MY MENU

Blog

Judul
3 Tren Ekonomi Digital Terbaru di Dunia yang Harus Anda Ketahui
Penulis
Administrator
Tanggal Diciptakan
02/25/2021
Lampiran0
Upvotes
0
Views
239
Konten
Adanya tren ekonomi digital terbaru di era indstri 4.0 seperti saat ini memang mengubah pola pikir manusia dalam kegiatan ekonomi.



Gaya ekonomi ini akan sangat dipengaruhi oleh adanya teknologi canggih dengan Sumber Daya Manusia yang kekinian serta memiliki pengetahuan yang luas di bidang pengembangan ekonomi dengan teknologi dan media online.

Di samping itu, masyarakat yang menginginkan kemajuan ekonomi di era ini harus sekreatif mungkin mengembangkan ide dan menciptakan hal-hal baru yang menarik minat pasar.

Tren Terbaru dan Terpopuler Ekonomi Digital di Seluruh Dunia




Ada beberapa tren teranyar yang harus dipahami dan dikembangkan dengan baik dalam ekonomi era transformasi digital terbaru saat ini.

Hal tersebut sudah banyak di pangsa pasar. Akan tetapi, prospeknya memang sangat besar dan digadang-gadang akan bisa mendatangkan banyak keuntungan. Inilah tren ekonomi digital terbaru tersebut:

1. Bot Otomatis

Penjualan ritel yang dilakukan atas hasil interaksi dengan chatbot diperkirakan akan semakin melambung dan menghasilkan keuntungan hingga 2 kali lipat dari hasil penjualan sebelumnya.

Hal ini tentu saja menjadi tren bisnis yang paling utama di era ekonomi digital baru saat ini. Tidak bisa dipungkiri jika hal ini akan memberikan dampak positif untuk bisnis-bisnis dalam skala besar.

Dengan pencapaian itu, bot sangat cocok untuk diterapkan dalam rangka meraup keuntungan yang cepat dan besar. Hanya saja, modal awalnya juga harus besar dan tidak boleh tanggung-tanggung.

Di berbagai belahan dunia perbisnisan bot telah bisa diakses melalui berbagai macam aplikasi seluler yang cocok seperti halnya KakaoTalk, WhatsApp, Telegram, dan lainnya.

Rata-rata jumlah transaksi bisnis yang terekam melalui aplikasi bisa mencapai nominal 1 milyar rupiah per harinya.

Ini sungguh fantastis jika diterapkan dalam era digital ekonomi masa kini. Bot sendiri juga memiliki manfaat lainnya untuk kelangsungan bisnis yang sedang berkembang yakni meliputi:
  • Bot untuk mendorong penjualan.
  • Bot untuk mengumpulkan prospek bisnis yang baru.
  • Bot untuk membantu memecahkan masalah pelanggan tanpa adanya interaksi secara langsung
  • Bot untuk menarik minat pangsa pasar.

Bot untuk digunakan sebagai alat engagement konsumen atau pelanggan dalam rangka mempertahankan target dari setiap audiens yang telah bergabung.

2. Kebangkitan Audio Melalui Podcast

Maraknya penggunaan Podcast yang digemari oleh generasi millenial dan Gen Z saat ini menjadikan tren baru dalam era ekonomi digital yang pernah ada.

Sebenarnya, di masa lalu penggunaan seluler berbasi suara tersebut pernah gencar melalui radio. Akan tetapi, kepopuleran radio kian hari semakin berkurang.

Saat ini, Podcast hadir sebagai alternatif lain dalam pengembangan teknologi seluler yang lebih kekinian dan inovatif.

Jika di masa sebelumnya masyarakat cenderung lebih gemar dengan media berbasis gambar dan suara, sekarang menyampaikan informasi melalui jaringan seluler dengan media hanya suara dianggap kembali keren dengan hadirnya konten Podcast.

Podcast seringkali membahas isu atau tema yang sedang hits saat ini. Tema-tema tersebut juga dikemas dengan sangat baik dan menghadirkan narasumber yang terpercaya.

3. Revolusi "No Code"

Tren dalam era ekonomi digital baru yakni adanya revolusi ‘no code’ atau tanpa pengkodean. Revolusi ini hadir dalam membuat perangkat lunak yang dulu harus dilakukan dengan menggunakan kode-kode bahasa pemrograman yang memang sangat rumit.

Sekarang, hal tersebut dalam ekonomi era digital baru mulai digantikan dengan sesuatu yang lebih simpel dengan tujuan siapa saja bisa menggunakannya dengan semudah mungkin.

Adanya alat-alat seperti halnya Airtable, Bubble.is, dan Glide memungkinkan siapa saja untuk membangun perangkat lunak mereka sendiri dengan mudah. Bahkan orang yang sangat awam dengan pemrograman pun dapat melakukannya dengan cepat hanya. Modal dengan menggunakan perangkat seluler yang ada di dalam genggaman.

Tak tanggung-tanggung, kualitas interface yang dibangun menggunakan alat tersebut juga sangat jernih dan bagus.

Dengan memanfaatkan tools tersebut, pebisnis bisa mengembangkan usaha mereka sendiri secara online melalui website atau platform lain dengan tanpa biaya yang mahal.

Tips dan Cara Menerapkan Tren Ekonomi Digital Baru Dalam Bisnis




Sebagai seorang yang ingin sukses, tentunya hasrat untuk terjun dalam menjalankan tren bisnis tersebut sudah sangat menggebu-gebu, bukan? Hal itu wajar memang.

Setiap orang memang wajib mengadaptasikan diri mereka pada bisnis yang sedang menjadi trend karena pasti akan menghasilkan banyak keuntungan. Akan tetapi, proses menuju kesuksesan bisnis ini tentunya tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

Ada beberapa pertimbangan yang harus dipikirkan dengan sangat matang dan juga harus melakukan terobosan atau inovasi baru agar tren bisnis yang akan dijalankan tidak mudah runtuh oleh pesaing-pesaing yang lebih hebat.

Oleh sebab itu, dalam rangka menyiapkan inovasi bisnis terbaru yang unik dan kuat, memperhatikan tips-tips berikut sangat diperlukan:
  1. Menciptakan inovasi bisnis tren terbaru yang belum pernah ada sebelumnya.
  2. Gencar dalam melakukan pengiklanan.
  3. Menyasar kalangan dan usia tertentu yang cocok untuk tren ekonomi digital terbaru yang disediakan.

Itulah beberapa tren yang akan hadir dalam dunia ekonomi digital terbaru. Mengembangkan inovasi terbaru di era ekonomi digital baru memang tidaklah mudah.

Namun Anda tidak perlu khawatir akan fenomena ekonomi digital terbaru yang mungkin akan mempengaruhi transformasi digital dan manajemen perusahaan Anda.

Oleh karena itu, SystemEver hadir sebagai salah satu solusi ERP inovatif untuk menciptakan inovasi terbaru untuk perusahaan Anda dalam menjadi lebih efisien memanage kebutuhan infrastruktur keuangan, akuntansi, manajemen dari semua divisi yang ada.

Hanya dengan menggunakan sistem cloud ERP terbaik dari SystemEver, semua transaksi perusahaan baik masuk maupun keluar akan tercatat dengan rapi dan aman.

Oleh karena itu, penggunaan software ERP berbasis cloud pada perusahaan Anda terbilang sangatlah penting, karena teringrasi secara penuh untuk semua aktivitas bisnis dan sistem informasi yang ada pada perusahaan Anda secara real-time yang dapat Anda monitoring dengan mudah lewat smartphone.

SystemEver yang dibentuk oleh YoungLimWon (永林院) Soft Lab Co., Ltd akan mendukung Anda untuk memiliki manajemen perusahaan yang lebih baik melalui inovasi terbaru yang berkelanjutan pada produk dan layanan yang selalu mengikuti tren teknologi serta ekonomi digital terbaru saat ini, karena software sistem ERP SystemEver telah menjadi salah satu dari Top 10 Asian Best Cloud ERP di Asia Tenggara.
0
0

Salin URL

Pilih semua URL dibawah untuk disalin

Edit komentar

Masukkan kata sandi untuk mengedit postingan

Hapus komentarHapus postingan

Masukkan kata sandi untuk menghapus postiingan