Learn how SystemEver fits perfectly into your remote work trip. Watch Tutorial Video. 

Article

April 2021 Collaboration with PajakMania Community

April 2021 Collaboration with PajakMania Community

Penerapan Transformasi Digital 

Ketika berkecimpung dalam dunia teknologi maupun  memiliki perusahaan yang berbasis digital pasti tidak asing dengan kata transformasi digital atau digital transformation. Perlu diketahui transformasi digital merupakan terobosan paling disruptif pada abad ini. Berbagai aktivitas perusahaan yang pada awalnya dilakukan secara manual kini telah berubah menjadi serba digital. Mulai dari pencatatan data, pembayaran sampai marketing saat ini sudah berkembang ke arah digital.

Transformasi digital sendiri diartikan sebagai perubahan strategi perusahaan dengan berbagai aktivitas dan layanan berbasis teknologi. Hal ini bertujuan agar lebih mudah, cepat, praktis dan tentunya efektifitas kinerja perusahaan meningkat. Dalam kasus tersebut perubahan yang terjadi di internal perusahaan. Transformasi digital juga bisa dilakukan ke eksternal perusahaan dengan tujuan meningkatkan efektifitas layanan kepada pelanggan.

Studi Kasus Green Corse dalam Menerapkan Transformasi Digital 

[Please check the Case Study, link we share contain different company – Mr Lee was CEO of Dongsung Food and Green Course a different company. Check Also Green Course content in our GDrive -> Asset -> Material -> Customer Case (2). If you have any question, feel free to ask.]

Setelah melakukan transformasi digital, perusahaan Green Course terus mengalami pertumbuhan. Perlu diketahui bahwa sebelum menerapkan sistem digital, berbagai kendala ditemukan seperti banyak kesalahan dalam pencatatan data, data untung rugi hanya tersedia setahun sekali. 

Ketika menemukan berbagai kendala tersebut, CEO Green Course, Lee Yong-taek melakukan transformasi digital dengan mengenalkan dan menerapkan ERP. Menurut Lee, ERP bukanlah sebuah pilihan namun sebuah kewajiban. ERP dapat memberikan solusi terhadap kendala yang ditemukan dan akan berpengaruh terhadap kelangsungan operasional jangka panjang perusahaan.

Penggunaan ERP diyakini bisa mempermudah operasional perusahaan terutama pada perusahaan yang bergerak di bidang industri makanan seperti halnya Dongsung Food. Dongsung Food merupakan perusahaan yang memproduksi mie, beras dan saus. Produk yang dihasilkan kemudian didistribusikan ke berbagai daerah.

Dikenalkannya ERP oleh CEO Dongsung Food pada tahun 2004 bertujuan supaya perusahaan yang dipimpinnya mengalami pertumbuhan. Ceo Lee pertama kali bergabung dengan perusahaan pada tahun 2002 dengan penjualan mencapai 6 miliar won. Jumlah penjualan yang cukup besar tetapi hanya memiliki tiga komputer tentu sangat menyulitkan. Jumlah komputer yang terbatas juga membuat data yang dimiliki perusahaan sangat buruk bahkan terjadi banyak kesalahan. 

Penggunaan ERP dalam Green Course

Green Course menggunakan ERP tidak lain demi pertumbuhan perusahaan. ERP membuat data lebih akurat, rilis data untung dan rugi selama periode tertentu yakni setiap bulan, triwulan dan tahun. Sistem ini juga memungkinkan pengelolaan piutang dan biaya lain dapat dibayar dengan lebih cepat.

Menurut Lee bahwa efek terbesar yang dirasakan adalah segala aktivitas manajemen dapat diprediksi sehingga lebih responsif terhadap perkembangan lingkungan di masa depan. ERP juga berkaitan dengan data biaya dan untung rugi menjadi lebih jelas. Internal perusahaan pun dapat dengan mudah dievaluasi, sehingga seluruh karyawan dapat bekerja dengan arah yang jelas dan lebih efisien. Selain itu, data laba rugi perusahaan tidak hanya dihitung satu tahun sekali tetapi dengan adanya ERP bisa dilakukan setiap bulan. 

CEO Lee kemudian menegaskan bahwasanya ERP bukanlah suatu pilihan tetapi ini merupakan sebuah solusi penting untuk keberlangsungan hidup perusahaan dalam jangka waktu yang panjang. Tanpa menggunakan ERP perusahaan pasti akan sulit berkembang. Akan tetapi, sebelum perusahaan menggunakan ERP diharuskan terlebih dahulu untuk memiliki pemahaman dan juga filosofi ERP. Alasannya supaya bisa mengatasi serangan dari internal organisasi. Selanjutnya ERP harus digunakan terus menerus untuk bisa merasakan efek positifnya. 

Mengapa Systemever?

Sebuah perusahaan membutuhkan sistem dengan fitur lengkap dan mudah. Hadirnya Systemever ini akan sangat membantu perusahaan tanpa perlu tenaga khusus. Sistem ini juga akan menghemat biaya dan waktu. Pengelolaan perusahaan yang awalnya dilakukan secara manual, akan berganti menjadi otomatis atau dilakukan secara digital.

Systemever merupakan software ERP yang telah banyak dipakai di berbagai negara dan masuk top 10 terbaik di Asia Tenggara. Systemever ini juga dinobatkan sebagai Asian Best Cloud ERP. Software ini akan membantu mengelola perusahaan agar lebih fleksibel. Selain itu, sistem ini akan membantu dalam hal kecepatan dan kemudahan akses. Software ini dapat diakses dari berbagai perangkat, sehingga pemantauan kondisi perusahaan lebih real time dan dapat dilakukan di mana saja.

Selain itu, Systemever berbasis cloud akan sangat membantu mengetahui dan mendapatkan data dengan cepat guna menghindari kerugian, seperti menghindari kehabisan bahan baku dan barang kadaluarsa di gudang. 

Bagaimana Systemever Membantu Perusahaan?

Systemever yang berbasis cloud ini berfungsi memudahkan perusahaan dalam membuat laporan.  Software ini juga akan membantu perusahaan agar terus berkembang. Software ini mampu mengintegrasikan data dengan model single entry data. Model ini mampu meningkatkan kecepatan pelayanan dan efisiensi biaya sehingga lebih kompetitif. Bahkan data yang dihasilkan juga sangat akurat. Sistem ini juga akan menghubungkan antar divisi dalam perusahaan sehingga mempermudah kinerja masing-masing divisi.

Peningkatan efisiensi dari sebuah perusahaan yang menggunakan Systemever secara langsung akan menghasilkan manajemen yang lebih baik dan lebih efisien. Daya saing perusahaan akan meningkat dibanding perusahaan dengan aktivitas individu pada masing-masing lokasi/departemen. Tanpa sistem ini kesalahpahaman komunikasi akan sering terjadi, sehingga membutuhkan koordinasi lebih lama. Manajemen akan cepat mengetahui sumber masalah, sesegera mungkin mencari dan mengambil keputusan dengan tepat.

Systemever mampu mengoptimalkan integrasi berbagai proses dalam perusahaan, seperti logistic, distribusi, akuntansi, finansial dan tentunya sumber daya manusia. Sistem yang ada pada software ini mampu meningkatkan etos kerja karyawan. Hal ini berkaitan dengan proses dan alur kerja yang tersusun rapi sesuai dengan standar operasional perusahaan (SOP) yang berlaku.

Pada dasarnya keberadaan ERP sangat membantu perusahaan untuk berkembang lebih pesat. Bahkan laporan perusahaan juga bisa dilakukan dengan mudah dan lebih akurat. Jika aka kesalahan bisa dilacak dengan sangat mudah sehingga langsung bisa diperbaiki. 

Related Article