MY MENU

Blog

Judul
Manajemen Keuangan: Pentingnya Laporan Keuangan Konsolidasi
Penulis
Administrator
Tanggal Diciptakan
02/25/2021
Lampiran0
Upvotes
1
Views
260
Konten
Dalam setiap bisnis, mengelola laporan uang dengan baik menjadi salah satu faktor penting untuk menunjang bisnis itu sendiri.

Laporan keuangan konsolidasi menjadi pilihan terbaik sebagai upaya menyelamatkan perusahaan dari ketidak transparan dalam mengelola keuangan bisnis atau perusahaan. Laporan keuangan jenis ini akan memberikan dampak yang luar biasa terhadap keberlangsungan bisnis.



Laporan keuangan konsolidasi merupakan sebuah laporan keuangan yang diambil dari banyak perusahaan cabang kemudian digabungkan menjadi satu dan dilaporkan secara keseluruhan dalam satu pembukuan.

Dalam membuat laporan ini, sang pembuat bisa menggunakan aplikasi atau perangkat lunak lainnya yang akan mempermudah pekerjaan mereka.

Laporan keuangan ini jika dipikirkan akan lumayan sulit dan rumit karena harus melakukan rekap pada perusahaan cabang yang jumlahnya bisa ratusan.

Namun tenang saja, jika dilakukan dengan penuh ketelitian dan kesabaran, maka semua akan berjalan dengan baik sebagaimana mestinya. Lalu, siapa yang berhak membuat laporan keuangan konsolidasi ini?

Divisi manajemen keuangan perusahaan yang membuat laporan keuangan tersebut adalah karyawan pusat bagian penanggung jawab keuangan yang memang telah ditunjuk oleh direktur perusahaan.

Penanggung jawab pusat bisa berkoordinasi dengan penanggung jawab cabang untuk meminta laporan mereka masing-masing lalu selanjutnya dijadikan dalam satu buku laporan.

Waktu pelaporannya bisa dilakukan secara berkala entah itu setiap bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan lain-lain sebagainya. Yang penting setiap laporan harus rapi dan mudah dianalisa agar tidak terjadi miskomunikasi antara satu orang pembaca laporan dengan yang lainnya.

Fungsi Laporan Keuangan Konsolidasi




Laporan keuangan konsolidasi akan menghadirkan fungsi tersendiri baik itu bagi perusahaan induk maupun perusahaan cabang. Inilah beberapa fungsi dari laporan konsolidasi:

1. Penyederhanaan Laporan Keuangan

Manfaat pertama dibuatnya laporan keuangan konsolidasi adalah untuk melakukan penyederhanaan terhadap banyaknya laporan keuangan yang harus diterima dari berbagai perusahaan cabang.

Pada awalnya, laporan tersebut akan terkesan sangat rumit dalam pembuatannya. Akan tetapi, anggapan tersebut salah besar karena laporan konsolidasi akan menghasilkan hasil akhir yang sederhana dan mudah dibaca.

Di samping itu, laporan konsolidasi memotong semua transaksi yang dilakukan oleh perusahaan induk dan perusahaan cabang yang seringkali saling membatalkan transaksi dan lain-lain sebagainya.

Nah, hadirnya laporan konsolidasi akan menghapus secara otomatis laporan transaksi yang batal tersebut sehingga tidak akan membuat kerumitan dalam membaca laporan keuangan akhir.


2. Sebagai Gambaran Umum Keuangan Perusahaan

Laporan konsolidasi hadir untuk memberikan gambaran umum dari keuangan perusahaan karena laporan ini sudah mencakup semua perusahaan induk dan perusahaan cabang.

Owner bisnis, direktur, investor, dan petinggi perusahaan lainnya akan mendapatkan gambaran umum keuangan perusahaan pada waktu tertentu dengan melihat laporan keuangan konsolidasi tersebut.

Selain itu, gambaran umum keuangan perusahaan tersebut akan memberikan gambaran juga terhadap faktor yang mempengaruhi kondisi keuangan perusahaan induk.

Biasanya, jika salah satu keuangan perusahaan cabang sedang memburuk, maka itu juga akan memberikan dampak yang kurang baik terhadap perusahaan induk.

3. Pembaharuan Pada Laporan Keuangan Konsolidasi Sebelumnya

Dari waktu ke waktu, laporan keuangan konsolidasi akan terus melakukan pembaharuan untuk mengevaluasi kondisi keuangan perusahaan.

Dari laporan konsolidasi pada jangka waktu tertentu, kemudian itu akan selalu dievaluasi untuk menghasilkan sebuah laporan baru yang lebih baik dan membuat keuangan semakin membaik demi menyelamatkan eksistensi perusahaan induk maupun perusahaan cabang.

Hal tersebut sangat penting untuk terus dievaluasi seiring berjalannya waktu.

4. Pembatasan Dokumen Laporan Keuangan

Laporan ini mampu meringkas dokumen laporan keuangan yang jumlahnya puluhan hanya menjadi satu saja dengan isi yang sudah mencakup keseluruhan.

Dengan keefektifannya dalam meringkas dokumen tersebut, kini laporan konsolidasi semakin digemari dan sudah digunakan di berbagai perusahaan besar yang menaungi banyak perusahaan cabang.

Sistem pembuatannya juga semakin bagus dan hasilnya akan memberikan evaluasi yang baik terhadap progress keuangan perusahaan yang harus ditingkatkan di masa mendatang.

Ini harus benar-benar diperhatikan oleh perusahaan yang menginginkan sistem keuangan mereka membaik dan dengan pelaporan yang baik pula.

Langkah-langkah Cara Membuat Laporan Uang Konsolidasi




Ada beberapa langkah terstruktur yang bisa Anda lakukan untuk membuat laporan keuangan ini. Langkah tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Proses pembuatan laporan diawali dengan memeriksa laporan keuangan dari entitas induk perusahaan dan entitas anak perusahaan (cabang) dengan menyeluruh dan mendetail. Segera koreksi dan sesuaikan apabila ada kesalahan dalam pencatatan keuangan.
  2. Mulai untuk menyesuaikan laporan dengan eliminasi laporan laba rugi pada setiap perusahaan.
  3. Jika sudah, lanjutkan dengan eliminasi dividen serta penghasilan dari anak perusahaan atau perusahaan cabang.
  4. Kembalikan perhitungan saldo investasi di perusahaan cabang ke saldo di awal periode.
  5. Lakukan penyesuaian yang bertujuan untuk membuat catatan dari kepentingan non pengendali atas dividen maupun laba pada perusahaan cabang.
  6. Melakukan eliminasi saldo resiprokal pada laporan keuangan perusahaan cabang. Jika awalnya dilaporkan dalam laporan keuangan perusahaan induk, sebaliknya eliminasi ekuitas yang tadinya dilaporkan pada keuangan entitas perusahaan cabang.
  7. Akan sangat wajar jika menjumpai selisih nilai. Untuk mengatasinya, lakukan alokasi dan amortisasi.
  8. Langkah terakhir, melakukan eliminasi pada saldo resiprokal lain. Seperti contohnya utang piutang, beban dan pendapatan, dan lain sebagainya.

Itulah fungsi dan cara membuat laporan keuangan konsolidasi. Semoga informasi tersebut memberikan tambahan wawasan yang bermanfaat khususnya untuk para pebisnis.

Jangan lupa mengelola keuangan bisnis sebaik mungkin dengan menggunakan sistem cloud ERP SystemEver, karena jika pengelolaannya carut-marut maka bisnis lama-kelamaan akan mengalami kerugian.

SystemEver hadir sebagai solusi software ERP terbaik dan terkemuka dari Korea Selatan telah hadir di Indonesia yang berfungsi untuk membuat bisnis Anda menjadi lebih efektif dan efisien.

SystemEver menyediakan teknologi software sistem ERP terbaik yang dapat membantu proses keseluruhan pengelolaan perusahaan, mulai dari sistem akuntansi, laporan keuangan, inventory, hingga manajemen pabrik yang teringrasi secara real-time.

Selain itu software ERP terbaik SystemEver dapat Anda akses dari berbagai device, mulai dari PC/Desktop, Laptop, Tablet/iPad, hingga smartphone android.
1
0

Salin URL

Pilih semua URL dibawah untuk disalin

Edit komentar

Masukkan kata sandi untuk mengedit postingan

Hapus komentarHapus postingan

Masukkan kata sandi untuk menghapus postiingan