Pelajari lebih lanjut bagaimana SystemEver sangat tepat untuk bekerja remote Lihat Video Tutorial. 

Artikel

7 Jenis Industri yang Paling Membutuhkan Jaringan 5G

7 Jenis Industri yang Paling Membutuhkan Jaringan 5G

Jaringan 5G sudah bisa digunakan di Indonesia. Akan tetapi, tidak semua wilayah bisa menggunakan jaringan ini. Ada dua perusahaan operator seluler yang sudah menyediakan jaringan 5G, yaitu Telkomsel dan Indosat.

Telkomsel menjadi perusahaan operator seluler yang lebih dahulu menyediakan jaringan ini, beberapa bulan kemudian Indosat menyusul.

Mulai tersedianya jaringan 5G di Indonesia memberikan angin segar, terutama untuk duni industri di Indonesia.

Hal ini dikarenakan jaringan 5G memiliki keunggulan yaitu mekoneksi internet yang lebih baik dan juga memiliki latensi yang lebih rendah sehingga memungkinkan perangkat merespons lebih cepat ke perangkat lainnya. 

Pengaruh jaringan 5G untuk dunia industri ialah bisa membantu perusahaan meningkatkan penawaran layanannya serta menciptakan layanan baru yang lebih menguntungkan lagi.

Lantas, apa saja jenis industri yang membutuhkan jaringan 5G? Berikut jawaban lengkapnya.

Daftar Jenis-Jenis Industri yang Paling Membutuhkan Jaringan 5G

Banyak keunggulan yang dimiliki oleh jaringan 5G yang dirasakan masyarakat maupun dunia industri.

Salah satu keunggulan dari jaringan 5G adalah memiliki koneksi yang lebih cepat sehingga akan mempermudah pengguna melakukan berbagai hal.

Namun, dunia industri menjadi sektor yang paling diuntungkan dari kehadiran jaringan 5G ini. Berikut adalah jenis industri yang paling membutuhkan jaringan 5G, antara lain:

1. Industri Kreatif


Industri kreatif menjadi jenis industri yang paling membutuhkan jaringan 5G. Hal ini dikarenakan jaringan 5G memiliki koneksi yang lebih cepat.

Koneksi yang cepat ini akan mempermudah pengguna untuk mengunduh ataupun mengunggah video dengan kecepatan tinggi. Selain itu, juga untuk memaksimalkan penggilan video. 

Tidak berhenti sampai di situ saja, sistem yang terdapat pada jaringan 5G sangat cocok untuk digunakan pada industri kreatif karena memungkinkan pengguna untuk mendapatkan sajian konten video berkualitas hingga resolusi 4K tanpa terganggu.

2. Perencanaan Kota  

Jaringan 5G dengan teknologi mixed reality sangat membantu industri perencanaan tata kota.

Di mana teknologi tersebut bisa mengkombinasikan tampilan virtual dengan tampilan nyata. Tampilan virtual yang ditampilkan bisa berupa tampilan dengan bantuan kacamata pintar atau hologram.

Teknologi mixed reality juga dianggap bisa mempermudah dalam penataan ruang perkotaan. Alasannya karena pemerintah bisa mencocokkan perencanaan yang dibuat dengan tampilan nyatanya.

Tidak heran jika kehadiran jaringan 5G sangat ditunggu oleh orang-orang yang bekerja dalam industri perencanaan tata kota.

3. Pemantauan Lalu Lintas 

Berbagai keunggulan yang dimiliki oleh jaringan 5G membuatnya sangat dibutuhkan oleh dunia industri, salah satunya untuk pemantauan lalu lintas. Smart Surveillance bisa digunakan pada sektor keamanan dan juga lalu lintas.

Di mana dengan menggunakan jaringan 5G maka proses pemindahan objek bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Objek yang dimaksud di sini seperti pengenalan wajah dengan kualitas gambar yang sudah Full HD dan plat nomor kendaraan di jalan.

Selain itu, Smart Surveillance bisa juga diimplementasikan untuk industri logistik maupun transportasi.

Ini dikarenakan Smart Surveillance bisa mengawasi setiap pergerakan kendaraan secara real time. Tentu kondisi ini akan memudahkan Operator Bandar udara ataupun manajemen lalu lintas Operator Pelabuhan. 

4. Pengawasan dengan Drone


Kehadiran jaringan 5G di Indonesia sudah sangat ditunggu-tunggu karena jaringan ini dilengkapi dengan berbagai teknologi yang canggih. Salah satu teknologi tersebut adalah Smart Air Patrol.

Dengan teknologi ini keberadaan drone bisa dimanfaatkan untuk mengawasi pabrik secara real time dengan pengiriman berlatensi rendah.

Kegunaan lainnya yaitu untuk penyiraman pupuk serta memantau saluran pipa di industri minyak, gas dan agrikultur.

Smart Air Patrol yang diimplementasikan pada industri minyak dan gas memungkinkan drone untuk bisa memantau saluran pipa dengan panjang 240 kilometer.

Jika dibandingkan dengan menggunakan helikopter, biaya memantau saluran pipa menggunakan drone jauh lebih murah. 

5. Teknologi Virtual Reality

Immersive collaboration adalah sambungan layanan ultra broadband yang memungkinkan pengguna untuk melakukan kolaborasi tanpa batas antara pelaku bisnis di berbagai tempat atau lokasi untuk saling bekerjasama.

Artinya tanpa bertemu langsung maka para pelaku bisnis di berbagai tempat sudah bisa melakukan kerjasama. 

Menariknya lagi, sistem ini juga didukung oleh teknologi fixed wireless access. Teknologi fixed wireless access bisa memberikan kecepatan akses sehingga penyajian konten VR bisa disajikan dengan kualitas tinggi seta konferensi video tanpa adanya gangguan. 

6. Industri 4.0


Jaringan 5G juga bisa dimanfaatkan oleh industri di sektor logistik.

Di mana pelaku bisnis di sektor ini bisa menggunakan koneksi jaringan 5G untuk memonitoring mobilitas barang di pabrik ataupun pergudangan.

Dikarenakan jangkauan 5G lebih luas jika dibandingkan dengan WiFi maka pengguna hanya membutuhkan sedikit perangkat. 

7. Cloud Gaming

Jenis industri selanjutnya yang membutuhkan jaringan 5G adalah industri cloud gaming. Hadirnya jaringan 5G memungkinkan industri cloud gaming untuk semakin berkembang.

Dengan menggunakan teknologi ini maka pemain game hanya perlu melakukan streaming game yang akan dimainkan.

Nah itulah 7 jenis industri yang paling membutuhkan jaringan 5G. Jaringan 5G yang memiliki koneksi lebih cepat akan memudahkan pelaku bisnis di jenis industri tersebut untuk mengerjakan berbagai pekerjaan dengan mudah dan cepat. Selain itu biaya yang dikeluarkan menjadi lebih ringan.

Agar bisnis dapat berkembang, bukan hanya 5G yang dapat membantu, tetapi cloud yang dapat membantu mereka tumbuh. Di mana cloud ERP Indonesia yang direkomendasikan adalah SystemEver.

Cloud ERP terbaik ini memiliki kemampuan yang mumpuni dalam membantu kinerja perusahaan.

Software sistem ERP SystemEver bisa dengan mudah digunakan, tidak terbatas waktu serta lokasi yang tidak dibatasi ruang dan waktu.

Artinya sistem ERP terbaik SystemEver bisa digunakan kapan dan di mana saja.

Menariknya lagi, SystemEver juga bisa di custom disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. SystemEver menjadi sistem software ERP yang cocok digunakan oleh berbagai perusahaan.

SystemEver menjadi sistem cloud ERP untuk perusahaan distribusi, sistem penjualan konsinyasi, ERP konsultan akuntasi, perusahaan manufaktur dan sebagainya.

Artikel Terkait