Pelajari lebih lanjut bagaimana SystemEver sangat tepat untuk bekerja remote Lihat Video Tutorial. 

Artikel

7 Trik Mencari Peluang Bisnis Yang Menguntungkan Saat Corona

7 Trik Mencari Peluang Bisnis Yang Menguntungkan Saat Corona

Harus diakui, pandemi virus Corona menyebabkan dunia usaha melesu secara global. Kendati demikian, sebagai pelaku bisnis, Anda harus tetap optimis bisa menghadapi pandemi ini dengan berbagai terobosan yang inovatif. Jika bisnis yang Anda jalani sedang melesu, carilah peluang binis lain yang bisa menguntungkan. Tentu saja bisnis yang menguntungkan adalah bisnis yang mampu memberikan solusi bagi kebutuhan konsumen. 

Bagaimana cara Anda mencari peluang bisnis yang menguntungkan di tengah pandemi Corona ? Simak langkah berikut ini : 

1.      Melihat Value dan Benefit dari perilaku Masyarakat

Masyarakat akan memilih sesuatu yang menguntungkan dan memberikan manfaat lebih bagi kehidupannya. Contohnya, Anda bisa perhatikan bagaimana masyarakat mencari barang yang mereka butuhkan dalam situasi self isolation . Yap, penjualan secara online merupakan solusi bisnis yang menguntungkan saat Corona. 

Tinggal Anda mencari produk atau jasa apa yang dicari masyarakat. Seperti, produk imunitas tubuh, rempah-rempah jejamuan, masker dan cairan pembersihan tubuh dan lingkungan. 

2.  Menjalankan Komunikasi dan Observasi Perilaku customer

Para wirausahawan harus memahami apa yang pelanggan butuhkan saat ini dan menghubungkannya dengan jasa maupun produksi. Contohnya seperti beberapa provider menawarkan kuota gratis untuk akses belajar bagi siswa di rumah. Selain itu, ada transportasi online memberikan diskon besar bagi pelanggan yang menggunakan jasa antar makanan.

3. Mencari Segala Sesuatu yang Bersifat Touch Point

Pebisnis harus mencari hal yang bersifat langsung menyentuh dengan konsumen. Seperti memberikan potongan harga kepada konsumen terkait dengan wabah Covid-19. Anda harus dapat mengambil hati konsumen agar tertarik dengan barang atau jasa yang ditawarkan oleh Anda, hal tersebut seperti menawarkan empati kepada konsumen. Seperti jika Anda bergerak di layanan delivery, Anda bisa memberikan free ongkir dalam jumlah tertentu misalnya. Atau pengemasan produk yang lebih higienis dan sebagainya.

 

4. Cermat untuk mengurangi kerugian

Jika Anda berada di bisnis kecil, maka harus bisa mencari cara mengurangi resiko saat berlangsungnya transaksi. Contohnya, jika Anda berjualan sayur, maka Anda hanya akan membeli stok yang memang sudah dipesan oleh pelanggan-pelanggan sebelumnya. Hal tersebut dapat mengurangi resiko barang yang tidak dibeli oleh pelanggan.

5. Model Bisnis yang Inovatif

Model bisnis ini bersifat baru dan menyesuaikan dengan situasi. Contohnya seperti bisnis dimana karyawan Anda tetap bisa bekerja di rumah. Bekerja sama dengan sejumlah supplier atau mitra kerja yang bisa memenuhi permintaan konsumen tanpa perlu bertatap muka. Untuk memudahkan dalam bekerja jarak jauh, Anda bisa menggunakan software ERP (Entreprise Resource Planning) yang berfungsi membuat sektor kerja dalam bisnis Anda terintegrasi secara real time. Bagaimana teknis penerapan software ERP, Anda dapat menghubungi perusahaan penyedia jasa ERP, yaitu SystemEver Indonesia. 

6. Menghitung Potensi Untung 

Jika Anda adalah seseorang yang baru akan memulai bisnis di tengah wabah Covid-19, Anda harus bisa memperkirakan untung yang akan diperoleh. Perhitungkan dengan cermat modal yang Anda miliki bisa bertahan selama berapa lama sekaligus juga peluang laba yang diperoleh. 

7.  Mempertimbangkan Skala Bisnis

Trik lain untuk Anda yang memulai bisnis adalah merintis dengan skala yang sesuai dengan modal yang Anda miliki. Hilangkan segala biaya yang tidak perlu dan bersegera mengamankan aliran uang kas. Kas bagi seorang pebisnis adalah sesuatu yang krusial dan berdampak pada kelancaran usaha Anda.

 

Itulah beberapa trik mencari usaha di saat Corona. Peluang bisnis selalu terbuka bagi mereka yang pintar dalam mencari peluang dalam setiap kondisi. Perlu nyali dan banyak perimbangan pada kondisi seperti ini. Maka dari itu, Anda dituntut untuk bertindak di luar perilaku biasa. Tekad untuk mencari hal baru dan niat juga menjadi salah satu kuncinya.

 

Artikel Terkait