MY MENU

Blog

Judul
5 Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Kemasan untuk Industri Farmasi
Penulis
Administrator
Tanggal Diciptakan
12/18/2020
Lampiran0
Upvotes
0
Views
846
Konten
Sebagian besar perusahaan di bidang farmasi cenderung mengabaikan trend dan tantangan pada kemasan produk mereka.

Saat ini pada industri farmasi global terjadi pergeseran pada konsumsi di pasar global dari menggunakan kemasan obat-obatan yang memiliki standar biasa menjadi kemasan standar premium.



Pada salah satu perusahaan kemasan di Indonesia menyatakan bahwa pihaknya menambah kapasitas produk kemasan premium atau topline untuk memenuhi permintaan pasar dari negara-negara yang biasanya mengekspor produk kemasan dari Indonesia seperti Jepang dan Korea Selatan.

Perusahaan tersebut telah menambah kapasitas produksi kemasan premium (Topline) hingga 50% atau setara dengan 3,6 juta buah kemasan, secara konsolidasi perusahaan tersebut dapat memproduksi 775 juta ampul, 576 vial, dan 55 juta pipet gelas.


Meskipun di pasar global kemasan premium sudah marak digunakan oleh perusahaan perusahaan farmasi, namun kondisi saat ini di dalam negeri justru berbeda.

Di Indonesia trend menggunakan kemasan premium atau topline belum ada peminatnya lantaran para perusahaan farmasi masih menggunakan kemasan standar sebagai kemasan produk mereka.

Pada dasarnya kemasan standar masih mendominasi dalam sektor kemasan produk di dalam negeri.

Mungkin para perusahaan farmasi di Indonesia berusaha untuk lebih efisien dalam mengatur pengeluaran untuk budget kemasan sehingga dapat menekan harga produk menjadi lebih terjangkau.

Keuntungan dan Manfaat Smart Packaging Untuk Industri Farmasi




Selain mengikuti trend yang ada di pasar global, penggunaan smart packaging juga sangat penting diterapkan di industri farmasi di dalam negeri.

Menurut sebuah riset yang dilakukan oleh perusahaan riset pasar ternama di Amerika menyatakan bahwa dalam beberapa tahun ke depan, industri farmasi global akan didorong oleh masalah keamanan lantaran seringnya terjadi kasus pemalsuan produk dan kemampuan produk untuk menyesuaikan dengan jalur konektivitas dan komunikasi.

Seperti label pintar, pemindai QR, perlindungan merek, dan identifikasi produk adalah beberapa aspek-aspek yang menunjukkan bahwa industri smart packaging harus terus berkembang untuk melayani semua jenis bisnis.

Tidak diragukan lagi saat ini menerapkan teknik canggih seperti smart packaging pada Industri-industri farmasi di dalam negeri membutuhkan suatu proses yang cukup untuk memperkenalkan dan memberikan informasi mengenai manfaat penggunaan smart packaging dalam produk mereka.

Namun untuk menerapkan penggunaan smart packaging di tiap-tiap industri farmasi di Indonesia membutuhkan akomodasi yang agak besar.

Memang diperlukan penyesuaian dan pengenalan untuk memulai menggunakan produk kemasan smart packaging. Inilah beberapa manfaat smart packaging untuk kemasan produk farmasi:

1. Memberikan Informasi Tentang Pengaturan Suhu Produk

Jika obat obatan disimpan pada suhu yang tidak tepat, tidak hanya akan menimbulkan kerusakan pada produk namun juga dapat membahayakan konsumen ketika sampai di tangan mereka dan dikonsumsi.

Agar hal tersebut tidak terjadi menerapkan smart packaging pada produk industri farmasi menjadi solusi utamanya.

Dengan menerapkan smart packaging pada produk farmasi memungkinkan untuk membuat label yang menginformasikan tentang suhu produk ketika disimpan dan saat berada pada distribusi.

2. Membantu Konsumen dalam Penggunaan Produk

Manfaat selanjutnya dalam penerapan smart packaging pada produk farmasi yaitu dengan adanya tag NFC pada smart packaging di suatu produk farmasi dapat membuat konsumen merasa terbantu.

Tag NFC yang disertakan pada smart packaging dapat terhubung langsung dengan smartphone milik konsumen sehingga konsumen dapat mengetahui penggunaan dosis obat sebagaimana mestinya.

Informasi mengenai hal tersebut biasanya disampaikan secara interaktif melalui smartphone konsumen misalnya seperti melalui video.

3.  Dapat Dijadikan Monitor Mengenai Persediaan Produk

Smart packaging memiliki banyak manfaat bagi perusahaan-perusahaan terutama perusahaan farmasi guna untuk mengawasi stok produk mereka dan mengelola tingkat inventaris mereka dengan lebih baik.

Sensor yang ada pada smart packaging memungkinkan para perusahaan untuk dapat memeriksa jumlah stok yang tersedia.

Lalu menyesuaikan produksi dan pasokan agar sesuai untuk mencegah situasi kekurangan stok produk atau kelebihan stok produk.

4. Meningkatkan Uji Klinis

Manfaat selanjutnya yang didapat dari penggunaan smart packaging pada produk farmasi yaitu dapat melakukan uji klinis yang berfokus pada kepatuhan konsumen dalam mengkonsumsi produk farmasi tersebut.

Pada smart packaging yang menerapkan tag NFC akan memberikan informasi mengenai waktu yang tepat untuk mengkonsumsi obat dan mencatat waktu yang tepat dimana obat itu dikonsumsi.

Cloud ERP SystemEver




Software ERP SystemEver dapat menjadi solusi untuk meningkatkan efisiensi bisnis Anda. ERP SystemEver merupakan perusahaan teknologi terkemuka asal Korea Selatan yang saat ini sudah hadir di Indonesia.

Dengan adanya SystemEver dapat menjadikan bisnis Anda lebih efektif dan lebih efisien.

SystemEver merupakan software ERP berbasis Cloud yang sangat mudah digunakan serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda sehingga membantu untuk mengelola sistem akuntansi, laporan keuangan, inventori hingga manajemen pabrik yang terintegrasi dan real time.

Selain mudah untuk mengoperasikannya, sistem ERP manajemen inventory SystemEver juga dapat mudah diakses dari mana saja melalui PC atau desktop, tablet android, iPad, dan juga smartphone sehingga dapat memonitor bisnis Anda dimana saja tanpa perlu repot membuka PC.

Selain diperuntukkan untuk perusahaan besar, software sistem ERP SystemEver juga dirancang untuk mempermudah bisnis skala kecil dan menegah yang sedang berkembang untuk memaksimalkan pengelolaan sistem manajemen bisnis mereka.

SystemEver telah diluncurkan sejak tahun 2014 di Korea Selatan dan awal berkontribusi di Indonesia pada tahun 2017, serta telah digunakan di banyak negara diantaranya yaitu Korea, Cina, Jepang, Vietnam, dan Indonesia.

Dengan adanya SystemEver pada bisnis Anda akan membuat proses pertukaran informasi secara akurat dan cepat untuk menunjang kinerja pada bisnis Anda.

Anda dapat dengan mudah memonitor mengenai laporan keuangan, dan lainnya ketika berada di luar kantor atau pabrik, dengan begitu Anda tidak perlu repot untuk mengecek laporan satu persatu ketika tiba di kantor Anda.

Dengan semua kemudahan yang diberikan oleh sistem cloud ERP SystemEver dapat menghemat biaya pengeluaran Anda, biaya untuk tenaga kerja di bagian administrasi dapat berkurang.

Karena semua laporan administrasi telah terintegrasi secara otomatis di SystemEver serta Anda tidak perlu investasi peralatan IT yang mahal ataupun tenaga ahli.

Dari informasi ini bisa kita ketahui bahwa, peran desain kemasan yang baik dalam industri farmasi sangat berperan penting dalam penjualan farmasi itu sendiri.

Penggunaan smart packaging juga sangat penting diterapkan di industri farmasi di dalam negeri. Software sistem ERP SystemEver hadir menjadi solusi terbaik untuk meningkatkan efisiensi bisnis farmasi Anda.
0
0

Salin URL

Pilih semua URL dibawah untuk disalin

Edit komentar

Masukkan kata sandi untuk mengedit postingan

Hapus komentarHapus postingan

Masukkan kata sandi untuk menghapus postiingan