Pelajari lebih lanjut bagaimana SystemEver sangat tepat untuk bekerja remote Lihat Video Tutorial. 

Artikel

5 Ide Bisnis Makanan Korea yang Menjanjikan dan Analisa Usahanya

5 Ide Bisnis Makanan Korea yang Menjanjikan dan Analisa Usahanya

Peluang bisnis di bidang kuliner sangatlah menjanjikan, salah satunya dengan menjual makanan khas Korea yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia, khususnya kaum generasi millenial.

Makanan Korea mulai banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia karena sering menonton film atau drama dari negara tersebut. Maka dari itu, penonton menjadi mulai mengenal makanan Korea dan ingin mencicipi.

Kondisi inilah yang kemudian membuka peluang bisnis makanan Korea. Ada banyak menu makanan Korea yang dijadikan ide bisnis.

Daftar Ide Bisnis Makanan Korea yang Paling Menjanjikan di Indonesia


Makanan Korea jenisnya sangat banyak tetapi hanya beberapa nama saja yang dikenal di Indonesia.

Cita rasa makanan-makanan tersebut sangat enak dan lezat, disesuaikan dengan lidah orang Indonesia supaya peminatnya semakin banyak. Berikut ini adalah beberapa ide bisnis makanan Korea.

1. Kimchi

Kimchi merupakan makanan wajib masyarakat Korea. Sebagai makanan wajib tidak heran jika makanan ini sering muncul dalam film atau drama Korea.

Kimchi menjadi salah satu makanan Korea yang sangat populer di Indonesia. Bahkan banyak yang penasaran dengan rasanya lalu ingin mencicipinya.

Saat ini di Indonesia Kimchi sangat mudah ditemukan di berbagai cafe dan restoran. Jika ingin membuat sendiri juga bisa karena bahan-bahan yang dibutuhkan sangat mudah didapatkan, bahkan harganya sangat murah.

Proses pembuatan Kimchi tidak terlalu sulit dan bisa bertahan lama. Jika Anda ingin menjual makanan Korea, Kimchi bisa menjadi salah satu menu yang bisa dipilih.

2. Bungeoppang

Bungeoppang merupakan makanan Korea yang dikenal di Indonesia dengan nama roti ikan. Makanan ini adalah camilan yang mirip dengan waffle tetapi bentuknya ikan dan bahan isinya berupa pasta kacang merah.

Camilan ini biasanya dijual oleh penjual kaki lima pada musim dingin dan dengan harga yang sangat terjangkau.

Untuk membuka bisnis ini modalnya tidak terlalu banyak tetapi peluangnya sangat menjanjikan.

3. Kimbap

Kimbab merupakan makanan Korea berupa nasi yang dibungkus dengan rumput laut. Karena hal inilah kemudian Kimbab disebut dengan nama Nasi Rumput Laut.

Biasanya isian untuk Kimbab di Korea adalah daging, sayuran dan ikan. Namun, isian Kimbab di Indonesia dapat diganti dan disesuaikan dengan selera.

4. Tteokbokki

Tteokbokki menjadi salah satu makanan Korea yang dikenal di Indonesia karena sering muncul di film atau drama Korea.

Pecinta film atau drama Korea banyak yang penasaran dengan Tteokbokki sehingga ingin mencicipinya. Hal ini kemudian membuka peluang untuk menjalankan bisnis kuliner Korea yang bisa ditekuni.

5. Bibimbap

Ide bisnis makanan Korea selanjutnya adalah Bibimbap. Jika diamati makanan ini mirip dengan nasi pecel yang ada di Indonesia.

Bibimbap dari Korea ini merupakan nasi yang diberi topping berbagai macam sayuran dan ditambahkan dengan telur mata sapi lalu dimakan bersama dengan saus khas Korea yaitu gochujang.

Bibimbap sangat cocok untuk lidah orang Indonesia karena salah satu bahan utamanya yaitu nasi.

Daftar Pilihan Distributor Makanan Korea Terbaik di Indonesia


Untuk mendukung masyarakat dalam menjalankan bisnis makanan Korea, di Indonesia terdapat banyak distributor makanan korea. Berikut ini adalah beberapa nama distributor tersebut:

1. Mugunghwa Supermarket

Distributor satu ini menjual makanan korea terlengkap di marketplace. Produk makanan dan minuman Korea yang dijual sangatlah berkualitas karena diimpor langsung dari Korea Selatan.

Beberapa produk yang dijual, seperti ramen instan, tteokbokki instan, jjajangmyeon instan dan berbagai cemilan lainnya. untuk harga jualnya sangat bervariasi, mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 82.000.

Di sini Anda dengan mudah menemukan makanan korea berlogo Halal, serta keterangan produk dalam bahasa Indonesia/Inggris. Sehingga Anda dapat dengan mudah menemukan produk sesuai dengan preferensi Anda.

2. Corndog Legend

Corndog Legend merupakan distributor yang menjual Korean frozen food. Semua produk yang dijual di sini memiliki kualitas yang baik serta pelayanannya juga baik.

Meski nama tokonya Corndog legend tetapi tidak hanya menjual corndog saja, melainkan juga produk lainnya.

Misalnya mozzarella, tteokbokki, rabokki, odeng, dan lainnya. Harga produk yang dijual di sini mulai Rp 10.000 hingga Rp 115.000.

3. Kimchi Eonnie

Dari namanya saja sudah diketahui jika distributor ini menjual kimchi, terutama kimchi sawi. Kimchi sawi dijual di sini dalam berbagai ukuran, mulai dari 250 gr hingga 500 gr.

Harga kimchi yang dijual juga bervariasi, mulai dari Rp 33.000 sampai Rp 75.000.

4. Koreakeun

Kureakeun merupakan supplier No. 1 di Indonesia yang menjual berbagai jenis makanan kekinian Korea.

Makanan yang dijual di sini merupakan makanan halal, berkualitas tetapi dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

Produk-produk yang dijual di sini mayoritas adalah produk camilan seperti rabokki, tteokbokki dan enoki. Untuk harganya sangat terjangkau mulai Rp 7.000 hingga Rp 38.000.

5. Chef's Kimchi

Chef's Kimci merupakan distributor yang menjual kimchi dengan rasa asli dari Korea. Kimchi yang dijual di sini terbuat dari bahan-bahan berkualitas sehingga cita rasanya gurih.

Kimchi yang dijual oleh distributor makanan Korea terbaik nomor lima di Indonesia ini adalah kimchi sawi dan kimchi lobak dalam berbagai ukuran.

Selain itu, juga menjual tteokbokki, gochugaru dan jjajangmyeon. Untuk harga jualnya mulai Rp 25.000 hingga Rp 139.000.

Nah itulah informasi tentang beberapa ide bisnis makanan Korea dan beberapa distributor/supplier makanan Korea di Indonesia.

Jika Anda ingin menekuni bisnis kuliner ini maka peluang untuk mendapatkan keuntungan yang besar sangat terbuka lebar.

Bagi Anda yang memiliki perusahaan distribusi ataupun penjualan (trading) direkomendasikan untuk menggunakan software sistem ERP SystemEver Trading & Distribution.

SystemEver Trading & Distribution adalah sistem cloud ERP terbaik yang terintegrasi dengan pembelian, penjualan, consignment (konsinyasi) dan pengelolaan (sistem manajemen inventory).

Data yang tersedia pada software ini merupakan data real time dan mudah diakses kapan dan dimana saja. Cloud ERP terbaik ini akan memberikan banyak kemudahan untuk para penggunanya.

Perusahaan distributor dan supplier juga akan sangat terbantu manajemennya dengan penggunaan software ERP SystemEver Trading & Distribution.

Artikel Terkait