MY MENU

Blog

Judul
10 Strategi Pemasaran Bisnis yang Dahsyat dengan Dana Terbatas
Tanggal Diciptakan
02/14/2020
Lampiran0
Views
530
Konten


Jika Anda seorang pengusaha, pastinya Anda sudah memikirkan bagaimana strategi pemasaran bisnis yang tepat untuk membuat bisnis Anda berkembang pesat. Sebagus-bagusnya produk dan jasa Anda, jika tidak dipasarkan dengan tepat, bisnis Anda pun tidak akan berjalan optimal.

Bahkan boleh jadi, Anda akan mengalami kerugian. Karena kompetitor makin gesit melakukan ekspansi marketing yang menarik. Tujuannya agar hal seperti ini tidak terjadi, Anda harus terlebih dahulu merumuskan objektivitas dari bisnis Anda, mengenali dan menganalisis secara mendalam potensi yang bisa Anda kembangkan, mengenali target market (konsumen) serta beradaptasi sesuai dengan tren yang berkembang.

Menentukan strategi marketing yang tepat juga berpengaruh pada alokasi bujet. Tak dipungkiri, marketing membutuhkan dana yang tidak kecil. Namun begitu, faktor dana juga tidak bisa menjadi ukuran sebuah proses marketing berhasil sesuai harapan.

Strategi Pemasaran Bisnis dengan Dana/Budget Minim




Anda yang memiliki dana terbatas tetap bisa memperoleh hasil maksimal, jika strategi yang Anda rumuskan tepat sasaran. Berikut ini adalah beberapa strategi pemasaran jika dana anda terbatas yang bisa dipertimbangkan:

1. Melakukan barter produk dengan influencer yang akan mempromosikan produk Anda di media social.

Benefit lainnya, Anda bisa juga memberikan persentasi keuntungan jika produk Anda terjual.

2. Memanfaatkan media promosi gratis, seperti media social.

Meski media social juga menawarkan layanan Ads, tetapi setidaknya Anda bisa mencoba melakukan promosi di media social yang gratis dahulu (regular) untuk melihat respon pasar.

Anda bisa juga menggunakan Ads dengan memilih bujet yang tidak begitu besar. Buatlah konten caption, banner, foto atau video yang menarik customer sehingga mereka tertarik untuk membeli.

3. Berjejaring dengan grup-grup hobies atau komunitas yang relevan dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Jangan sayang memberikan produk gratis (free trial) jika komunitas mengadakan kegiatan atau event.

Semakin aktif Anda menyebarkan produk Anda pada kegiatan komunitas, produk Anda berpeluang besar untuk semakin dikenal. Memberikan produk juga bisa menjadi wahana tes market.

4. Mengadakan give away

Anda bisa menyelenggarakan giveaway atau kuis-kuis kreatif berhadiah produk atau hadiah menarik lainnya.


5. Apresiasikanlah kepada setiap pelanggan yang memberikan testimoni dan loyal.

Bisa dalam bentuk hadiah, potongan harga, atau previledge lainnya. Atau Anda bisa memberikan hadiah khusus di hari istimewa mereka.

Perhatian Anda terhadap mereka memberikan kesan mendalam dan membentuk loyalitas. Jika pelanggan sudah loyal, mereka akan menjadi "marketer" yang andal loh. Mereka pakai, puas dan merekomendasikan kepada teman-temannya.

6. Investasi pada website

Di era digital, keberadaan website sudah menjadi kebutuhan. Website selain berguna untuk mempromosikan produk Anda, juga untuk memupuk kepercayaan pelanggan. Buatlah website yang profesional, disertai dengan profil produk yang jelas, edukatif dan tidak memberikan informasi yang berlebihan.

Sertakan alamat dan kontak yang jelas sehingga mempermudah pelanggan mendapatkan informasi lebih detil dan memesannya. Pastikan website Anda mobile friendly, karena saat ini banyak orang mengakses informasi melalui gawai.

7. Menggunakan Layanan Jasa SEO Website

Mesin pencari Google terisi berjuta informasi. Agar produk yang Anda tawarkan bisa menduduki halaman-halaman muda Google (page 1 – 5), Anda perlu menggunakan jasa SEO (Search Engine Optimization) yang profesional.

SEO selain berguna untuk menaikkan informasi produk Anda pada halaman terdepan Google, juga dapat digunakan untuk mencari insight dari kompetitor.

8. Bekerja sama dengan blogger dan influencer

Blogger sekarang telah menjadi mitra promosi yang diperhitungkan. Blogger yang memiliki kemampuan menulis yang baik dan skill SEO bisa Anda libatkan untuk kerja sama promosi.

Untuk bujet menggunakan blogger sangat variatif dan bisa Anda negosiasikan. Begitu pula dengan influencer. Pilihlah baik blogger dan inflluencer yang mendekati dengan niche produk Anda. Mengingat sesungguhnya mereka adalah calon konsumen dan brand ambassador dari produk yang mereka promosikan.

9. Melibatkan tenaga pemasaran di luar perusahaan Anda dengan menggunakan metode afiliasi.

10. Menggunakan Cloud Sistem ERP

Tujuannya untuk memaksimalkan fungsi manajemen berjalan dengan baik. Untuk memaksimalkan strategi pemasaran yang Anda lakukan, tentunya harus ada pendukung sistem manajemen berbasis ERP yang tepat.



Sistem ERP akan memudahkan Anda mengatur stok penjualan, distribusi, inventory, logistic dan sebagainya. Bahkan Anda bisa dengan mudah mengontrol dan memberikan insentif kepada tenaga pemasaran yang terlibat.

Software sistem ERP dari SystemEver bisa menjadi solusi manajemen bisnis Anda. Tinggal ceritakan saja kebutuhan bisnis Anda, Consultant-K dari SystemEver, siap memberikan asistensi dan konsultasi yang pas sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang Anda miliki.

Strategi pemasaran bisnis yang dahsyat butuh konsistensi dalam penerapannya sehingga memberikan dampak produktivitas yang maksimal. Selamat mencoba ya, good luck!

Salin URL

Pilih semua URL dibawah untuk disalin

Edit komentar

Masukkan kata sandi untuk mengedit postingan

Hapus komentarHapus postingan

Masukkan kata sandi untuk menghapus postiingan