MY MENU

Blog

Judul
SystemEver, Software Manajemen Inventory Terbaik di Indonesia
Tanggal Diciptakan
10/31/2020
Lampiran0
Views
22
Konten
Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan kata manajemen dan inventory. Secara sederhana, manajemen berarti sistem pengelolaan yang bertujuan untuk membuat sesuatu menjadi baik, rapi dan efektif.

Sementara, inventory merupakan persediaan bahan atau barang yang disimpan untuk tujuan tertentu, misal untuk memenuhi kebutuhan produksi atau langsung dijual.

Jika digabungkan, manajemen inventory mempunyai arti sistem pengelolaan yang berkaitan dengan aktivitas persediaan bahan atau barang dalam suatu usaha (perusahaan).

Dalam sebuah perusahaan manajemen inventory merupakan salah satu hal penting dan membutuhkan pengelolaan yang tepat.

Baca artikel cara mengelola sistem manajemen inventory yang efektif untuk meningkatkan minat belanja konsumen dari Kami.

Dengan adanya manajemen inventory, perusahaan mampu merencanakan dan mengendalikan persediaan bahan atau barang agar tidak berlebihan atau kekurangan.

Sehingga keuntungan dan kelancaran bisnis dapat tercapai. Intinya, perusahaan tidak mau rugi karena kelebihan atau kekurangan persediaan.

Sistem Manajemen Inventory dan Manfaatnya




Sistem manajemen inventory awalnya hanya berfungsi sebagai spread sheet sederhana yang berguna untuk melacak persediaan.

Namun, di zaman sekarang ini sistem manajemen inventory telah dilakukan dengan menerapkan teknologi berupa software, baik itu berbasis cloud maupun tidak.

Software ini berguna untuk membantu proses serta prosedur yang mengawasi pemantauan dan pemeliharaan persediaan yang disimpan perusahaan, sehingga secara otomatis dapat diperbaharui.

Software ini juga membantu memonitor persediaan barang secara real-time dan mampu merencanakan pembelian dari supplier dan produsen.

Nah, kalau sudah ada gambaran tentang apa itu manajemen sistem inventory, sekarang Anda harus tahu tentang manfaat sistem manajemen inventory.

1. Menghindari Terjadinya Kekurangan Persediaan

Pengelolaan software manajemen inventory yang buruk bisa menyebabkan perusahaan mengalami kekurangan persediaan, baik itu berupa bahan baku atau barang siap jual.

Dengan adanya sistem manajemen inventory, perusahaan dapat mengantisipasi kekurangan maupun keterlambatan persediaan.

Sehingga tidak menghambat proses produksi atau ketika pembeli yang datang, persediaan barang selalu ada.

2. Peningkatan Pelayanan

Pengintegrasian persediaan dengan sistem penjualan dan distribusi melalui manajemen inventory system akan memungkinkan otomatisasi untuk memenuhi permintaan dengan mudah.

Setiap ada permintaan dari pelanggan, maka akan segera direspon karena otomatis terhubung dengan ketersediaan barang di gudang atau di toko.

3. Pengontrolan Persediaan

Ketika sistem manajemen inventory dikolaborasikan dengan software akuntansi, maka memungkinkan akses terhadap data-data persediaan sehingga mampu digunakan sebagai pengontrol.

Ketersediaan data ini memudahkan pengambilan keputusan terkait persediaan dan biaya yang dibutuhkan.

4. Menghemat Biaya

Pemilihan aplikasi inventory barang yang tepat dapat menghindari perusahaan dari kemungkinan kerugian karena penyimpanan persediaan yang berlebih, pembelian barang yang berlebih dan tidak perlu, serta keterlambatan pengiriman.

5. Efektif

Dengan adanya sistem manajemen inventory, berbagai macam laporan, mulai dari laporan harian, bulanan, trisemester, hingga tahunan dapat dibuat dengan cepat dan mudah.

Hal ini sesuai dengan perkembangan zaman yang menuntut apa-apa serba cepat.

Sistem ERP untuk Manajemen Inventory




Sistem ERP (Enterprise Resource Planning) merupakan sebuah software yang dibuat untuk membantu pengelolaan perusahaan atau kegiatan bisnis manufaktur dengan cara mengintegrasikan seluruh aktivitas di perusahaan atau bisnis.

Nah, software ERP akan membantu mengintegrasikan semua aktivitas dan data transaksi yang ada dalam perusahaan, seperti gudang, pabrik, akuntansi, keuangan, pengelolaan sistem distribusi barang, dan lainnya.

Baca juga: Solusi Sistem ERP Manajemen Distribusi Terbaik yang Handal

Software sistem ERP digunakan oleh user, yaitu Sumber Daya Manusia (SDM) atau karyawan yang langsung menjalankan proses operasional di bagian/divisi/departemen masing-masing. Karyawan ini bertugas memasukan data atau informasi sesuai job desk.

Software cloud ERP Systemever merupakan salah satu solusi terbaik yang dapat membantu masalah dalam manajemen inventory.

Sebagai contoh, sebelum mengenal sistem ERP semua masih dijalankan secara manual.

Ketika owner bertanya tentang sisa bahan baku, maka yang harus dilakukan adalah melakukan peninjauan ke lokasi penyimpanan bahan baku atau menanyakan ke pegawai bagian gudang.

Tidak bisa langsung mengetahui berapa banyak persediaan yang tersisa, kapan harus restock, dan kapan estimasi persediaan akan habis.

Dengan adanya sistem ERP, owner bisa langsung mendapatkan data yang diinginkan dengan mudah dan cepat hanya melalui genggaman tangan.

Baca juga: Cara Mengelola Sistem ERP Perusahaan Agar Tetap Optimal

Mengapa Perusahaan Perlu Menggunakan Sistem Cloud ERP?




Seperti ilustrasi yang disampaikan pada poin alur kinerja sistem ERP untuk manajemen inventory, sistem penjualan dan persediaan.

Salah satu alasan mengapa perusahaan perlu menggunakan sistem cloud ERP adalah agar mengetahui dan mendapatkan data dengan cepat sehingga menghindari kejadian buruk, seperti kehabisan bahan baku.

Contoh lain, untuk menghindari barang expired di gudang yang tidak terjual karena faktor human error, yaitu risiko penghitungan secara manual.

Selain itu, sistem cloud ERP Systemever Indonesia juga membuat perusahaan menghemat tenaga dan pengeluaran karena tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk staff IT.

Sistem ERP dapat mengintegrasikan aliran data atau informasi dari beberapa departemen terkait yang berimplikasi langsung pada transaksi bisnis dengan keuangan secara real-time.

Sehingga memungkinan pengelola atau pemilik bisnis di kalangan top level manajemen untuk membuat keputusan yang lebih baik.

Cloud ERP SystemEver untuk Sistem Manajemen Inventory




Pengelolaan sistem manajemen persediaan dengan implementasi sistem inventory manajemen menjadi satu keharusan bagi setiap perusahaan yang memiliki persediaan.

Keberadaan cloud ERP dalam sistem manajemen inventory akan memberikan kemudahan pengintegrasian aliran data dan informasi antar departemen sehingga memungkinkan terjadinya banyak kegiatan bisnis dalam satu waktu.

Penggunaan dan pemilihan aplikasi cloud ERP yang tepat juga akan menutup peluang terjadinya manipulasi data dapat menggenjot produktivitas karena pemilik perusahaan dapat mengawasi secara langsung proses kerja yang terjadi.

Memilih Cloud ERP SystemEver Menjadi Solusi Terbaik




Ada banyak sistem ERP yang berkembang di era digital dan industri 4.0 seperti sekarang ini.

Secara khusus, kami merekomendasikan salah satu sistem cloud ERP terbaik yang bisa dijadikan pilihan, yaitu SystemEver Indonesia.

Yang perlu Anda ketahui, software sistem ERP Systemever dikembangkan oleh perusahaan asal Korea Selatan, negara yang terkenal dengan teknologinya, yaitu YoungLimWon (永 林 院) Softlab Co.,Ltd.

YoungLimWon (永 林 院) Softlab Co.,Ltd selama 28 tahun mengembangkan teknologi ERP dan sudah melayani lebih dari 1.800 pelanggan dari berbagai negara, seperti Vietnam, Jepang, Cina, dan Indonesia.

SystemEver masuk ke Indonesia pada tahun 2017. Systemever diciptakan untuk mendukung bisnis atau perusahaan skala menengah dam berkembang.

SystemEver Indonesia memiliki keunggulan, yaitu adanya fitur Visual-K sehingga pengguna lebih mudah menggunakan teknologi sistem ERP kualitas dunia.

Pengguna dapat mengetahui setiap proses dan menyelesaikannya dengan cepat. Semua daily task atau pekerjaan harian yang dibutuhkan berada dalam satu layar.

Selain itu, SystemEver juga menjadi satu-satunya vendor sistem cloud ERP terbaik yang menerapkan Visual Menu yang User Friendly di Asia Tenggara.

Keunggulan lain adanya Consultant-K yang membantu perusahaan melakukan konfigurasi Systemever Indonesia dengan mudah, cepat dan tidak memerlukan staff IT khusus.

SystemEver juga dikemas dengan inovatif, serta tidak terbatas waktu dan lokasi sehingga pengguna bisa bekerja dengan fleksibel.

Fleksibilitas dan keandalan jaringan cloud yang ditawarkan sistem cloud ERP SystemEver Indnesia juga sesuai dengan perkembangan dunia digital.

Hal ini menjadikan SystemEver bisa menjadi sebuah solusi cloud ERP terbaik yang cocok untuk perusahaan menengah ke atas dan ukm di Indonesia.

Kesimpulannya, kehadiran SystemEver Indonesia sebagai software unggulan sistem cloud ERP manajemen inventory akan memberikan kemudahan untuk pengguna.

Mendorong pelaku usaha untuk meningkatkan kapasitas dan usaha sehingga bisa berkembang ke level yang lebih baik.

Salin URL

Pilih semua URL dibawah untuk disalin

Edit komentar

Masukkan kata sandi untuk mengedit postingan

Hapus komentarHapus postingan

Masukkan kata sandi untuk menghapus postiingan