Article
Daftar Peluang Bisnis Kemasan
yang Menguntungkan Saat Ini
Di
tengah pandemi Corona yang telah berlangsung hingga memasuki semester kedua
jumlah permintaan kemasan terutama di bidang industri pangan kini kian
meningkat. Sebuah data menunjukkan bahwa pada masa Pandemi Covid 19 angka
penjualan pada industri kemasan mengalami peningkatan hingga 5%-10% pada segmen
kemasan makanan dan minuman.
Peningkatan
jumlah permintaan mengenai konsumsi kemasan dipicu karena kebutuhan makanan dan
minuman pada masa Pandemi ini memang terjadi peningkatan, masyarakat lebih
banyak menghabiskan waktu di rumah dengan begitu kebutuhan kemasan terutama
pada segmen pangan banyak dibutuhkan oleh pelaku usaha dan perusahaan besar di
bidang makan dan minuman.
Kebiasaan
kebanyakan masyarakat yang mengkonsumsi makanan yang dibeli secara online
melalui aplikasi meningkatkan angka penjualan kemasan. Data yang tertulis hasil
penjualan di sebuah perusahaan kemasan plastik menunjukkan pada semester
pertama di masa Pandemi Covid 19 segmen penjualan plastik kemasan tercatat
menyumbang penjualan sebesar Rp 1,18 triliun atau setara dengan 63,65% dari
total penjualan pada paruh pertama.
Jenis-jenis
Bisnis Kemasan yang Potensial Berkembang di Masa Pandemi
Tantangan
membuka bisnis terutama di bidang kemasan semakin besar dengan adanya Pandemi
Covid 19, sehingga harus jeli dalam menentukan jenis bisnis kemasan apa yang
dapat menjanjikan keuntungan. Dalam kondisi Pademi seperti sekarang harus
pandai menganalisa produk kemasan apa yang akan banyak dibutuhkan sehingga
risiko kerugian dapat diminimalisir. Seperti yang dibahas di atas, bisnis
kemasan mengalami peningkatan yang cukup baik pada segmen kemasan makanan dan
minuman.
Sehingga
bisnis kemasan makanan dan minuman memiliki peluang cukup besar untuk mulai
ditekuni. Pasalnya, saat ini pertumbuhan usaha kuliner online kian merambah
begitu besar yang akan memberi peluang selaian dari industri makanan dan
minuman saja. Saat ini kemasan tidak hanya berguna sebagai sebuah pembungkus
namun juga sebagai citra sebuah produk.
Dimana
saat ini para pelaku usaha kuliner berlomba-lomba membuat desain kemasan mereka
semenarik mungkin untuk memikat para konsumen. Itu karena dalam membangun citra
brand mereka tidak cukup hanya melalui soal rasa namun juga dari segi tampilan
luarnya yaitu kemasan. Saat ini tidak hanya usaha kuliner online saja yang
mulai berkembang pesat, pelakunya usaha UKM juga memiliki pasar yang cukup baik
untuk bisnis kemasan produk.
Lalu
apa sajakah jenis kemasan yang berhubungan dengan industri makanan dan minuman
yang akan menjanjikan keuntungan tersebut? Berikut ini jenis-jenisnya:
1.
Packing Box Mini
Packaging
box mini dengan desain unik saat ini sedang naik daun serta banyak digunakan
oleh para pelaku usaha kuliner dalam mengemas produk makanan mereka, contohnya
seperti usaha roti dan nasi box kekinian. Produk kemasan jenis ini akan
berpeluang besar untuk menghasilkan keuntungan yang menjanjikan di tengah
Pandemi Covid 19.
2.
Kotak Makan Mika
Jenis
kemasan kotak makan mika merupakan jenis kemasan yang paling dicari pelaku
usaha kuliner. Biasanya kotak makan mika ini digunakan untuk packaging berupa
makanan berat. Jenis kemasan ini banyak dicari karena memang memiliki harga
yang terjangkau dan dapat menjaga makanan tetap dalam keadaan baik. Contoh
makanan yang biasanya dikemas menggunakan kotak makan mika adalah mie ayam
serta berbagai jenis mie lain, nasi goreng, dan rice box.
3.
Kemasan Non-food Grade
Bahan
baku kemasan ini merupakan kertas yang tidak tembus air dan minyak, seperti
contohnya karton putih seperti pada nasi kotak dan ivory. Kemasan non-food
grade memiliki ciri-ciri berwarna putih di bagian luar dan abu-abu di dalamnya.
Biasanya dipakai untuk membungkus martabak pada kuliner kaki lima dengan
dilapisi plastik atau kertas minyak sebelum diletakkan makanan di dalamnya.
Kemasan ini lebih laku dipasaran karena memiliki harga yang lebih murah
dibanding kemasan food grade yang memiliki harga 30% lebih mahal.
Yang
Harus Diperhatikan dalam Bisnis Kemasan Jika Ingin Sukses