Pelajari lebih lanjut bagaimana SystemEver sangat tepat untuk bekerja remote Lihat Video Tutorial. 

Artikel

5 Cara Analisis Bisnis, Jenis dan Pentingnya Bagi Perkembangan Usaha

5 Cara Analisis Bisnis, Jenis dan Pentingnya Bagi Perkembangan Usaha

Membangun dan menjalankan bisnis bukanlah suatu yang mudah sehingga tidak banyak orang yang menggeluti dunia bisnis.

Dalam menjalankan bisnis tidak cukup hanya memiliki modal saja tetapi ada banyak hal lainnya yang harus dipelajari, salah satunya analisis bisnis. Apa itu analisis bisnis? 

Business analysis atau analisis bisnis adalah ilmu atau teknik yang digunakan untuk mengevaluasi prospek ekonomi dan juga risiko perusahaan.

Ruang lingkup analisis bisnis ini cukup luas, seperti strategi yang dijalankan, analisa lingkungan, kinerja perusahaan dan kondisi keuangan.

Hasil analisis bisnis yang dilakukan nantinya akan memberikan kontribusi yang besar bagi perusahaan. Lalu bagaimana cara melakukan analisis bisnis?

Cara dan Jenis dari Analisis Bisnis


Sebelum melakukan analisis bisnis diharuskan untuk terlebih dahulu mengetahui jenis-jenis analisis bisnis.

Setelah mengetahuinya, langsung saja pilih salah satu untuk melakukan analisis. Inilah 5 jenis analisis bisnis yang bisa dipilih. 

1. Analisis Bisnis SWOT 

SWOT merupakan singkatan dari Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (kesempatan) dan Threat (ancaman).

Mengingat perilaku konsumen yang ikut berubah mengikuti perkembangan teknologi maka perlu untuk memahami jenis analisis bisnis satu ini.

Melakukan analisis bisnis SWOT maka  akan mendapatkan gambaran yang lebih efektif dan jelas dari sebuah perusahaan. 

Dengan begini maka pemilik bisnis bisa memanfaatkan peluang, memahami kekuatan serta kelemahan bisnis.

Analisis bisnis ini bisa dilakukan dengan cara mendengar masukan dari pemangku kepentingan. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya titik buntu dalam proses pengambilan keputusan.

2. Analisis Bisnis MOST 

Jenis analisis bisnis ini dilakukan untuk menetapkan tujuan di setiap level perusahaan Dimana MOST berfokus pada tujuan terpenting perusahaan. MOST itu sendiri terdiri dari:

  • Misi: Tujuan perusahaan. Semua keputusan yang diambil harus berdasarkan tujuan perusahaan
  • Tujuan: Apa saja yang perlu dilakukan perusahaan untuk mencapai misi
  • Strategi: Langkah-langkah spesifik untuk mencapai tujuan perusahaan dan juga bagaimana cara untuk mencapainya
  • Taktik: Metode kecil serta efisien yang digunakan untuk menjalankan strategi yang bisa dicapai 

3. Pemodelan Proses Bisnis (Business Process Modeling/BPM)

Business Process Modeling merupakan analisis bisnis yang disebut juga dengan sebutan pemetaan proses bisnis.

Beberapa manfaat dari jenis analisis bisnis ini adalah menemukan cara untuk melakukan efisiensi serta menciptakan peningkatan kinerja.

Manfaat lainnya yaitu untuk menjelaskan kepada karyawan tentang deskripsi tanggung jawab dan menyediakan pemetaan strategi yang akan dilakukan berikutnya.

4. Analisis Bisnis PESTEL

Analisis bisnis PESTEL ( Politik, Ekonomi, Sosial, Teknologi, Lingkungan, Legalitas) adalah analisis bisnis yang dilakukan untuk memantau faktor lingkungan dan pengaruhnya terhadap perusahaan.

Pada umumnya, analisis ini akan membantu perusahaan dalam menentukan waktu dan juga strategi peluncuran produk maupun layanan  baru. Analisis bisnis PESTEL bisa digunakan untuk membuat analisis SWOT dan evaluasi penelitian. 

5. CATWOE

Peter Checkland mengatakan bahwa manfaat analisis bisnis CATWOE adalah untuk memeprtimbangkan tujuan, amsalah, strategi dan bagaimana suatu layanan atau produk mempengaruhi bisnis.

CATWOE itu sendiri merupakan singkatan dari Customers, Actors, Transformation, Process, Worldview, Owners, Environmental constraints. 

Pentingnya Analisis Bisnis Bagi Perkembangan Usaha

1. Untuk Menekan Anggaran


Tidak semua perusahaan memiliki anggaran pemasaran yang besar. Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan analisis bisnis.

Dengan analisis bisnis maka  perusahaan bisa mengoptimalkan pengeluaran dengan membantunya memahami pelanggan dengan baik.

Apabila suatu perusahaan memahami pelanggan maka akan bisa bersaing dengan kompetitor, mengantisipasi kebutuhan pelanggan  dan menghasilkan ide maupun produk yang inovatif. 

2. Memanfaatkan Peluang

Melakukan analisis bisnis akan memberikan banyak manfaat untuk perusahaan salah satunya yaitu bisa memanfaatkan peluang.

Cara memanfaatkan peluang tersebut dengan membedakan produk atau barang yang sudah ada di pasaran.

Dengan begini, maka akan diketahui peluang apa yang masih sangat jarang persaingannya dan prospek kedepannya sangat baik.

3. Meningkatkan Keuntungan dengan Cepat


Analisis bisnis sangat penting untuk dilakukan karena akan membantu perusahaan menjadi lebih berkembang.

Melakukan analisis bisnis akan membuka peluang perusahaan untuk menaikkan keuntungan dengan cepat dibandingkan jika perusahaan tidak melakukan analisis bisnis. 

4. Mendapatkan Konsumen

Jika perusahaan melakukan analisis bisnis dengan benar maka akan lebih mudah dalam mendapatkan konsumen. Ini dikarenakan produk atau barang yang dijual sedai dengan yang dibutuhkan oleh konsumen.

5. Menjadi Tren Bisnis

Melakukan analisis bisnis juga akan memunculkan ide baru yang akan membuat bisnis yang dijalankan menjadi trend setter pebisnis lainnya.

Apabila sudah menjadi trend setter maka penjualan bisnis akan semakin meningkat sehingga keuntungan yang diperoleh semakin besar.

Itulah informasi tentang cara analisis bisnis, jenis dan pentingnya bagi perkembangan usaha. Selain dengan melakukan analisis bisnis, perusahaan juga akan berkembang apabila menggunakan sistem ERP terbaik SystemEver.

SystemEver merupakan penyedia sistem cloud ERP Indonesia yang bisa digunakan untuk mengelola dan memonitoring bisnis yang dijalankan. 

Cloud ERP terbaik ini memiliki banyak kelebihan, seperti memiliki harga yang sangat terjangkau, bisa diakses dengan berbagai macam perangkat, hadir dalam bahasa Indonesia dan disesuaikan dengan kultur bisnis yang ada di Indonesia.

Jadi, tunggu apalagi? Segera gunakan software sistem ERP SystemEver Indonesia untuk kemajuan bisnis Anda.

Artikel Terkait