MY MENU

Blog

Judul
3+ Elemen Sistem ERP Manajemen Inventory Bagi Bisnis Kosmetik
Tanggal Diciptakan
11/01/2020
Lampiran0
Views
29
Konten
Saat ini Indonesia bisa dikatakan mempunyai produk-produk yang ternama di dalam bisnis kecantikan. Industri kosmetik yang dimaksud adalah meliputi produk kosmetik (make-up), skincare (perawatan kulit), perawatan diri, dan wewangian.

Sepanjang tahun 2019, industri kecantikan sendiri bisa mencatat pertumbuhan hampir mencapai angka 6%.

Namun, adanya pandemi seperti sekarang mengubah kinerja bisnis kecantikan di pertengahan tahun pertama 2020.

Jelas terdapat perbedaan dalam hal penggunaan kosmetik dalam (hal ini make up) yang semakin berkurang. Hal ini disebabkan karena aktivitas masyarakat lebih banyak di dalam rumah.



Selain itu, beberapa toko penjual kosmetik di pusat perbelanjaan pun tak bisa buka selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), baik di DKI Jakarta, maupun di kota-kota lain.

Bahkan klinik kecantikan pun harus tutup di tengah pandemi karena pelayanannya kebanyakan membutuhkan intensitas kontak fisik yang cukup tinggi.

Meskipun demikian, industri kecantikan Indonesia tetap mampu bertahan dan bertumbuh.

Berdasarkan infografis data statistik pada Alinea.id, menunjukkan pendapatan industri kecantikan Indonesia adalah sebesar US$7,095 miliar atau senilai Rp 99,33 triliun pada 2020 atau tumbuh sebesar 2,84% dari tahun sebelumnya.

Namun, pertumbuhan ini masih lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya, yakni 2019 mencapai 5,59%.

Apa sih Masalah Bisnis Kosmetik Saat Ini?




Pandemi COVID-19 adalah bencana nasional yang telah menyebabkan begitu banyak korban dan kerugian.

Mulai dari sisi kesehatan banyak masyarakat yang terjangkit hingga mengalami kematian.

Dari segi ekonomi, banyak perusahaan menengah ke bawah terpaksa gulung tikar. Ada pula yang mampu bertahan, tetapi harus mengurangi jam kerja dan jumlah karyawan.

Dampak ekonomi ini pun turut dirasakan oleh industri kosmetik, terutama UKM, mengingat turunnya permintaan masyarakat akan produk tersebut.

Apabila kondisi ini tidak diatasi dengan baik maka akan memberikan dampak berupa ketidakberlangsungan usaha, dan ketidaksiapan dalam menghadapi persaingan, pasca masa pandemi mendatang.

Baca ulasan Kami tentang hikmah pandemi COVID-19 terhadap bisnis digital di Indonesia.

Problem industri kosmetik dan perawatan kulit (skincare) saat masa pandemi ini adalah kesulitan mendapatkan bahan baku produk dan kemasan.

Serta tantangan untuk memasarkan produk-produk yang masih ada stoknya di gudang maupun di pasaran.

Pentingnya Manajemen Inventory Berbasis Cloud ERP untuk Bisnis Kosmetik




Semua perusahaan atau industri berusaha untuk tetap bertahan dengan menggunakan bahan baku pengganti yang sesuai dengan standar.

Selain itu, mereka juga mengganti strategi agar bisnis tetap mampu bertahan meski banyak kekurangan yang dapat menghambat jalannya bisnis.

Salah satunya dengan melengkapi perusahaan dengan software ERP sistem manajemen inventory terbaik berbasis cloud.

ERP (Enterprise Resources Planning) sistem manajemen inventory sendiri merupakan sebuah teknologi perangkat lunak dengan sistem khusus yang bekerja untuk mengintegrasikan semua fungsi organisasi dalam sebuah perusahaan atau bisnis.

Bukan hanya berfungsi untuk mempermudah jalannya bisnis, ERP sistem manajemen inventory ini berfungsi agar dapat meminimalisir biaya-biaya operasional perusahaan serta menyederhanakan seluruh operasi bisnis kosmetik salah satunya.


Elemen Penting Cloud ERP Manajemen Inventory Untuk Bisnis Kosmetik




Pada sebuah software sistem cloud ERP manajemen inventory terdapat 3 elemen penting yang menjadi fokus dan membutuhkan perhatian lebih dari pemilik usaha atau bagi orang yang ingin jadi pengusaha sukses.

Elemen penting itu adalah perusahaan atau Enterprise, lalu ada sumber daya atau resource dan yang tak kalah penting adalah perencanaan atau planning.

Nah, sistem software ERP terbaik di Indonesia yakni SystemEver nantinya akan melakukan analisis terlebih dahulu terhadap sumber daya yang ada di dalam perusahaan kosmetik Anda.

Mulai dari sistem penerapan akuntansi dan finansial, bagian pengelolaan dan manajemen persediaan yang diterapkan.

Setelah itu, sistem ERP selanjutnya membuat perencanaan dan mengintegrasikannya dengan elemen perusahaan sehingga menciptakan kolaborasi yang efektif dan efisien.

Hal ini bertujuan agar pendataan menjadi lebih detail dan terperinci terkait aset-aset yang dimiliki perusahaan.

Selanjutnya adalah informasi ini nanti yang akan membantu pengusaha untuk mengambil keputusan terbaik dengan lebih mudah dan  akurat demi perkembangan perusahaan.

Solusi ERP Manajemen Inventory Systemever Untuk Bisnis Kosmetik




Sebenarnya, masalah terbesar dari perusahaan atau bisnis kosmetik saat ini bukan hanya bahan baku, SDM ataupun modal.

Kendati demikian ketiga hal ini juga tidak dapat diabaikan. Namun, kebanyakan terjadinya kolaps perusahaan atau bangkrut adalah buruknya sistem pengelolaan manajemen.

Banyak sekali pelaku bisnis kosmetik yang tampak kurang memperhatikan akan manajemen usahanya.

Mereka hanya berpatokan pada angka keuntungan sayangnya hal itu tidak dibarengi dengan baiknya pencatatan dan pengelolaan transaksi bisnis.

Padahal keuntungan nyata sebuah usaha itu bisa dilihat jika laporan rapi dan tertata dengan jelas.

Nah, untuk memudahkan pengelolaan bisnis dan manajemen inilah tentu sebuah bisnis perlu yang namanya sebuah sistem untuk mempermudah manajemen inventory seperti pendataan stok, pembelian, penjualan, cek tagihan dan laporan.

Sistem yang tepat untuk digunakan adalah software sistem ERP Systemever Indonesia.

Alasan memilih Manajemen Inventory Systemever Indonesia




Dalam memilih software ERP tentu saja Anda tak boleh sembarangan sebab hal itu berkaitan dengan sistem untuk mendukung perkembangan bisnis kosmetik yang Anda jalankan.

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan jika Anda memutuskan untuk menggunakan sistem cloud ERP Systemever.

Anda harus paham apa saja kebutuhan bisnis, seperti apa kemudahan integrasi, kemudian proses implementasi sampai pada pemilihan vendor pendukung yang tepat.

Kini SystemEver hadir untuk membantu permasalahan para pelaku bisnis kosmetik di Indonesia dalam perencanaan dan pengelolaan manajemen inventory bisnis atau perusahaan.

SystemEver sendiri merupakan sebuah sistem ERP yang mempunyai banyak fungsi dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis atau perusahaan mulai dari manajemen persediaan, keuangan, manufaktur, dan logistik, seperti bisnis kosmetik.

SystemEver merupakan sistem ERP terbaik dikelasnya dan direkomendasikan di Indonesia. Software ini mempunyai kemampuan andal dalam menjadikan aktivitas bisnis kosmetik yang Anda jalankan menjadi lebih sederhana.

Tak hanya bisa menghandle aktivitas di perusahaan manufaktur atau Small Medium Enterprise lainnya.


Tapi sistem software cloud ERP Systemever Indonesia juga bisa digunakan oleh para pelaku bisnis UKM yang sedang berkembang dan ingin lebih mensukseskan usaha kosmetiknya

Salin URL

Pilih semua URL dibawah untuk disalin

Edit komentar

Masukkan kata sandi untuk mengedit postingan

Hapus komentarHapus postingan

Masukkan kata sandi untuk menghapus postiingan