Pelajari lebih lanjut bagaimana SystemEver sangat tepat untuk bekerja remote Lihat Video Tutorial. 

Artikel

6 Tips dan Cara Cerdas Membangun Bisnis Farmasi yang Sukses di Era Saat Ini

6 Tips dan Cara Cerdas Membangun Bisnis Farmasi yang Sukses di Era Saat Ini

Pandemi COVID-19 yang tak kunjung usai ternyata tidak hanya memberikan dampak negatif saja, tetapi juga memberikan dampak positif. Dampak positif ini juga dirasakan oleh pengusaha, terutama pengusaha yang memiliki usaha minimarket.

Nampaknya usaha minimarket menjadi yang paling diuntungkan saat masa pandemi ini. Bagaimana tidak, jika jenis usaha lain mengalami penurunan omzet sebaliknya bisnis minimarket justru mengalami pertumbuhan yang sangat bagus.

Contohnya seperti K24 dan Kimia Farma. Dua perusahaan yang bergerak di bidang farmasi ini fokus menyediakan kebutuhan supply obat-obatan dan peralatan kesehatan lainnya.

Meski memiliki peluang yang sangat besar tetapi untuk memulainya harus direncanakan dan dipersiapkan dengan baik.

Sebelum membukanya Anda harus memilih lokasi yang strategis, memahami pola belanja pelanggan, memasang harga yang tepat dan menjaga stok. Beberapa hal tersebut menjadi kunci kesuksesan bisnis di bidang farmasi.

Daftar Tips Sukses dan Cara Cerdas Membangun Bisnis di Bidang Farmasi

Dari berbagai jenis yang ada, bisnis farmasi dan apotek yang menjual berbagai jenis obat-obatan menjadi yang paling diuntungkan saat pandemi COVID-19 ini.

Ini dikarenakan kebutuhan obat mengalami peningkatan. Berikut ini adalah beberapa tips sukses membangun bisnis apotek.

1. Melakukan Analisis Peluang dan Kebutuhan Pasar


Sebelum memulai bisnis, Anda harus melakukan analisis pasar. Analisis ini penting untuk dilakukan karena bertujuan untuk mengetahui kebiasaan apa yang sedang disukai oleh konsumen.

Contohnya yaitu persentase konsumen yang melakukan belanja online semakin meningkat saat pandemi.

Produk kesehatan penjualannya meningkat pesat saat pandemi ini. Penjualan produk kesehatan seperti obat-obatan dan vitamin mengalami peningkatan, baik dari penjualan offline atau online. Namun, persentasenya lebih besar penjualan secara online.

Jika Anda ingin memulai bisnis, disarankan untuk membangun bisnis farmasi yang menjual produk kesehatan yang lebih fokus menjual produknya secara online.

2. Menentukan Media yang Tepat

Banyak orang beranggapan bahwasanya membangun dan memulai bisnis saat pandemi seperti ini sangat sulit dilakukan. Akan tetapi, tetap ada cara yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan.

Salah satu caranya yaitu menentukan dan juga merencanakan media penjualan yang akan dilakukan. Di mana Anda disarankan untuk lebih berfokus pada penjualan digital.

Penjualan produk secara online ini juga dipilih oleh banyak perusahaan, salah satunya apotek.

Di mana apotek tersebut memberikan pelayanan pembelian obat secara online yang bekerja sama dengan berbagai e-commerce, maupun aplikasi konsultasi dokter dan transportasi ojek online.

Tentu ini sangat membantu karena pelanggan tidak perlu keluar rumah untuk membeli obat. Obat yang dipesan secara online nantinya akan diantarkan langsung ke alamat pelanggan.

3. Mempertimbangkan Peluang Pasar


Bisa dibilang membangun bisnis saat masa pandemi menjadi tantangan baru. Supaya bisa bertahan dalam kondisi ini maka calon pebisnis diharuskan lebih pandai dalam melihat peluang.

Dalam hal ini pebisnis harus bisa melihat apa saja yang semakin diminati saat pandemi. Misalnya, membuka bisnis farmasi yang menjual obat-obatan, alat pendukung Kesehatan seperti masker, hand sanitizer, face shield, dan lainnya.

Obat-obatan sangat dibutuhkan untuk menyembuhkan penyakit atau menjaga daya tahan tubuh supaya tetap kuat. Jika daya tahan tubuh menurun maka tidak bisa lagi melawan virus maupun bakteri.

4. Manfaatkan Media Sosial

Peran media sosial dalam bisnis memberikan dampak positif yang sangat besar dalam mengembangkan bisnis. Tentu jika dimanfaatkan dengan baik maka bisa memberikan keuntungan yang besar.

Maka dari itu, memaksimalkan keberadaan media sosial untuk promosi bisnis yang sedang dijalankan.

Selain untuk media promosi, media sosial juga bisa difungsikan sebagai portofolio, galeri atau milestone supaya pelanggan bisa lebih mengenal bisnis Anda dengan dekat.

Perlu diketahui jika faktor lokasi strategis menjadi poin penting agar bisnis yang dijalankan mendapatkan keuntungan dan bisa sukses.

5. Mengelola Pendapatan Secara Bijak


Apapun jenis bisnis yang dijalankan, baik dalam skala kecil atau besar pasti membutuhkan pendapatan maupun pengeluaran.

Maka itu, supaya bisnis selalu menguntungkan dan tetap bertahan di masa pandemi COVID-19, pengelolaan uang menjadi faktor penting.

Di mana Anda harus memahami aspek apa saja yang bisa menekan pengeluaran atau sektor apa saja yang bisa memaksimalkan pendapatan bisnis.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengelola keuangan, tidak ada salahnya untuk memberikan tanggung jawab kepada orang lain yang lebih berkompeten. Meski begitu, Anda harus tetap aktif untuk mengetahui perputaran uang dalam bisnis.

Disarankan untuk menyediakan tabungan khusus supaya memisahkan uang pribadi dengan uang untuk bisnis.

6. Memberikan Pelayanan Terbaik untuk Konsumen

Kelancaran bisnis yang dijalankan juga dipengaruhi oleh kualitas layanannya. Meski menjual produk yang sama, bisnis dengan pelayanan konsumen dengan baik menjadi yang lebih lama bertahan.

Saat bisnis yang dijalankan memberikan pelayanan yang baik maka konsumen tersebut akan merekomendasikan bisnis Anda kepada orang ini. Secara tidak langsung ini merupakan salah satu bentuk promosi gratis.

Itulah informasi tentang tips sukses membangun bisnis farmasi berupa apotek. Untuk membangun bisnis di masa pandemi ini direkomendasikan untuk lebih memaksimalkan media digital untuk penjualan barang.

Kondisi ini didasari oleh perilaku belanja online pada masyarakat mengalami peningkatan.

Dalam menjalankan bisnis farmasi ini, Anda disarankan untuk menggunakan pembukuan online dengan menggunakan SystemEver.

SystemEver ini merupakan penyedia sistem cloud ERP terbaik untuk bisnis Anda. Cloud ERP Indonesia ini akan memberikan banyak kemudahan dan kelancaran dalam menjalankan bisnis.

Produk cloud ERP terbaik untuk bisnis minimarket adalah SystemEver ERP Trading & Distribution.

Software sistem ERP untuk perusahaan distribusi ini sudah terintegrasi dengan consignment (konsinyasi), penjualan dan pengelolaan (sistem manajamen inventory).

Dengan software ERP terbaik ini Anda bisa dengan mudah melihat stok barang, memaksimalkan bisnis dengan Sistem ERP Penjualan Konsinyasi dengan sangat mudah. SystemEver Trading & Distribution sangat cocok bagi Anda pelaku bisnis yang memasarkan produknya secara konsinyasi.

Artikel Terkait