MY MENU

Blog

Judul
5 Trik Menjadi Distributor yang Sukses dan Profesional
Tanggal Diciptakan
05/16/2020
Lampiran0
Views
392
Konten
Distributor adalah sebuah agen pemasaran yang menjadi perantara antara pembeli dengan produsen penghasil produk.

Sederhananya, peran distributor di sini adalah untuk memudahkan proses pengiriman barang yang dibutuhkan pelanggan dengan tepat waktu dan harga yang terjangkau sehingga pembeli bisa tertarik dan tidak melakukan pembelian langsung ke produsen.

Loyalitas pelanggan kepada distributor menjadi indikator berhasilnya bisnis distributor.

Tips Trik Menjadi Distributor yang Sukses




Bagaimana cata, tips dan trik menjadi distributor yang sukses? simak tips berikut ini:

1. Menjaga kepercayaan yang diberikan oleh pelanggan

Trik yang pertama ini menjadi kunci kesuksesan bagi bisnis distributor agar tetap diminati konsumen.

Jika konsumen tidak memberikan kepercayaan, distributor akan kehilangan klien dalam pengiriman barang.

Hindarilah kesalahan-kesalahan kecil yang bisa mengurangi kepercayaan konsumen. Kesalahan yang kerap diabaikan diantaranya, mendahulukan klien yang memesan dalam jumlah besar.

Ini bisa mengurangi kepercayaan klien karena dianggap tidak penting. Sebaiknya utamakan klien  yang terlebih dahulu memesan. Dengan perlakuan seperti itu, klien akan merasa dihargai dan diperhatikan.

2. Menggunakan sistem ERP distributor

Makin meningkatnya jumlah permintaan barang, tak jarang pembeli menginginkan proses pengiriman dalam waktu yang relatif cepat.

Distributor harus mampu memenuhi permintaan dari konsumen terkait waktu yang telah disepakati. Ini menyangkut kepercayaan konsumen. Jika terlambat sedikit saja, Anda bisa kehilangan pelanggan.

Solusi untuk kecepatan dan ketepatan dalam layanan, pelaku bisnis distributor sebaiknya menerapkan sistem ERP dalam bisnisnya. Kelebihan dari sistem ERP ini adalah mempercepat waktu, serta mengurangi jumlah tenaga pengiriman.

Anda pun bisa memantau pergerakan barang, stok, dan kordinasi antar bagian secara real time dari berbagai perangkat device atau telekomunikasi.

Software ERP berbasis Cloud dari SystemEver Indonesia dapat membantu Anda mengembangkan bisnis distribusi yang terpecaya baik dimata produsen maupun konsumen.

3. Memonitor arus kas secara teratur

Trik menjadi distributor yang sukses selanjutnya adalah mampu merancang dan mengelola manajemen keuangan secara cepat dan terautomisasi.

Semisal, begitu ada transaksi yang masuk atau keluar bisa terupdate secara real time. Begitu pula, Anda bisa mengontrol setiap tagihan dan piutang atau sejumlah kewajiban bisnis yang harus dipatuhi waktunya.

Dengan informasi yang terintegrasi antar bagian, Anda bisa dengan mudah melakuan eksekusi dan prediksi. Di sinilah dibutuhkan sistem ERP dalam manajemen akuntasi bisnis distribusi Anda.

4. Kontrol persediaan barang




Untuk sukses menjadi distributor yang sukses, Anda harus dapat menjamin ketersediaan stok barang di gudang, termasuk juga kualitasnya.

Jangan sampai ada keterlambatan pengiriman yang menyebabkan barang Anda menjadi kadaluarsa.

Terutama untuk bisnis distributor makanan atau consumer goods, Anda harus selalu mengontrol tanggal masuk dan tanggal keluar yang tepat.

Buatlah sistem inventory untuk mengetahui jumlah dan kebutuhan barang secara realtime. Manajemen distribusi yang menerapkan sistem ERP juga akan mengatur inventory barang dengan efektif.

Selain itu, pastikan juga stok yang diperlukan supaya tidak terjadi kerugian. Konsumen akan senang, jika barang yang dipesan tersedia.

Seandainya pun stok barang tidak tersedia, upayakan agar tidak membuat konsumen menunggu lama.

Dengan demkian, konsumen akan percaya dengan kualitas distributor dalam memberikan pelayanan.

5. Jika menerapkan sistem pembelian secara kredit, perhatikan kemampuan konsumen dan  term waktunya

Supaya tetap untung namun tetap memudahkan konsumen memiliki produk yang dibutuhkan, Anda bisa membuat sistem pembelian secara angsuran atau kredit.

Namun dalam memberikan kredit, sebaiknya berikan waktu yang tidak terlalu lama agar distribusi berjalan lancar.

Karena tak jarang, beberapa distributor memberikan kredit tanpa pertimbangan akan kemampuan konsumen dalam membayar. Akibatnya dapat menghambat roda bisnis distributor juga.

Distributor harus bisa melihat kondisi di lapangan dan target marketnya. Kebutuhan dan kenyamanan konsumen memang harus diperhatikan, tetapi juga harus berfikir pada kesinambungan bisnis. Bagaimanapun, bisnis itu membutuhkan arus kas pendapatan yang lancar.

Demikian adalah 5 Trik Menjadi Distributor yang Sukses, tentu untuk mengelola bisnis agar efektif dan efisien Anda memerlukan alat bantu seperti software sistem ERP untuk mengelola inventory, arus kas dan sebagainya secara terintegrasi. SystemEver Indonesia siap mendukung bisnis Anda menjadi lebih baik lagi - SystemEver Making Your Business Better.

Salin URL

Pilih semua URL dibawah untuk disalin

Edit komentar

Masukkan kata sandi untuk mengedit postingan

Hapus komentarHapus postingan

Masukkan kata sandi untuk menghapus postiingan