MY MENU

Blog

Judul
7 Tips Agar Jualan Laris Manis Saat Ramadan di Masa Pandemi
Penulis
Administrator
Tanggal Diciptakan
04/21/2021
Lampiran0
Upvotes
1
Views
122
Konten
Satu bulan menjelang bulan ramadhan, dunia masih dalam masa pandemi sehingga banyak pedagang atau pelaku usaha yang khawatir apabila barang dagangannya akan sulit terjual.



Namun, kondisi seperti ini tidak selalu merugikan karena justru bisa menjadi peluang yang sangat bagus untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah.

Supaya mendapatkan banyak keuntungan Anda harus mencari tahu tips-tipsnya seperti apa. Nah, Anda tidak perlu bingung karena di bawah ini akan disampaikan beberapa tipsnya.

Tips dan Cara Jualan Agar Cepat Laku Saat Ramadan di Masa Pandemi

Banyak pengusaha mulai ancar-ancar untuk meningkatkan penjualan produk, terutama di kanal online yang saat ini semakin diminati.

Oleh karena itum kami berikan beberapa strategi dan cara jualan yang cepat laku dan laris manis saat Ramadan di masa pandemi COVID-19, antara lain:

1. Menjual Kebutuhan Pokok




Supaya Anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar saat Ramadhan di masa pandemi, disarankan untuk menjual kebutuhan pokok.

Hal ini dikarenakan kebutuhan pokok masih menjadi target favorit konsumen. Kebutuhan pokok yang dimaksud seperti buah-buahan, sayur-sayuran, daging, telur dan juga susu.

Tidak hanya itu saja, makanan kemasan siap mana dan bumbu dapur seperti kornet, sarden, bumbu cepat saji dan juga bumbu kunci tidak akan mengalami penurunan tren. Apapun situasinya masyarakat tetap membutuhkannya.

Supaya kebutuhan pokok yang dijual bisa laris manis direkomendasikan untuk menjualnya secara online melalui online marketplace bahan-bahan pokok maupun online marketplace pada umumnya.

Selain itu, Anda bisa memanfaatkan keberadaan media sosial maupun seller group untuk memasarkan kebutuhan pokok tersebut.

2. Menjual Produk-produk Kesehatan

Pada masa pandemi kesadaran masyarakat akan kesehatan terus mengalami peningkatan. Kondisi ini membuka peluang untuk menjual produk-produk kesehatan.

Dimana produk kesehatan dan juga sanitasi terus dicari konsumen di masa pandemi, terlebih saat bulan Ramadhan. Beraktivitas di masa pandemi sekaligus bulan ramadhan seperti double kill.

Maka dari itu, banyak konsumen yang mencari produk kesehatan supaya produktivitas terjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga terhindar dari virus COVID-19.

Produk kesehatan yang bisa dijual yaitu sabun cair, hand sanitizer, masker, vitamin kompleks, perlengkapan kebersihan rumah dan produk-produk minuman kesehatan seperti jus bebas gula dan juga beraneka ragam jamu.


3. Mengkampanyekan Prosedur Produksi yang Sehat dan Aman




Saat bulan ramadhan di masa pandemi, produk makanan siap konsumsi atau produk mentah menjadi barang yang paling dicari oleh masyarakat.

Akan tetapi, masa pandemi penjualan produk-produk tersebut sempat mengalami penurunan karena masyarakat skeptis dan takut jika proses pengolahannya tidak higienis.

Konsumen juga bertanya-tanya apakah produsen produk-produk tersebut telah menerapkan proses produksi sanitasi dengan benar atau tidak.

Salah satu cara yang perlu dilakukan produsen makanan siap konsumsi untuk meningkatkan penjualan yaitu dengan melakukan kampanye yang berisi ajakan kepada konsumen bahwasanya produk diolah dan juga dibungkus secara higienis serta bebas dari potensi paparan bakteri maupun virus.


Kampanye tersebut bisa dibuat dalam bentuk video singkat proses produksi, mulai dari pengolahan, pengemasan hingga pengiriman yang dilakukan oleh kurir.

4. Membuka Usaha Busana Muslim

Salah satu upaya memutus rantai penyebaran virus corona maka pemerintah menghimbau masyarakat untuk berkerumun.

Himbauan ini akan tetap diberlakukan pada bulan Ramadhan. Dimana umat muslim di Indonesia disarankan untuk tidak mudik leberan 6 Mei - 17 Mei 2021 terlebih dahulu, otomatis tidak akan bisa berkumpul bersama keluarga seperti pada lebaran sebelumnya.

Meski begitu, bukan berarti orang akan libur berbelanja. Masyarakat tetap akan berbelanja untuk mengenakan busana terbaik. Kondisi ini membuka peluang yang sangat besar untuk membuka usaha busana muslim karena tetap akan menguntungkan.

Akan tetapi, penjualan busana muslim difokuskan pada penjualan online. Alasannya untuk mencegah orang-orang keluar rumah dan berkumpul di pusat perbelanjaan.

5. Menyisipkan Konten Digital yang Memikat Calon Pembeli

Saat bulan ramadhan di masa pandemi, konten digital menjadi produk yang akan dipilih untuk mengisi waktu luang dan waktu berbuka puasa. Hal ini bisa dibuktikan dengan kenaikan jumlah penonton streaming Netflix yang cukup signifikan.

Bagi Anda yang jualan, fakta ini bisa dijadikan ide menarik dengan membuat konten digital. Konten digital tersebut berisi produk yang Anda jual. Misalnya membuat konten product knowledge, gimmick story untuk soft selling, webinar, dan masih banyak lagi.

6. Membuat Copywriting yang Tepat dan Menarik

Salah satu cara yang akan dilakukan penjual supaya banyak yang tertarik untuk membeli dagangannya yaitu dengan memberikan promo.

Ketika memberlakukan promo jangan lupa untuk memberikan copywriting yang menarik agar banyak konsumen tertarik untuk membeli dagangan Anda.

Dalam menggunakan copywriting, wajib menuliskan keuntungan yang akan didapat oleh konsumen dalam kalimat singkat.

Copywriting merupakan salah satu strategi marketing yang sangat jitu dan tepat untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa asalkan tahu bagaimana cara menggunakannya dan memanfaatkannya.

7. Memberikan Promo Gratis Ongkos Kirim (Ongkir)




Pada masa pandemi COVID-19, masyarakat banyak yang tidak berani keluar rumah karena takut tertular virus ini.

Meski begitu, kondisi ini bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan keuntungan yang besar, terutama bagi Anda yang berjualan makanan atau minuman. Bagaimana caranya?

Caranya dengan memberikan promo gratis ongkos kirim kepada pembeli. Promo ini bisa menarik minat pembeli untuk membeli makanan atau minuman yang Anda jual.

Tetap Atur Bisnis Anda dengan Teknologi ERP yang Tepat

Apapun ide bisnis yang dijalankan saat bulan ramadhan. Anda tetap diharuskan untuk mengelola keuangan dengan baik.

Selain itu, juga perlu untuk melakukan review terhadap bisnis yang dijalankan. Hal ini bisa Anda lakukan dengan cara menggunakan software ERP terbaik SystemEver.

SystemEver dapat memudahkan Anda dalam memantau kegiatan operasional perusahaan di mana saja dan kapan saja karena merupakan Cloud-Based ERP. Jadi mudah memantaunya sekalipun di masa ramadhan.

SystemEver pun tak lama lagi akan segera menghadirkan produk terbarunya yaitu ERP i1 Account Tax Service yang diperuntukkan mereka yang bergerak di bidang jasa konsultan pajak dan akuntansi.

Account Tax Service atau ERP konsultan pajak dan akuntansi ini memudahkan proses pengambilan dan konsolidasi data klien-klien sehingga laporan yang diminta klien pun semakin mudah dihasilkan.

Nah itulah tips dan cara agar jualan laku saat ramadhan di masa pandemi. Tips-tips di atas bisa Anda terapkan pada bulan ramadhan yang akan datang sebentar lagi. Dijamin bakal mendapatkan banyak keuntungan.
1
0

Salin URL

Pilih semua URL dibawah untuk disalin

  • syahril

    Kalau dagang petasan dibulan ramadhan disaat pandemi, apakah ada untungnya?

    4 Beberapa hari yang lalu

Edit komentar

Masukkan kata sandi untuk mengedit postingan

Hapus komentarHapus postingan

Masukkan kata sandi untuk menghapus postiingan