Pelajari lebih lanjut bagaimana SystemEver sangat tepat untuk bekerja remote Lihat Video Tutorial. 

Artikel

5+ Cara Memilih Konsultan Pajak dan Akuntansi Terbaik Saat Ini

5+ Cara Memilih Konsultan Pajak dan Akuntansi Terbaik Saat Ini

Konsultan pajak merupakan orang yang memberikan jasa konsultasi tentang perpajakan kepada wajib pajak dalam rangka melaksanakan serta memenuhi kewajiban perpajakannya sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Dalam hal ini konsultan pajak akan membantu wajib pajak untuk mengurus segala hal yang berhubungan dengan pajak.

Pada akhirya wajib pajak bisa melaksanakan kewajiban membayar perpajakannya dengan sangat baik. Lantas, apa saja tugas wajib pajak? Yuk, simak uraiannya dibawah ini. 

Tugas Tax Consultant yang Harus Diketahui

Sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa konsultan pakal. Anda terlebih dahulu harus mengetahui apa saja tugas dari konsultan pajak. Berikut ini beberapa tugas konsultan pajak, antara lain:

1. Mengajak Klien untuk Selalu Patuh Terhadap Pajak 

Keberadaan jasa konsultan pajak secara tidak langsung akan membantu mendisiplinkan klien supaya selalu patuh dan tepat waktu dalam membayar pajak.

Klien yang tidak patuh pajak biasanya minim pengetahuan atau belum paham mengenai prosedur perpajakan sehingga membuatnya bingung, Ketidaktahuan klien tentang prosedur yang benar akan menjadi tugas konsultan pajak untuk memberitahukannya.

2. Membantu Memeriksa Laporan Pajak 

Tugas konsultan pajak selanjutnya yaitu membantu memeriksa laporan pajak yang sudah dibayar oleh klien.

Laporan pajak yang akan diperiksa yaitu prosedur yang benar, evaluasi dan juga besaran pajak yang dilaporkan. Hal ini penting untuk dilakukan dengan tujuan untuk meminimalisir kesalahan laporan.

3. Membantu Menghitung Rencana Pajak yang Harus Dibayar 

Apabila konsultan pajak mendapatkan klien yang merupakan pengusaha kena pajak.. Pengusaha kena pajak harus mempunyai perencanaan perhitungan pajak dalam usahanya serta jenis pajak apa yang akan diberlakukannya.

Tugas konsultan pajak dalam hal ini yaitu membantunya dalam menghitung perencanaan pajak yang harus dibayar.

4. Mendampingi Klien dalam Proses Penghitungan Pajak 

Anda yang tidak memiliki pengetahuan lebih mengenai pajak pasti akan kebingungan saat terjadi pemeriksaan pajak.

Dalam kondisi seperti ini pasti Anda sangat membutuhkan jasa konsultan pajak untuk mendampingi ketika sedang dilakukan pemeriksaan perpajakan. Konsultan Pajak juga akan membantu Anda mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan.

5. Membantu Menyiapkan Prosedur Restitusi 

Yang dimaksud restitusi dalam hal ini merupakan  kelebihan pajak yang sudah dibayarkan oleh wajib pajak. Konsultan pajak akan membantu klien untuk menghitung restitusi.

Selain itu, juga akan membantu mengurus proses pengembalian kelebihan pembayaran pajak, mulai dari persiapan data, proses pemeriksaan hingga diterima pengembalian tersebut. 

Tipe-tipe Konsultan Pajak

Setelah mengetahui tugas dari konsultan pajak, sepertinya Anda juga harus mengetahui tipe-tipe konsultan pajak.

Mengetahui tipe yang dimiliki konsultan pajak akan membantu Anda dalam memilih konsultan pajak seperti apa yang akan dipilih. Inilah 3 tipe konsultan pajak.

1. Creative Consultant

Tipe konsultan pajak yang pertama yaitu creative consultant. Tipe konsultan pajak yang satu ini cukup agresif dalam membantu klien untuk dalam perencanaan pajak.

Konsultan pajak yang masuk dalam tipe ini merupakan konsultan pajak yang memiliki banyak koneksi dan bisa membantu menangani permasalahan wajib pajak.

2. Honest Consultant

Konsultan pajak yang masuk dalam tipe ini merupakan konsultan pajak yang sangat patuh dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Pada saat bekerja konsultan pajak ini sangat jujur serta tidak mengambil resiko besar untuk kliennya.

3. Caution Consultant 

Konsultan pajak tipe ini mempunyai tipe memaksimalkan jumlah pajak yang harus dibayarkan oleh kliennya.

Dimana konsultan pajak akan menggunakan celah dari peraturan perundang-undangan.

Cara Memilih Konsultan Pajak dan Akuntansi Terbaik  

1. Memilih Konsultan Pajak yang Bisa Menjadi Partner

Sebagai orang yang memiliki uang untuk membayar jasa konsultan pajak, biasanya mencari konsultan pajak sebagai orang yang dipekerjakan dan hanya terima beres hasil kerjanya.

Padahal pandangan seperti itu salah karena dalam memilih konsultan pajak Anda harus memilih yang bisa menjadi partner.

Mengubah pandangan tersebut maka hubungan Ada dengan konsultan pajak menjadi lebih terbuka dan ada kepercayaan lebih untuk mendukung perusahaan.

2. Memiliki Keahlian yang Relevan dengan Kebutuhan 

Sebelum Anda memutuskan konsultan pajak yang akan dipilih, sebaiknya terlebih dahulu untuk mengetahui apa yang dibutuhkan dari konsultan pajak.

Hal ini dikarenakan jasa konsultan pajak cukup beragam, seperti periksa laporan pajak, restitusi pajak, konsultasi, pendampingan dalam pemeriksaan pajak, jasa kepatuhan pajak, perencanaan pajak dan penyelesaian sengketa pajak. Setelah itu tinggal mencari konsultan pajak yang ahli dalam bidang yang Anda butuhkan.

3. Memiliki Izin Praktik 

Perlu diketahui bahwasanya tidak semua konsultan pajak bisa menangani seluruh kebutuhan wajib pajak.

Maka dari itu, pastikan konsultan pajak yang akan dipilih memiliki izin praktik untuk bisa memberikan jasa sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. Cek Pengalaman Konsultan Pajak 

Anda yang membutuhkan jasa konsultan pajak tidak perlu hanya mengecek izin praktiknya saja tetapi juga harus mengecek pengalaman yang dimiliki.

Konsultan pajak yang baik harus mempunyai banyak pengalaman dalam menangani berbagai kasus dalam jangka waktu tertentu.

Contohnya sangat berpengalaman dalam mendampingi wajib pajak dan penghitungan pajak selama 5 tahun.

5. Mencari Tahu Tarif Konsultan Pajak 

Sebelum Anda mempekerjakan konsultan pajak, sebaiknya lebih dulu mengetahui berapa dan bagaimana pengenaan tarif.

Ini cukup penting karena ada konsultan pajak yang mematok tarif berdasarkan hitungan jam kerja. Ada juga yang berdasarkan penyelesaian kerja.

Konsultan Pajak dan Akuntansi Systemever

Systemever sebagai penyedia sistem berbasis ERP, memperkenalkan produk terbarunya yaitu i1 AccounTax Service.

Produk ini ditujukan untuk penyedia jasa konsultan pajak dan akuntansi. Adanya produk ini bisa membuat proses pengecekan data, pemantauan pekerjaan, hingga penyimpanan database berjalan lebih mudah, efisien, dan efektif. 

AccounTax Service SystemEver dapat membantu jasa konsultan pajak dan akuntansi untuk mengelola laporan keuangan dan/pajak para klien mereka lebih efektif dan efisien. Dengan AccounTax Service, berbagai kemungkinan kesalahan input data, human error, dan modal besar yang sering menyulitkan para pelaku konsultan pajak dan akuntansi bisa diatasi. 

Selain itu, produk SystemEver ini juga bisa diakses kapan saja dan dimana saja, dan memiliki real time data sharing yang sangat terjamin. Nah itulah informasi mengenai konsultan pajak, mulai dari tugas, tipe dan cara memilihnya. 


Artikel Terkait