Learn how SystemEver fits perfectly into your remote work trip. Watch Tutorial Video. 

Article

4+ Tips dan Cara Membangun Bisnis yang Autopilot dan Sukses

4+ Tips dan Cara Membangun Bisnis yang Autopilot dan Sukses

4+ Cara Membangun Bisnis yang Autopilot dan Sukses

Bagi sebagian orang mendengar bisnis yang autopilot masih sangat asing, terutama bagi masyarakat awam.

Namun, bagi seseorang yang sudah terjun di dunia bisnis pasti sudah mengetahui. Bahkan banyak pelaku bisnis yang berkeinginan menjadikan bisninya menjadi autopilot.

Lalu, apa itu bisnis yang autopilot dan bagaimana cara membangunnya? Yuk, langsung saja simak penjelasan di bawah ini.

Apa Itu Bisnis Autopilot?

Bisnis yang autopilot merupakan bisnis yang bisa berjalan sendiri. Artinya dalam bisnis tersebut owner tidak perlu pusing memikirkan bagaimana cara menjalankan bisnis. Owner bisa memikirkan bisnis lainnya karena meski ditinggalkan oleh owner, bisnis tetap bisa berjalan sebagaimana mestinya. 

Bisnis yang sudah autopilot, kaki maupun tangan bisnis sudah berjalan dengan baik. Hal ini berarti owner sebagai pemilik bisnis tidak perlu bingung untuk terjun atau campur tangan secara langsung dalam menangani bisnisnya karena sudah terdapat orang kepercayaan dan karyawan yang menjalankan bisnisnya.

Bisnis seperti ini sangat menguntungkan owner karena memiliki banyak waktu untuk memikirkan perkembangan bisnisnya supaya semakin sukses. Waktu luang tersebut juga bisa digunakan untuk membuka berbagai cabang bisnis lainnya. Bisnis yang sudah autopilot akan memberikan banyak keuntungan. berikut ini beberapa keuntungan yang akan diperoleh: 

1. Time Freedom (Kebebasan Waktu)

Memutuskan membangun dan menjalankan bisnis dengan sistem autopilot, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan. salah satunya memiliki waktu yang sangat banyak.

Waktu yang dimiliki bisa dimanfaatkan untuk apa saja, misalnya travelling, di rumah bersama keluarga atau dimanfaatkan untuk membangun bisnis lainnya. 

Memiliki banyak waktu luang ini dikarenakan bisnis yang dimiliki sudah diambil alih oleh orang kepercayaan, sistem maupun karyawan. Akan tetapi, tidak semua bisnis bisa dijadikan sebagai bisnis autopilot.

2. Financial Freedom (Kebebasan Financial)

Tidak bisa dipungkiri jika bisnis yang sudah autopilot akan mendatangkan banyak keuntungan, salah satunya mendapatkan income.

Bisa dibilang income diperoleh dengan sangat mudah karena Anda sebagai pemilik bisnis tidak harus ikut campur tangan di dalamnya. Sistem bisnis autopilot akan terus menghasilkan uang walaupun Anda santai-santai saja.

Cara Membangun Bisnis Autopilot yang Sukses

Apabila Anda tertarik untuk memiliki bisnis autopilot maka harus mengetahui bagaimana cara membangunnya.

Ada beberapa tahapan yang harus diterapkan. Berikut langkah-langkah dari tahapan membangun bisnis autopilot:

1. Tahap Penguasaan (Mastery)

Tahapan pertama yaitu tahap penguasaan. Pada tahap ini, ada satu hal dasar yang perlu Anda pahami yaitu mengubah kekacauan serta kesenjangan menjadi lebih terkontrol lagi.

Apabila masih ada bagian yang belum terkontrol sebaiknya segera mengontrolnya terlebih dahulu.

Pada tahapan ini, ada 4 hal yang harus Anda kuasai supaya bisnis autopilot yang dijalankan bisa sukses. Berikut ini beberapa hal tersebut:

a. Penguasaan Tujuan 

Maksudnya yaitu Anda harus tahu apa yang menjadi tujuan dalam bisnis. Dalam hal ini Anda harus mengetahui target bisnis jangka pendek maupun jangka panjang sehingga Anda beserta tim bisa menjalankannya dengan optimal.

b.  Penguasaan Keuangan

Supaya bisnis yang dijalankan bisa berjalan dengan lancar maka Anda harus memiliki manajemen keuangan yang baik, entah itu manajemen pemasukan maupun manajemen pengeluaran.

Hal ini sangat penting dikarenakan berjalannya bisnis atau tidak itu tergantung dari kedua hal tersebut.

c. Penguasaan Waktu

Sebagai pemilik bisnis Anda harus memastikan tidak ada orang yang bersantai dalam bisnis Anda.

Anda harus memastikan semua pihak atau orang yang terlibat dalam bisnis sangat produktif saat bekerja.

d. Penguasaan Pelayanan

Apabila bisnis yang Anda jalankan merupakan jenis bisnis di dalam bidang pelayanan, maka Anda harus memantau kualitas pelayanan bisnis Anda memiliki kualitas yang sama antara hari ini, besok atau bahkan satu tahun ke depan. Artinya dari waktu ke waktu Anda harus memberikan pelayanan yang baik kepada seluruh pelanggan.

2. Tahap Marketing

Pada tahap Marketing Anda diharuskan untuk lebih fokus pada bidang pemasaran bisnis. Perlu ditanamkan dalam diri bahwa sukses tidaknya sebuah bisnis ditentukan di tahap marketing ini. Buatlah sistem marketing yang kreatif dan menarik supaya mendapatkan perhatian pasar atas produk yang dipasarkan.

Namun, sebelum memutuskan marketing yang digunakan, Anda harus tahu tips dan triknya. Hal ini bertujuan supaya produk yang dipasarkan akan memberikan impact yang sangat memuaskan.

Anda diharuskan untuk membuat iklan semenarik mungkin. Disarankan untuk menghindari perang harga karena bisa mengacaukan semuanya. 

Bahwasanya dalam menjalankan suatu bisnis, menawarkan produk dengan harga murah bukanlah jaminan produk tersebut akan laku.

Jadi, Anda harus menghindari perang harga. Sebaiknya kenali kualitas dan mutu produk yang Anda jual kemudian membuat harga yang sesuai dengan kualitasnya.

3. Tahap Memberikan Pengaruh

Tahapan yang ketiga yaitu tahap memberikan pengaruh. Supaya bisnis yang sedang dijalankan bisa berkembang menjadi bisnis autopilot, Anda perlu membangun sistem di setiap bagian yang ada dalam bisnis Anda. Sistem yang dibangun harus mengandung beberapa hal berikut ini:

  • Mempunyai visi dan misi yang jelas

  • Strukturisasinya tepat

  • Manusia, keuangan, manajemen, marketing dan teknologi mumpuni

  • Buat bisnis yang tergantung pada sistem bukan orang

4. Tahap Membangun Tim yang Solid 

Tahap ini merupakan tahap terakhir dalam membangun bisnis autopilot. Ada 6 poin yang harus dilakukan dalam membangun tim yang kuat, antara lain:

  • Kepemimpinan yang kuat

  • Common goal

  • Aturan main

  • Action plan

  • Support risk taking

  • 100% inclusion and involved.

Konsultan Pajak dan Akuntansi SystemEver

Supaya bisnis autopilot bisa berjalan dengan baik dan semakin sukses disarankan untuk menggunakan SystemEver.

SystemEver merupakan software ERP terbaik di Indonesia. Software ini bisa digunakan untuk mengelola dan juga mengintegrasikan aktivitas operasional suatu bisnis, mulai dari mengelola keuangan, manajemen SDM, produksi, proyek dan sebagainya. Penggunaan software ini akan memudahkan dalam pengelolaan data dan informasi dalam sebuah bisnis. 

SystemEver dapat memudahkan proses pengelolaan keuangan bisnis Anda dan juga membantu Anda dalam membuat keputusan tepat dalam hal bisnis sehingga dapat mencapai autopilot dengan cepat. 

Tidak hanya untuk pengelolaan bisnis, SystemEver juga memperkenalkan produk terbaru mereka yaitu, i1 AccounTax Service yang bisa mempermudah para empunya bisnis konsultasi pajak dan akuntansi (bahkan KAP) dalam memberikan layanan jasa pajak dan akuntansi ke klien. proses pengelolaan dan pencatatan akuntansi dan pajak. Dengan sistem ini, pengelolaan keuangan bisa dilakukan hanya dalam 1 sistem online yang terintegrasi dan berbasis ERP. 

Itulah informasi mengenai bagaimana cara membangun bisnis yang autopilot. Dengan SystemEver, bisnis yang autopilot baik dari segi manajemen, administrasi, dan keuangan bisa diperoleh dengan mudah. Solusinya adalah dengan i1 AccounTax Service. 


Related Article