver sangat tepat untuk bekerja remote Lihat Video Tutorial. 

Artikel

SystemEver, Software Manajemen Inventory Terbaik di Indonesia

SystemEver, Software Manajemen Inventory Terbaik di Indonesia

SystemEver, Software Manajemen Inventory Terbaik di Indonesia – Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan kata manajemen dan inventory. Secara sederhana, manajemen berarti sistem pengelolaan yang bertujuan untuk membuat sesuatu menjadi baik, rapi dan efektif. Sementara, inventory merupakan persediaan bahan atau barang yang disimpan untuk tujuan tertentu, misal untuk memenuhi kebutuhan produksi atau langsung dijual.

Jika digabungkan, manajemen inventory mempunyai arti sistem pengelolaan yang berkaitan dengan aktivitas persediaan bahan atau barang dalam suatu usaha (perusahaan). Dalam sebuah perusahaan manajemen inventory merupakan salah satu hal penting dan membutuhkan pengelolaan yang tepat. Dengan adanya manajemen inventory, perusahaan mampu merencanakan dan mengendalikan persediaan bahan atau barang agar tidak berlebihan atau kekurangan, sehingga keuntungan dan kelancaran bisnis dapat tercapai. Intinya, perusahaan tidak mau rugi karena kelebihan atau kekurangan persediaan.

Sistem Manajemen Inventory dan Manfaatnya


Sistem manajemen inventory awalnya hanya berfungsi sebagai spread sheet sederhana yang berguna untuk melacak persediaan. Namun, di zaman sekarang ini sistem manajemen inventory telah dilakukan dengan menerapkan teknologi berupa software, baik itu berbasis cloud maupun tidak.

Software ini berguna untuk membantu proses serta prosedur yang mengawasi pemantauan dan pemeliharaan persediaan yang disimpan perusahaan, sehingga secara otomatis dapat diperbaharui. Software ini juga membantu memonitor persediaan secara real time dan mampu merencanakan pembelian dari supplier dan produsen.

Nah, kalau sudah ada gambaran tentang apa itu manajemen sistem inventory, sekarang Anda harus tahu tentang manfaat sistem manajemen inventory.

1.       Menghindari Terjadinya Kekurangan Persediaan

Sistem manajemen inventory yang buruk bisa menyebabkan perusahaan mengalami kekurangan persediaan, baik  itu berupa bahan baku atau barang siap jual. Dengan adanya sistem manajemen inventory, perusahaan dapat mengantisipasi kekurangan maupun keterlambatan persediaan, sehingga tidak menghambat proses produksi. Atau ketika pembeli yang datang, persediaan barang selalu ada.

 

2.       Peningkatan Pelayanan

Pengintegrasian persediaan dengan penjualan melalui sistem manajemen inventory akan memungkinkan otomatisasi untuk memenuhi permintaan dengan mudah. Setiap ada permintaan dari pelanggan, maka akan segera direspon karena otomatis terhubung dengan ketersediaan barang di gudang atau di toko.

 

3.       Pengontrolan Persediaan

Ketika sistem manajemen inventory dikolaborasikan dengan software akuntansi, maka memungkinkan akses terhadap data-data persediaan sehingga mampu digunakan sebagai pengontrol. Ketersediaan data ini memudahkan pengambilan keputusan terkait persediaan dan biaya yang dibutuhkan. 

 

4.       Menghemat Biaya

Sistem manajemen inventory menghindari perusahaan dari kemungkinan kerugian karena penyimpanan persediaan yang berlebih, pembelian barang yang berlebih dan tidak perlu, serta keterlambatan pengiriman.

 

5.       Efektif

Dengan adanya sistem manajemen inventory, berbagai macam laporan, mulai dari laporan harian, bulanan, trisemester, hingga tahunan dapat dibuat dengan cepat dan mudah. Hal ini sesuai dengan perkembangan zaman yang menuntut apa-apa serba cepat.

 

ERP untuk Manajemen Inventory


ERP atau Enterprise Resource Planning merupakan sebuah software yang dibuat untuk membantu pengelolaan perusahaan atau  kegiatan bisnis manufaktur dengan cara mengintegrasikan seluruh aktivitas di perusahaan atau bisnis. Nah, software ERP akan membantu mengintegrasikan semua aktivitas dan data transaksi yang ada dalam perusahaan, seperti gudang, pabrik, akuntansi, keuangan, distribusi, dan lainnya.

 

Software sistem ERP digunakan oleh user, yaitu Sumber Daya Manusia (SDM) atau karyawan yang langsung menjalankan proses operasional di bagian/divisi/departemen masing-masing. Karyawan ini bertugas memasukan data atau informasi sesuai job desk

 

ERP merupakan salah satu solusi yang dapat membantu masalah dalam manajemen inventory. Sebagai contoh, sebelum mengenal sistem ERP semua masih dijalankan secara manual. Ketika owner bertanya tentang sisa bahan baku, maka yang harus dilakukan adalah melakukan peninjauan ke lokasi penyimpanan bahan baku atau menanyakan ke pegawai bagian gudang. Tidak bisa langsung mengetahui berapa banyak persediaan yang tersisa, kapan harus restock, dan kapan estimasi persediaan akan habis. Dengan adanya sistem ERP, owner bisa langsung mendapatkan data yang diinginkan. 

 

Mengapa Perusahaan Perlu Menggunakan Sistem Cloud ERP?

Seperti ilustrasi yang disampaikan di atas, salah satu alasan mengapa perusahaan perlu menggunakan sistem cloud ERP adalah agar mengetahui dan mendapatkan data dengan cepat sehingga menghindari kejadian buruk, seperti kehabisan bahan baku. 

 

Contoh lain, untuk menghindari barang expired di gudang yang tidak terjual karena faktor human error, yaitu risiko penghitungan secara manual. Selain itu, sistem cloud ERP juga membuat perusahaan menghemat tenaga dan pengeluaran karena tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk staff IT.

 

Sistem ERP bisa mengintegrasikan aliran data atau informasi dari beberapa departemen terkait yang berimplikasi langsung pada transaksi bisnis dengan keuangan secara real time sehingga memungkinan pengelola atau pemilik bisnis di kalangan top level manajemen untuk membuat keputusan yang lebih baik.

 

Cloud ERP SystemEver untuk Sistem Manajemen Inventory


Pengelolaan persediaan dengan implementasi sistem manajemen inventory menjadi satu keharusan bagi setiap perusahaan yang memiliki persediaan. Keberadaan cloud ERP dalam sistem manajemen inventory akan memberikan kemudahan pengintegrasian aliran data dan informasi antar departemen sehingga memungkinkan terjadinya banyak kegiatan bisnis dalam satu waktu.

 

Penggunaan cloud ERP juga akan menutup peluang terjadinya manipulasi data dapat menggenjot produktivitas karena pemilik perusahaan dapat mengawasi secara langsung proses kerja yang terjadi.

 

Memilih Cloud ERP SystemEver Menjadi Solusi Terbaik


Ada banyak sistem ERP yang berkembang di era digital sekarang ini. Secara khusus, kali ini akan merekomendasikan salah satu cloud ERP terbaik yang bisa dijadikan pilihan, yaitu SystemEver. Software ini dikembangkan oleh perusahaan asal Korea Selatan, negara yang terkenal dengan teknologinya, yaitu Younglimwon ( ) Softlab Co., Ltd.

 

Younglimwon ( ) Softlab Co., Ltd, selama 28 tahun mengembangkan teknologi ERP dan sudah melayani lebih dari 1.800 pelanggan dari berbagai negara, seperti Vietnam, Jepang, Cina, dan Indonesia.

 

SystemEver masuk ke Indonesia pada tahun 2017. Systemever diciptakan untuk mendukung bisnis atau perusahaan skala menengah dam berkembang. SystemEver memiliki keunggulan, yaitu adanya fitur Visual-K sehingga pengguna lebih mudah menggunakan sistem ERP. Pengguna dapat mengetahui setiap proses dan menyelesaikannya dengan cepat. Semua daily task atau pekerjaan harian yang dibutuhkan berada dalam satu layar. SystemEver juga menjadi satu-satunya sistem cloud ERP yang menerapkan visual menu di Asia.

 

Keunggulan lain adanya Consultant-K yang membantu perusahaan melakukan konfigurasi Systemever dengan mudah dan tidak memerlukan staff IT khusus.

 

SystemEver juga dikemas dengan inovatif, serta tidak terbatas waktu dan lokasi sehingga pengguna bisa bekerja dengan fleksibel. Fleksibilitas dan keandalan jaringan cloud yang ditawarkan sistem cloud ERP SystemEver juga sesuai dengan perkembangan dunia digital. Hal ini menjadikan SystemEver bisa menjadi solusi cloud ERP yang cocok untuk perusahan.

 

Kesimpulannya, kehadiran SystemEver sebagai sofware unggulan sistem cloud ERP dalam manajemen inventory akan memberikan kemudahan untuk pengguna. Mendorong pelaku usaha untuk meningkatkan kapasitas dan usaha sehingga bisa berkembang ke level yang lebih baik.

 

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu ya!

Artikel Terkait